Ekstraksi Citra Digital Tulisan Mandarin Ke Dalam Terjemahan Tulisan Latin Bahasa Indonesia Dengan Stroke Extraction Dan Template Matching

Robert Robert(1*), Ananda Ananda(2), Ibnu Surya(3)
(1) Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau
(2) Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau
(3) Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Caltex Riau
(*) Corresponding Author



Abstrak


Bahasa adalah sistem simbolik dari suara acak, yang digunakan oleh orang untuk berkomunikasi. Mandarin berada di peringkat pertama bahasa yang paling banyak digunakan menurut survei Nationalencyklopedin, dan Mandarin menggunakan huruf yang disebut Hanzi. Manusia memiliki berbagai cara berkomunikasi, salah satunya dengan menulis. Perangkat lunak ini dapat mengenali tulisan melalui gambar dengan menerapkan Pemrosesan Gambar Digital. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang dapat mendeteksi Hanzi Mandarin dengan menerapkan Digital Image Processing. Digital Image Processing mengacu pada pemrosesan gambar dua dimensi menggunakan komputer. Metode pemrosesan gambar dengan Stroke Extraction dan Template Mathcing diterapkan solusi untuk masalah ini. Stroke Extraction digunakan untuk melakukan ekstraksi stroke dasar (pi hua) pada gambar Mandarin Hanzi dan kemudian mengenalinya menggunakan Template Mathcing. Aplikasi diuji dengan Receiver Operating Characteristic sehingga kurva yang dapat membantu proses analisis dapat ditarik. Berdasarkan hasil kurva ROC yang dijelaskan, metode Stroke Extraction masih membutuhkan pengembangan karena tingkat keberhasilan yang rendah dalam menghitung sejumlah stroke. Aplikasi yang dibangun berhasil mengekstraksi Mandarin Hanzi baik tulisan tangan dan dicetak dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan akurasi 76,47%. Dapat disimpulkan bahwa metode Stroke Extraction dan Template Matching cukup efisien dalam mengolah gambar digital Mandarin Hanzi untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


Kata Kunci


Digital Image Processing, Stroke extraction; Template Matching;Receiver Operating Characteristic


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] M. N. Ayyaz, I. Javed, and W. Mahmood, “Handwritten Character Recognition Using Classification with Hybrid Feature Extraction,” Pakistan J. Eng. Appl. Sci., vol. 10, pp. 57–67, 2012.

[2] B. Habibi, “Sistem Penerjemah Mobile Berbasis Citra Digital Dengan Teknologi Web Service,” Fak. Tek. Inform. Progr. Stud. Tek. Inform., 2013.

[3] R. Cao and C. L. Tan, “A model of stroke extraction from Chinese character images,” Proc. 15th Int. Conf. Pattern Recognition. ICPR-2000, vol. 4, pp. 368–371, 2000.

[4] R. A. Silaen, “Sistem Pengenalan Karakter Pada Plat Kendaraan Bermotor Menggunakan Profile Projection Dan Algoritma Korelasi,” Pekanbaru, 2015.

[5] D. N. Putri, F. Rafmadhanty, I. P. Megantara, I. N. Jayanti, and K. D. Hapsari, “Klasifikasi Huruf Korea ( Hangul ) dengan Metode Template Matching Correlation,” Malang, 2014.

[6] S. A. Li, C. N., & Thompson, Mandarin Chinese: A functional reference grammar. Univ of California Press, 1989.

[7] D. Putra, Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2010.

[8] S. D. Cahyo, “Analisis Perbandingan Beberapa Metode Deteksi Tepi Menggunakan Delphi 7,” Skripsi Progr. Stud. Tek. Inform., 2011.

[9] R. Munir, Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Penerbit Informatika Bandung, 2004.

[10] A. Setia, “Binerisasi Otomatis Pada Citra Bergradasi Dengan Metode Variabel dan Metode Iterasi,” 2010, vol. 9, no. 3, pp. 53–65.

[11] P. D. W. Ayu, “Analisis Pengukuran Tingkat Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Manajemen Surat STIKOM Bali,” J. Sist. Dan Inform., vol. 11, no. 2, pp. 99–109, 2017.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 1106 kali
PDF telah dilihat : 882 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.