Perancangan Model Bisnis Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Transaksi Jasa Laundry Pada Tiara Laundry Padang

Ricky Akbar(1*), Meza Silvana(2), Afdhal Zikri(3)
(1) Jurusan Sistem Informasi, Universitas Andalas
(2) Jurusan Sistem Informasi, Universitas Andalas
(3) Jurusan Sistem Informasi, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Saat ini model bisnis yang terjadi pada Tiara Laundry masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas dalam melakukan pencatatan transaksi. Sebagai usaha laundry yang terus berkembang, proses transaksi yang masih manual ini menimbulkan berbagai permasalahan, seperti menumpuknya arsip transaksi laundry yang membuat Tiara Laundry kesusahan dalam hal perekapan data transaksi, serta lambatnya aliran informasi seringkali membuat Tiara Laundry tidak optimal dalam melaksanakan operasionalnya, termasuk dalam hal bertransaksi. Untuk itu dilakukan penelitian ini dengan tujuan membangun sebuah model bisnis pembayaran non tunai dalam melakukan pengelolaan transaksi Jasa Laundry. Pengelolaan data transaksi melalui penerapan transaksi pembayaran non tunai ini memanfaatkan teknologi QR Code yang merupakan salah satu solusi untuk dijadikan jawaban dalam permasalahan tersebut. Pemanfaatan teknologi QR Code dapat membuat proses pembayaran untuk transaksi jasa laundry lebih cepat, efisien dan nyaman. Metodologi penelitian yang digunakan dalam merancang model bisnis ini adalah studi literatur sebagai landasan teori, pengumpulan data berupa observasi dan wawancara, serta menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah usulan dari model bisnis yang baru dan sebuah aplikasi pembayaran non tunai untuk pengelolaan transaksi jasa laundry dalam membantu dan mempermudah kegiatan operasional pada Tiara Laundry.


Kata Kunci


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan terhadap model bisnis pembayaran non tunai dalam mengelola transaksi bisnis jasa laundry. Penerapan model bisnis yang dirancang ini dibantu oleh sebuah aplikasi dengan platform web dan mobile yang diban


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] Hasibuan, L. 2018. Ini Alasan Orang Indonesia Mulai Tinggalkan Transaksi Tunai. [Online] Tersedia di: https://www.cnbcindonesia.com. Diakses 5 Juli 2018.

[2] Sitorus, Siera Rossa. 2006. “Analisis Pengaruh Penggunaan Kartu Pembayaran Elektronik Dan Daya Substitusi Transaksi Non Tunai Elektronik Terhadap Transaksi Tunai Indonesia. Skripsi pada Institut Pertanian Bogor. Bogor: Tidak Diterbitkan.

[3] Rahayu, Yeni Dwi, dkk. 2006. Pembuatan Aplikasi Pembacaan Quick Response Code Menggunakan Perangkat Mobile Berbasis J2ME Untuk Identifikasi Suatu Barang. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[4] Pramihapsari, M. Kaldera, M. P. (2012) “Perancangan Labelling Pada Dokumen Menggunakan QR Code”, Teknik Komputer, 20, pp. 59–67.

[5] Bank Indonesia. 2013. Sistem Pembayaran. http://www.bi.go.id/id/sistem-pembayaran/Contents/Default.aspx. Diakses tanggal 15 Desember 2017.

[6] Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 910/1866/SJ. 2017. Tentang Implementasi Transaksi Non Tunai.


[7] Suprayogi, Dwi Aries & Mahmudy, Wayan F. 2014. “Penerapan Algoritma Genetika Traveling Salesman Problem with Time Window: Studi Kasus Rute Antar Jemput Laundry”. Universitas Brawijaya.

[8] Ulfah, Nur dkk. 2014. “Sikap Kerja dan Risiko Musculoskeletal Disorderspada Pekerja Laundry.Universitas Soedirman.

[9] Kamil, H., & Duhani, A. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang. Prosiding Semnastek.

[10] Akbar R & Kamil H. 2017. “Development Of Sales Application Of Prepaid Electricity Voucher Based On Android Platform Using Quick Response Code (Qr Code). Jurnal Informatika Vol. 11, No. 2 Juli 2017

[11] Kamil, H. (2013) “Pengembangan Aplikasi Distribusi Surat Di Fakultas Teknologi Informasi Dengan Notifikasi Sms Menggunakan Framework Yii Dan Gammu”, Jnte, 2(2), pp. 39–45.

[12] Yu, H. R. (2015) “Design and implementation of web based on Laravel framework”, Atlantis Press, (Iccset 2014), pp. 301–304.

[13] Fahrudin, A. (2011) “Pembangunan Sistem Informasi Layanan Haji Berbasis Web Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji”, Speed, 9330(1), pp. 63–71.

[14] Handayani, S. P. M. Purnama, B. E. (2013) Pembuatan Website E-Commerce Pada Distro Java Trend, Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA - ISSN: 2302-1136, Volume 2, pp. 18–24.

[15] Irmansyah F. (2003) Pengantar Database. Ilmukomputer.com:Kuliah Umum IlmuKomputer.com.


[16] Bespriadi A, Hasan A, Akbar R .2015. Pembangunan Aplikasi E-Ticketing Menggunakan Teknologi QR Code Berbasis Web dan Akses Mobile Pada BRT Trans Padang, Seminar Nasional Teknologi Informasi UNTAR, p. 55.

[17] Haryani. 2015. “Pemanfaatan Web Sistem Informasi Akademik Sebagai Pengontrol Nilai Siswa (Studi Kasus) MTS Pondok Modern Al-Islam Nganjuk”. 27(2). pp.52-53.

[18] Sommerville. 2011. Software Engineering Ninth Edition, Boston: Person Education


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 300 kali
PDF telah dilihat : 200 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.