Evaluasi Implementasi Modul SAP Material Management (MM) Untuk Pengadaan Material Menggunakan Process Mining

Rizki Alfi(1), Demi Ramadian(2*), Pharmayeni Pharmayeni(3), Rizaldi Sardani(4)
(1) Jurusan Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Padang
(2) Jurusan Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Padang
(3) Jurusan Teknik Industri Agro, Politeknik ATI Padang
(4) Jurusan Manajemen Logistik Industri Agro, Politeknik ATI Padang
(*) Corresponding Author



Abstrak


Pengadaan material memegang peran penting dalam terselenggaranya proses bisnis di perusahaan. Proses pengadaan material yang perusahaan lakukan biasanya ditunjang dengan fasilitas sistem informasi terintegrasi ERP seperti SAP. Khusus untuk proses procurement perusahaan menggunakan e-procurement dan SAP Material Management modul. Adanya durasi lead time yang cukup lama mengenai sampainya dari beberapa material tertentu yang dibutuhkan pabrik pada proses pengadaannya. Karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap proses pengadaan material pada implementasi SAP ERP yang sudah ada. Evaluasi akan dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Gambaran tentang bagaimana proses pengadaan material dilakukan setelah penerapan SAP diukur performance-nya dari frekuensi case dan durasi lead time. Selanjutnya ditentukan atribut data pada event log apa saja yang dibutuhkan pada penelitian dan dilanjutkan dengan ekstraksi event log. Event log kemudian akan diolah dengan tools process mining tertentu. Keluaran dari proses ini adalah model proses bisnis pengadaan yang sesungguhnya dijalankan dan terekam pada modul SAP MM. Dari hasil process mining, tidak ditemukan ketidaksesuain dan kesenjangan mayor pada proses berdasarkan prosedural pengadaan yang ditetapkan. Namun, dapat ditemukan waktu tunggu yang lama setelah create PR Doc menuju RFQ Date, rata-rata waktu mencapai 173 hari hingga PO delivery. Selain itu, ditemukan terdapat sedikit bottleneck pada waktu tertentu dimana adanya aktifitas dan case sangat banyak yang perlu ditangani oleh para user.  Penelitian ini memberikan analisa sebab akibat penyebab permasalahan tersebut baik dari hasil process mining dan kuesioner yang didapat. Perusahaan sebaiknya membuat kebijakan target waktu pengadaan dan menetapkan prosedur RFQ, pemilihan vendor yang lebih efektif sehingga dapat mempersingkat waktu proses pengadaan ini.

Kata Kunci


case, eventlog, process mining, SAP MM


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] S. Singh, A. Agrawal, and M. Mishra, “Information Technology: Past, Present and Future,” Inf. Technol., p. 8.

[2] S. Candra, “ERP Implementation Success and Knowledge Capability,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 65, pp. 141–149, Dec. 2012

[3] L. Aversano, M. Di Brino, D. Guardabascio, M. Salerno, and M. Tortorella, “Understanding Enterprise Open Source Software Evolution,” Procedia Comput. Sci., vol. 64, pp. 924–931, 2015.

[4] Martin Murray, “Materials Management with SAP ERP: Functionality and Technical Configuration,” p. 69.

[5] T. Payne, C. Roets, D. Schlanderer, J. Akhtar, and D. Daniel, “SAP,” SAP, 2017. [Online]. Available: https://searchsap.techtarget.com/definition/SAP.

[6] S. O. Zayin, “Evaluasi Penerapan Modul Manajemen Material (MM) SAP Untuk Pengadaan Material Di PT. Petrokimia Gresik”, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2017.

[7] Amin, Harisul Ikrom, et. al; Pengecekan Conformance Modul Proses Keuangan Dengan Process Mining Pada Rumah Sakit Medika Mulia Di Kabupaten Tuban; Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol. 2, No. 9, September 2018, hlm. 2874-2881

[8] Wahyuni, Cahyaningtyas Sekar, et all; Pemodelan dan Evaluasi Proses Bisnis Berdasarkan Hasil Ekstraksi Event Log dengan Menerapkan Process Mining pada Divisi Produksi PT. Kutai Timber Indonesia Kota Probolinggo; Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer; Vol. 2, No. 9, September 2018, hlm. 3087-3094

[9] N. Arsad, “Pembuatan Model Proses dengan Menggunakan Algoritma Heuristic Miner untuk Analisis Interaksi Proses Bisnis Perencanaan Produksi dan Pengadaan Material di PT. XYZ.,” Jurusan Sistem Informasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2013.

[10] I. R. K. Wardhani, “Analisis Pergerakan Material Terhadap Waktu Penyimpanan Persediaan Untuk Meningkatkan Kinerja Proses Di Gudang Material PT. XYZ Menggunakan Algoritma Heuristic Miner,” Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi, Surabaya, 2014.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 108 kali
PDF telah dilihat : 50 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.