Implementasi ERP Dolibarr untuk Sistem Pembelian Penjualan Barang, dan Manajemen Gudang pada Budi Mulya Mart

Jefril Rahmadoni(1*), Ulfatmi Hanifa(2), Siti Nina Azwalia Tanjung(3), Ufa Aurora Guciano(4)
(1) Departemen Sistem Informasi, Universitas Andalas
(2) Departemen Sistem Informasi, Universitas Andalas
(3) Departemen Sistem Informasi, Universitas Andalas
(4) Departemen Sistem Informasi, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Budi Mulya Mart merupakan salah satu toko yang menjual perlengkapan dan kebutuhan harian yang berada di Kota Bukittinggi. Dalam proses bisnisnya yaitu penjualan barang ke pelanggan, pembelian barang ke supplier, dan manajemen gudang masih dilakukan secara manual sehingga kurang efektif, memakan waktu dan biaya. Karena itu, perlu penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mengatasi permasalahan tersebut. ERP yang digunakan adalah Dolibarr karena fitur yang lengkap dan mudah untuk dipahami pemakaiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deksiptif, dimulai dari melakukan wawancara dan wawancara guna mendapatkan informasi yang lebih detail dan dilanjutkan dengan impelentasi perangka lunak. Setelah itu, dilakukan identifikasi proses bisnis yang sedang berjalan untuk dilakukan pengidentifikasian proses komputerisasi dan dilanjutkan dengan mengidentifikasi proses bisnis yang diusulkan menggunakan ERP yang dijelaskan menggunakan Business   Process  Model  Notation (BPMN). Langkah selanjutnya yaitu memulai penginstalan dan kustomisasi ERP Dolibarr sesuai kebutuhan yang berkaitan dengan proses pembelian barang ke supplier, penjualan barang ke pelanggan, dan manajemen gudang. Sebagai hasil akhirnya, maka dihasilkan beberapa laporan yang disesuaikan dengan laporan yang ada di perusahaan saat ini, yaitu laporan pembelian barang ke supplier, laporan penjualan barang ke pelanggan, laporan manajemen gudang, dan laporan uang masuk dan keluar. Dari hasil laporan tersebut, disimpulkan bahwa penerapan ERP Dolibarr pada Budi Mulya Mart berhasil dilaksanakan dengan baik dan proses bisnis menjadi lebih efektif.

Kata Kunci


Enterprise Resource Planning, ERP Dolibarr, Pembelian, Penjualan, Manajemen Gudang


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] D. M. Hasan, Pengantar Bisnis. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

[2] J. Akbar, R., & Juliastrioza, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persedian dan Penjualan Barang pada Toko EMI GROSIR dan ECERAN.,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 7-17., 2015.

[3] E. Turban, Decision support and business intelligence systems. Pearson Education India., 2011.

[4] L. S. Restika & Abdillah, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo untuk Manajemen Penjualan Sistem Home Delivery Restoran BCD.,” KALBISIANA J. Sains, Bisnis dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 2102-2114., 2022.

[5] V. Zai, I., Laulita, N. B., Christiani, E., Eric, E., Syahputra, F., Natalia, F., ... & Melinda, “Analisis Penerapan Sistem ERP Pada Umkm Toko Florist.,” J. Manag. Rev., vol. 6, no. 2, pp. 755-762., 2023.

[6] E. H. Solichatun, S., Elmyawan, N. F., Arfandi, M. I., Oktapiansyah, Y., & Hermaliani, “Implementasi Enterprise Resource Planning Modul Purchasing, Sales Dan Inventory Menggunakan Odoo Pada PT. Sukacita Kokoh Bersama. IMTechno:,” J. Ind. Manag. Technol., vol. 5, no. 2, pp. 84–92, 2023.

[7] DSIT, “Pengertian Sistem Erp Dan Fungsinya bagi perusahaan.,” DSIT, 2021. https://unida.ac.id/teknologi/artikel/pengertian-sistem-erp-dan-fungsinya-bagi-perusahaan.html (accessed Apr. 05, 2023).

[8] V. Sia, “Contoh Penerapan Aplikasi ERP Pada Perusahaan,” Mekari Jurnal, 2021. https://www.jurnal.id/id/blog/contoh-penerapan-aplikasi-erp-pada-perusahaan/ (accessed Apr. 05, 2023).

[9] D. P. Swandewi, N. L. P. Y., Bayupati, I.P.A., dan Githa, “Implementasi Supply Chain Management pada Industri Kebaya Sinar Bintang Boutique Menggunakan Dolibarr.,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 4, pp. 3357-3373., 2022.

[10] F. P. Kristianto, “Implementasi Enterprise Resource Plainning (ERP) Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Furnitur Pucang Magelang.,” ALAMTANA J. Pengabdi. Masy. UNW MATARAM, vol. 4, no. 1, pp. 15-23., 2023.

[11] A. P. Alvianto, M. N. H., Adam, N. P., Sodik, I. A., Sediyono, E., & Widodo, “Dampak Dan Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Organisasi: Sistematic Literature Review.,” J. Nas. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 7, no. 3, pp. 172-180., 2022.

[12] N. M. I. Damayanthia, N. L. P. A. Y., Putria, G. A. A., & Marini, “Implementasi Supply Chain Management Pada Toko Sandal Menggunakan Aplikasi Dolibarr (Studi Kasus: Kroya Shoes).,” JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 3, no. 3, pp. 1345–1356, 2023.

[13] V. Ilmawawn, M. R., & Pujani, “Analisis Keberhasilan Enterprise Resource Planning Menggunakan Model DeLone and McLean Tingkat Individual.,” J. Nas. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 64-73., 2020.

[14] M. Amin, F. M., Wibowo, A. T., Jasri, M., & Kom, “Pemanfaatan Open ERP (Dolibarr) untuk Agenda dan Member Sebagai Penunjang Program UKM Melek Teknologi (Studi Kasus pada UKM Sandal Desa Wedoro.,” Nusant. J. Comput. ITS, vol. 4, pp. 70-78., 2019.

[15] H. N. Irawan, E. C., Yulia, Y., & Palit, “Analisa Dampak Implementasi Odoo ERP: Studi Kasus Perusahaan Ready-Mixed Concrete PT. X.,” J. Infra., vol. 8, no. 1, pp. 260-266., 2020.

[16] I. Rahmawati, E., Rivanti, F., Fiona, F., Herman, H., Yovanka, K., Angelika, P., ... & Zai, “Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Sumber Daya Perusahaan (ERP) dalam Meningkatkan Kinerja Manajemen Rantai Pasok (SCM) CV Sumber Cipta Agung.,” Mimb. Adm., vol. 20, no. 1, pp. 120-126., 2023.

[17] N. Ibrahim, M. F., Yogantara Setya Dharmawan, Ngatini, “Implementation of Open-Source ERP-Based Fleet Management System on SMEs Transportation Service Provider.,” J. RESTI (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), vol. 6, no. 5, pp. 883-890., 2022, [Online]. Available: https://doi.org/10.29207/resti.v6i5.4538

[18] D. T. Darmawan, A., & Seabtian, “Pengembangan Teknologi Tepat Guna ERP Untuk Modul CRM (Kampoeng Kuliner Brenzeel 48).,” Resolusi Rekayasa Tek. Inform. dan Inf., vol. 4, no. 2, pp. 182-186., 2022.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 413 kali
PDF telah dilihat : 177 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.