Analisis Faktor Penerimaan TikTok Shop berdasarkan Model UTAUT2 dan SCC
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.33-44Kata Kunci:
Metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, Metode Social Commerce ConstructsAbstrak
TikTok Shop merupakan salah satu social commerce untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Fitur tersebut berhasil menjadikan aplikasi TikTok menempati peringkat pertama sebagai media sosial yang paling sering digunakan untuk berbelanja online. Meskipun demikian berdasarkan identifikasi masalah yang dilakukan oleh peneliti melalui penilaian pada Google Play Store, peneliti menemukan beberapa pengguna yang mengeluhkan fitur TikTok Shop. Keluhan tersebut diantaranya mengenai faktor kepercayaan dalam berbelanja melalui TikTok Shop yang dianggap masih lemah, keluhan mengenai proses transaksi, serta keluhan mengenai customer service yang kurang responsif. Oleh sebab itu perlu dilakukannya analisis mengenai faktor-faktor penerimaan pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penerimaan TikTok Shop pada masyarakat Sumatera Selatan berdasarkan model UTAUT 2 dan Social Commerce Constructs. Selain itu, penelitian ini juga menguji peran moderasi usia pelanggan terhadap niat pembelian dan perilaku penggunaan. Penelitian ini melibatkan 171 responden dari berbagai Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan yang pernah melakukan pembelian melalui TikTok Shop. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan (habit), pengaruh sosial (social influence), konstruk-konstruk social commerce (SCC), dan kepercayaan pengguna (user trust) merupakan komponen yang mempengaruhi minat masyarakat Sumatera Selatan untuk melakukan pembelian (PI) pada TikTok Shop. Selain itu, konstruk-konstruk social commerce (SCC) juga terbukti berpengaruh terhadap kepercayaan pengguna (user trust). Penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bervariasi antara variabel-variabel yang dimoderasi oleh usia pengguna.Referensi
[1] S. Kemp, “Digital 2021: Indonesia.†Internet: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia, Feb. 11, 2021 [Oct. 11, 2022].[2] L. K. B. Martini and L. K. C. Dewi, “Pengaruh Media Promosi Tik Tok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,†in Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Dec. 2021, pp. 38–54.[3] I. S. Oktarina et al., “Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Wadah Untuk Mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Karanganyar Kecamatan Gandus Kota Palembang,†JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 82–90, Apr. 2022.[4] A. Hidayatulloh, F. P. Ganinda, and A. D. Nugroho, “Faktor yang mendorong niat untuk social commerce di indonesia,†INOVASI: Jurnal Keuangan Ekonomi Keuangan dan Manajemen, vol. 16, no. 1, pp. 9–97, Jan. 2020.[5] S. Sadya, “Apa Media Sosial yang Kerap Dipakai Belanja Online di Indonesia?.†Internet: https://dataindonesia.id/digital/detail/apa-media-sosial-yang-kerap-dipakai-belanja-online-di-indonesia, Sep. 26, 2022 [Nov. 16, 2022].[6] W. R. Murhadi and E. C. Reski, “Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word of Mouth, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktokshop (Studi Pada Pelanggan Tiktokshop),†Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, vol. 16, no. 2, pp. 229–240, 2022.[7] N. P. J. Maharani, M. E. Hoediansyah, Y. Salsabilla, and M. F. Siswantoro, “Analisis Perilaku Mahasiswa dalam Melakukan Belanja Online Melalui Aplikasi TikTok Menggunakan Theory of Planned Behaviour,†in Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), Sep. 2022, pp. 70–79.[8] T. Pramiyati, Jayanta, and H. Mahfud, “Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap SIMBUMIL (Hasil Survei Penerimaan SIMBUMIL di Puskesmas Mandalawangi),†Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 61–67, Jun. 2019.[9] M. I. Nurrachman, “Efektifitas ERPSIM Games Terhadap Implementasi Sistem ERP,†2018.[10] A. Andijani and K. Kang, “Social Commerce Acceptance after Post COVID-19 Pandemic in Saudi Women Customers: A Multi-Group Analysis of Customer Age,†Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 16, pp. 1–19, Aug. 2022.[11] A. Nur, S. Fatihanisya, and S. D. Purnamasari, “Penerapan Model Unified Theory of Acceptence and Use of Technology 2 Terhadap Perilaku Pelanggan e-Commerce Shopee Indonesia Di Kota Palembang,†Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 2, pp. 392–418, Jun. 2021.