Ekstraksi Faktor Kompleksitas Game Menggunakan Metode Function Points
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v4i3.2018.115-122Kata Kunci:
faktor kompleksitas, function points, taksonomi gameAbstrak
Setelah Presiden Republik Indonesia membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 6 Tahun 2015, Bekraf berinisiatif untuk mendorong para pelaku bisnis kreatif untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan rekonstruksi negara dari bisnis hiburan ini. Game hari ini telah menjadi sarana pendidikan yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membantu bisnis bidang kreatif digital untuk memperkirakan upaya pengembangan game komputer berdasarkan metode Function Points (FP) yang lebih dikenal sebagai perhitungan biaya proyek pengembangan perangkat lunak aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan untuk memodifikasi pemahaman parameter permainan komputer mulai dari input, output, inquiry, file logika intern, dan extern. Setelah itu, faktor kompleksitas perlu didefinisikan ulang dan disinkronkan dengan delapan item taksonomi LeBlanc. Kemudian, kolaborasinya disebut Game Complexity Factors (GCF). GCF memiliki 22 item faktor kompleks yang terdiri dari 8 taksonomi LeBlanc untuk kesulitan lingkungan dan 14 item kompleksitas teknis.Setelah Presiden Republik Indonesia membentuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 6 Tahun 2015, Bekraf berinisiatif untuk mendorong para pelaku bisnis kreatif untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan rekonstruksi negara dari bisnis hiburan ini. Game hari ini telah menjadi sarana pendidikan yang dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk membantu bisnis bidang kreatif digital untuk memperkirakan upaya pengembangan game komputer berdasarkan metode Function Points (FP) yang lebih dikenal sebagai perhitungan biaya proyek pengembangan perangkat lunak aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah kebutuhan untuk memodifikasi pemahaman parameter permainan komputer mulai dari input, output, inquiry, file logika intern, dan extern. Setelah itu, faktor kompleksitas perlu didefinisikan ulang dan disinkronkan dengan delapan item taksonomi LeBlanc. Kemudian, kolaborasinya disebut Game Complexity Factors (GCF). GCF memiliki 22 item faktor kompleks yang terdiri dari 8 taksonomi LeBlanc untuk kesulitan lingkungan dan 14 item kompleksitas teknis.Referensi
[1] Emma McDonald, “The Global Games Market Will Reach $108.9 Billion In 2017 With Mobile Taking 42%,†Newzoo, vol. 9, p. 2017, 2017. [2] A. J. Albrecht, “Measuring Application Development,†in Proceedings of IBM Applications Development joint SHARE/GUIDE symposium. Monterey CA, pp 83-92, 1979. [3] A. J. Albrecht and J. E. Gaffney, “Software function, source lines of code, and development effort prediction: a software science validation,†IEEE Trans. Softw. Eng., no. 6, pp. 639–648, 1983. [4] C. J. Lokan, “Function Points,†in Advances in Computers, vol. 65, 2005, pp. 297–347. [5] Ifpug, Function Point Counting Practices Manual, vol. on06/23/. 2010. [6] R. S. Dewi, A. P. Subriadi, and Sholiq, “A Modification Complexity Factor in Function Points Method for Software Cost Estimation Towards Public Service Application,†Procedia Comput. Sci., vol. 124, pp. 415–422, 2017. [7] Sholiq, R. S. Dewi, and A. P. Subriadi, “A Comparative Study of Software Development Size Estimation Method: UCPabc vs Function Points,†Procedia Comput. Sci., vol. 124, pp. 470–477, 2017. [8] M. Baiquni, R. Sarno, Sarwosri, and Sholiq, “Improving the accuracy of COCOMO II using fuzzy logic and local calibration method,†Proceeding - 2017 3rd Int. Conf. Sci. Inf. Technol. Theory Appl. IT Educ. Ind. Soc. Big Data Era, ICSITech 2017, 2018. [9] B. Boehm et al., “COCOMO II Model Definition Manual,†Univ. South. Calif., vol. 4, no. 1, pp. 6–6, 2000. [10] R. S. Dewi, G. F. Prassida, and A. P. Subriadi, “UCPabc as an integration model for software cost estimation,†in Science in Information Technology (ICSITech), 2016 2nd International Conference on, 2016, pp. 187–192. [11] A. P. Subriadi, Sholiq, and P. A. Ningrum, “Critical review of the effort rate value in use case point method for estimating software development effort,†J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 59, no. 3, pp. 735–744, 2014. [12] Sholiq, T. Sutanto, A. P. Widodo, and W. Kurniawan, “Effort rate on use case point method for effort estimation of website development,†J. Theor. Appl. Inf. Technol., 2014. [13] A. Puspaningrum and R. Sarno, “A Hybrid Cuckoo Optimization and Harmony Search Algorithm for Software Cost Estimation,†in Procedia Computer Science, 2017. [14] M. Aguiar, “Function Points or Use Case Points?,†Crosstalk, 2006. [15] B. Jeng, D. Yeh, D. Wang, S.-L. Chu, and C.-M. Chen, “A Specific Effort Estimation Method Using Function Point,†J. Inf. Sci. Eng., vol. 27, pp. 1363–1376, 2011. [16] T. Wahyono, B. Soewito, S. W. H. L. Hendric, and F. L. Gaol, “Software complexity measurement of water poverty mapping application with function point method,†in Applied Computer and Communication Technologies (ComCom), 2017 International Conference on, 2017, pp. 1–5. [17] M. LeBlanc, “Mechanics, Dynamics, Aesthetics: A Formal Approach to Game Design,†Lect. Northwest. Univ., 2004. [18] R. Hunicke, M. LeBlanc, and R. Zubek, “MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research,†Work. Challenges Game AI, pp. 1–4, 2004. [19] N. Sabahat, A. A. Malik, and F. Azam, “A Size Estimation Model for Board-Based Desktop Games,†IEEE Access, vol. 5, pp. 4980–4990, 2017.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.