Penerapan Sistem ERP Menggunakan Aplikasi Blueseer Untuk Mengelola Proses Bisnis Penjualan Pada PT. XYZ

Ricky Akbar(1*), Nadia Nur Saida(2), Syakina Triyana(3), Amalia Sandi Alzahrah(4), Bimbi Santriadi(5), Fikran Shadiq Elyafit(6)
(1) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(2) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(3) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(4) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(5) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(6) Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan perdagangan yang bergerak di bidang penjualan teh dalam kemasan yang berada di Kota Padang Sumatera Barat. Saat ini, dalam mengelola proses bisnis penjualan produk yang sedang berjalan pada PT.XYZ masih dilakukan secara semi terstruktur, dimana untuk koordinasi antar divisi belum terlaksana dengan baik dan terkadang cenderung dilakukan secara konvensional. Hal ini tentunya dapat menyebabkan beberapa permasalahan antara lain, permasalahan pada divisi produksi, dikarenakan koordinasi serta manajemen produksi yang belum terotomatisasi sehingga menyebabkan banyak terjadi kesalahan dalam proses produksi. Kemudian masalah logistik yang meliputi distribusi, pengiriman, serta manajemen gudang yang kurang efektif dan efisien dikarenakan belum terintegrasinya semua divisi kedalam satu sistem. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diberikan salah satu solusi yaitu melakukan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT.XYZ terutama pada sistem penjualan produk. Tahapan implementasi ERP ini diawali melalui studi pendahuluan. Kegiatannya meliputi analisis proses bisnis perusahaan melalui wawancara dan observasi, serta melakukan identifikasi terhadap proses bisnis penjualan produk yang sedang berjalan, kemudian dari hasil analisis ini direkomendasikan usulan sistem secara komputerisasinya, yang digambarkan dengan menggunakan notasi pemodelan proses bisnis (BPMN). Tahapan berikutnya adalah melakukan studi literatur dari berbagai jenis buku dan jurnal agar didapatkan landasan teori dan penelitian terkait. Setelah itu barulah dilakukan pemilihan Aplikasi ERP dan pengaturan dari berbagai modul yang ada pada Aplikasi. Berdasarkan proses tersebut terpilih ERP yang sesuai dengan kebutuhan untuk permasalahan yang ada yaitu Aplikasi BlueSeer ERP. Dari testing dan implementasi yang telah dilakukan terlihat bahwa Aplikasi BlueSeer ERP dapat mengintegrasikan berbagai proses bisnis yang ada pada masing-masing divisi diperusahaan, sehingga dapat meningkatkan koordinasi antar divisi menjadi lebih baik dari pada sebelum menerapkan ERP. Dengan begitu, penerapan BlueSeer ERP pada PT.XYZ terbukti efektif dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Kata Kunci


Enterprise Resource Planning (ERP), Proses Bisnis Penjualan, Manajemen Produksi, Business Process Modeling Notation (BPMN), Blueseer ERP


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] R. Akbar and J. Juliastrioza, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persedian dan Penjualan Barang pada Toko EMI GROSIR dan ECERAN,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 7–17, 2015.

[2] D. A. Rimen and R. Akbar, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan untuk Sistem Informasi Penjualan pada Toko SOVIAH,” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 85–96, 2016.

[3] S. N. Islamiyah, “Analisis Dan Implementasi Modul Voucher Financial Management Pada Openerp,” 2009. [Online]. Available: https//api.semanticscholar.org/CorpusID:193047932

[4] V. Yasin, S. Kom, and M. Kom, “Pentingnya Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Rangka untuk Membangun Sumber Daya pada Suatu Perusahaan,” Jurnal Manajemen Informatika, vol. 4, 2013.

[5] D. M. Sagala, L. Rahmadani, Y. Rahmadani, E. S. Wahyuningsih, A. Arifah, and N. F. Lawita, “Penerapan Database pada Perusahaan (Studi Penerapan ERP pada PT. Sinar Sosro),” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 3567–3576, 2021.

[6] M. Themistocleous, Z. Irani, R. M. O’Keefe, and R. Paul, “ERP problems and application integration issues: An empirical survey,” in Proceedings of the 34th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, IEEE, 2001, pp. 10-pp.

[7] L. F. Motiwalla, Enterprise systems for management. Pearson Education India, 2009.

[8] L. A. Isnaeni, “Perancangan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Openbravo Modul Sales Management Sub Modul Sales Order Pada PT,” Universitas Gunadarma, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 2008.

[9] S. Huang, I. Chang, S. Li, and M. Lin, “Assessing risk in ERP projects: identify and prioritize the factors,” Industrial management & data systems, vol. 104, no. 8, pp. 681–688, 2004.

[10] Mulyadi, Sistem Akuntansi. Jakarta: Penerbit Salemba, 2008.

[11] S. Christopel, T. Wurijanto, and T. Sutanto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Cloud bagi Usaha Kecil dan Menemgah di Indonesia (Studi Kasus: Toko ‘Toko Besar’),” Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, pp. 52–59, 2013.

[12] H. Purwanto, T. Ridwan, and Y. Aryanggara, “Perancangan Sistem Informasi Distribusi Barang Menggunakan BlueSeer Enterprise Resource Planning,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 3, pp. 543–552, 2021.

[13] A. M. AM and R. Akbar, “Penerapan Sistem Informasi Penjualan dan Inventori Handphone serta Aksesorisnya Menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP)(Studi Kasus: Toko Nahda Cell),” Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 63–76, 2016.

[14] A. K. Wahyudi, N. Azizah, and H. Saputro, “DATA MINING KLASIFIKASI KEPRIBADIAN SISWA SMP NEGERI 5 JEPARA MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE ALGORITMA C4. 5,” Journal of Information System and Computer, vol. 2, no. 2, pp. 8–13, 2022.

[15] F. M. Amin, A. T. Wibowo, and M. Jasri, “Pemanfaatan Open ERP (Dolibarr) untuk Agenda dan Member Sebagai Penunjang Program UKM Melek Teknologi (Studi Kasus pada UKM Sandal Desa Wedoro…,” Nusantara J. Comput. Its, vol. 4, pp. 70–78, 2019.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 487 kali
PDF telah dilihat : 295 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.