[12] R. D. Mahande and Jasruddin, “UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana,†in Prosiding Seminar Nasional, May 2018, pp. 784–788.[13] N. A. Shafly, “Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Behavioral Intention dan Use Behavior Penggunaan Mobile Banking di Kota Malang,†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, vol. 8, no. 2, 2019.[14] L. Rahmawati, I. Mariam, and T. Purwinarti, “Analisis Perkembangan UMKM dan Kuantitas Belanja Daring Pada Masa Pandemi Dengan Model UTAUT 2,†Seminar Nasional Riset Terapan, vol. 10, no. 1, pp. 19–30, 2022.[15] A. P. Hendratmoko, “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Individu Dalam Menggunakan Peer to Peer Lending dan Equity Crowd Funding Di DKI Jakarta,†Jurnal Manajemen, vol. 9, no. 1, 2019.[16] K. K. Alampuri and A. Ahmed, “Determinants of Smartwatch Adoption Among IT Professionals– An Extended UTAUT 2 Model for Smartwatch Enterprise,†International Journal of Enterprise Network Management, vol. 9, no. 3–4, pp. 294–316, 2018.[17] R. A. Putri and H. M. Jumhur, “Peminat Aplikasi Blibli.Com Dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT),†Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 16–23, 2019.[18] S. Aprilisa and S. Samsuryadi, “Pengaruh Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) Terhadap Penerapan Aplikasi Shopee,†Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 167–176, Dec. 2020.[19] M. T. Hidayat, Q. Aini, and E. Fetrina, “Penerimaan Pengguna E-Wallet Menggunakan UTAUT 2 (Studi Kasus),†Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi |, vol. 9, no. 3, pp. 239–247, Aug. 2020.[20] N. K. R. D. Putri and I. M. S. Suardikha, “Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar,†E-Jurnal Akuntansi, vol. 30, no. 2, pp. 540–555, Feb. 2020.[21] P. S. W. Ndruma and I. Mahendra, “Analisa Penggunaan E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Model UTAUT,†in Seminar Nasional Matematika, Geometri, Statistika, dan Komputasi (SENA-MAGESTIK), Aug. 2022, pp. 234–245.[22] Z. Shoheib and E. A. Abu-Shanab, “Adapting the UTAUT2 Model for Social Commerce Context,†International Journal of e-Business Research, vol. 18, no. 1, pp. 1–20, Jan. 2022.[23] Sutanto, I. Ghozali, and R. S. Handayani, “Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penerimaan dan Pengguanaan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) dalam Perspektif The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) di Kabupaten Semarang,†Jurnal Akuntansi dan Auditing, vol. 15, no. 1, pp. 37–68, 2018.[24] A. A. M. R. Furqon, “Pengaruh Social Commerce Constructs Terhadap Intention to Buy Melalui Trust, Familiarity, Perceived Usefulness Dan Intention to Search Pada Media Sosial Instagram,†in The 3rd International Conference on Religious and Cultural Sciences (INCRECS), Dec. 2021, pp. 1–23.[25] R. B. F. I. Sidharta, N. L. A. Sari, and W. Suwandha, “Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Ditinjau Dari Brand Awareness dan Brand Image dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi,†MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 8, no. 3, p. 562, Nov. 2018.[26] A. R. D. Kusumawardani, J. M. Munandar, and M. Najib, “Pengaruh Sepuluh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Bata Berdasarkan Sikap Konsumen,†MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 8, no. 2, pp. 292–311, Jul. 2018.[27] A. Caniago and A. E. Rustanto, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee),†Jurnal Pemikiran dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, vol. 5, no. 1, pp. 19–25, Apr. 2022.[28] Y. Febrianawati, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,†Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, Jun. 2018.[29] R. B. F. I. Sidharta, N. L. A. Sari, and W. Suwandha, “Purchase Intention Pada Produk Bank Syariah Ditinjau dari Brand Awareness dan Brand Image dengan Trust Sebagai Variabel Mediasi,†MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 8, no. 3, p. 562, Nov. 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Â
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
   Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
   Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Â
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.