Pembangunan Sistem Informasi Geografis Lapangan Futsal Kota Padang Berbasis Web

Haris Suryamen(1*), Ilham Aminuddin(2), Fajril Akbar(3)
(1) Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(2) Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(3) Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Olahraga futsal adalah olahraga dengan lapangan tertutup dan menjadi salah satu olahraga yang paling banyak diminati dari semua kalangan. Kota Padang memiliki fasilitas lapangan futsal yang cukup banyak, namun tidak semua lapangan beroperasi dengan baik disebabkan ketidaktahuan masyarakat dengan lokasi lapangan futsal. Maka dibutuhkan sistem informasi berbasis web menggunakan Google Maps API, sehingga masyarakat dapat mengakses informasi kapanpun dengan koneksi internet. Proses pembangunan aplikasi menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan pengambilan titik menggunakan aplikasi Latitude Longitude Coordinates pada smartphone. Data akan dibagi menjadi data spasial dan atribut untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sistem yang akan dibangun.Perancangan sistem dibangun dengan menggambarkan arsitektur aplikasi, rancangan tampilan aplikasi dan rancangan database. Implementasi menggunakan basis data PostgreSQL dan ekstensi PostGIS untuk pengolahan data spasial. Bahasa pemograman yang digunakan untuk membangun aplikasi yaitu PHP, Javascript, dan HTML. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah memenuhi  sembilan fungsional yang dibutuhkan dan sesuai dengan perancangan aplikasi.


Kata Kunci


futsal padang, sistem informasi geografis, pencarian lapangan.


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Akmal, G. D. (2011). MEMBANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN PERGURUAN TINGGI DI DIY BERBASIS WEB. Yogyakarta: AMIKOM. Charter, D. (2004).

Desain dan Aplikasi GIS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. GLOBAL, P. (2015, 9 24).

MapInfo Professional: The premier location intelligence mapping application. Diambil kembali dari softwaremapinfo.wordpress.com: https://softwaremapinfo.wordpress.com/about/ GooglePlay. (2015, Oktober 9).

Latitude Longitude Coordinates. Diambil kembali dari play.google.com: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.AndLocation.AndLocation Jhonsen. (2004). WEB DESIGNER untuk PEMULA. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Kundyanirum, A., Satoto, M.T,, I. I., & Nurhayati, ST, MT, D. D. (2013).

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA KOTA SEMARANG. Semarang: Universitas Diponegoro. Mahdia, F., & Noviyanto, F. (2013).

PEMANFAATAN GOOGLE MAPS API UNTUK PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANTUAN LOGISTIK PASCA BENCANA ALAM BERBASIS MOBILE WEB. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. Manongga, D., Papilaya, S., & Pandie, S. (2009).

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PERJALANAN WISATA DI KOTA SEMARANG. Semarang: Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana. Momjian, B. (2002).

PostgreSQL : introduction and concepts. Canada: Addison-Wesley. Murai, S. (2006).

GIS Workbook Vol I. University of Tokyo: Diterjemahkan oleh Prayitno. Pressman, R. (2010).

Software Engineering : a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill. Setiyawan, A. (2013).

GoBola: Aplikasi Mobile GIS Lapangan Futsal dan Sepak Bola Menggunakan HTML5 di Wilayah Surabaya. Surabaya: DEPARTEMEN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA. Silaban, R. (2012).

Informasi Lapangan Futsal Depok Berbasis Android. Jakarta: Universitas Gunadarma. Swastikayana, I. E. (2011).

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK PEMETAAN PARIWISATA KABUPATEN GIANYAR. Yogyakarta: UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL”VETERAN”. Tianto, A. (2014).

sistem informasi geografis kelautan. Jakarta: UNIVERSITAS SATYA NEGARA INDONESIA. Utomo, S. (2012).

PEMANFAATAN MAPSERVER DALAM APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFI KOTA BOGOR DI BIDANG WISATA DAN KULINER. Bogor: Universitas Gunadarma. Zainuddin, MSc., D. (2006).

applikasi sistem informasi geografis dalam penelitian perikanan dan kelautan. makassar: fakultas ilmu kelautan dan perikanan universitas hasanuddin. Akbar, Fajril, and Ricky Akbar. "Implementasi Openbravo pada Proses Transaksi Penjualan, Produksi dan Sistem Inventory (Studi Kasus PT. NUSANTARA BETA FARMA)." Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 1, no. 1 (2015): 1.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 4727 kali
PDF telah dilihat : 3255 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.