Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan untuk Sistem Informasi Penjualan pada Toko SOVIAH

Penulis

  • Dhani Adiatma Rimen Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
  • Ricky Akbar

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i2.2016.85-96

Kata Kunci:

Enterprise Resource Planning (ERP), pembelian, persediaan, penjualan, BPMN, use case diagram, Customer Relationship Management (CRM)

Abstrak

Saat ini proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang yang berjalan di Toko Soviah  masih dilakukan secara manual serta belum adanya data pelanggan tetap ditoko tersebut. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan antara lain, sering terjadi kesalahan pencatatan pembelian dan penjualan barang, perhitungan transaksi yang lama, lambatnya informasi ketersediaan barang di gudang serta belum adanya upaya untuk meraih loyalitas pelanggan dalam bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, perlu penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) untuk sistem informasi pembelian, persediaan, dan penjualan barang serta pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tahapan penerapan ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan. Aktivitasnya yaitu pengenalan perusahaan dengan wawancara dan observasi, mengidentifikasi proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang yang sedang berjalan kemudian membuatkan usulan sistem secara terkomputerisasinya, yang digambarkan dengan menggunakan Business Process Model Notation (BPMN), serta penggambaran model kerja sistem yang akan diterapkan menggunakan use case diagram. Tahapan selanjutnya adalah melakukan studi literatur dari berbagai buku dan jurnal untuk mencari landasan teori dan penelitian terkait. Kemudian melakukan pemilihan perangkat lunak ERP, setelah itu melakukan konfigurasi dan kustomisasi modul perangkat lunak ERP tersebut, serta terakhir melakukan penerapan dan pengujian. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengatasi permasalahan pada Toko Soviah. 

Referensi

Islamiyah, S.N. 2009. Analisis dan Implementasi Modul Voucher Financial Management pada Openerp. Jakarta:Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma

Yasin, V. 2013. Pentingnya Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dalam Rangka untuk Membangun Sumber Daya pada Suatu Perusahaan. Manajemen Informatika. ISSN : 2086 – 1052

Themistocleous, M., Irani, Z., O'Keefe, R., & Paul, R. 2001. ERP Problems and Application Integration Issues. Proceedings of the 34th Hawaii International Conference on System Sciences: An Empirical Survey

Huang, Shiâ€Ming., Chang, Iâ€Chu., Li, Shingâ€Han., dan Lin, Mingâ€Tong. 2004. Assessing risk in ERP projects: Identify and prioritize the factors. Industrial Management & Data Systems, 104(8), 681-688.

Hall, James A. 2009. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Kalakota, Ravi dan Robinson, Marcia. 2001. E – Business 2.0 Roadmap For Success. Addison – Wesley, USA

Bodnar, G. H dan William S. Hopwood. 2001. Accounting Information System. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen (Ed.3). Salemba Empat, Jakarta, Indonesia

Hamizar dan Muhammad Nuh. 2009. Intermediate Accounting. Jakarta : CV Fajar.

Mulyadi. 2008, Sistem Akuntansi. Jakarta : Salemba Empat : 0854-9524.

Handayani, Putu Wuri dan Ultary Hariyati. 2011. Analisis Fungsionalitas Open Source Software ERP untuk Pengembangan Modul Pembelajaran ERP. 7 (2), 118-125

Unduhan

Diterbitkan

2016-08-25

Cara Mengutip

Rimen, D. A., & Akbar, R. (2016). Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan untuk Sistem Informasi Penjualan pada Toko SOVIAH. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(2), 85–96. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i2.2016.85-96

Terbitan

Bagian

Articles