Adopsi E-tourism pada Industri Perhotelan di Kota Padang: Identifikasi Klaster Berdasarkan Karakteristik Fitur Website
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i3.2016.47-56Keywords:
E-tourism, faktor COME, industri perhotelanAbstract
Adopsi inovasi teknologi melalui e-commerce di bidang pariwisata dikenal dengan istilah e-tourism. Pelaksanaan e-tourism di industri perhotelan di Kota Padang dikategorikan sebagai inovasi proses yang menjadi faktor kunci keberhasilan dalam industri pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat adopsi website yang dikembangkan oleh Teo dan Pian. Hal ini menjadi konsep dasar dari penelitian untuk menjelaskan faktor kontekstual, organisasi, manajerial, dan e-commerce (COME) dalam industri perhotelan. Isu-isu diteliti melalui studi kualitatif di Sumatera Barat. Data diperoleh melalui survei yang diikuti oleh beberapa perusahaan perhotelan dari hasil wawancara mendalam. Sementara itu, sampel ditentukan secara purposive berdasarkan berbagai adopsi website. Hasilnya menunjukkan saran untuk meningkatkan tingkat adopsi situs di industri pariwisata yang ditawarkan sebagai sarana untuk mengatasi kinerja perusahaan e-tourism ditinggikan. implikasi praktis dan pertimbangan untuk penelitian yang akan datang juga dibahas dalam penelitian ini.References
El-Gohary, H. “Factors affecting E-Marketing adoption and implementation in tourism firms: An empirical investigation of Egyptian small tourism organizationsâ€, Tourism Management. vol. 33 (5), pp. 1256-1269, 2012. Mihalic, T., & Buhalis D. “ICT as a new competitive advantage factor – case of small transitional hotel sectorâ€, Economic and Business Review. vol. 15 (1), pp. 33-56, 2013. Choocinprakarn, Naruemon. â€Adoption of electronic commerce in Thai travel small and medium enterprisesâ€, International Journal of Business and Management, vol. 4(1), pp. 1-23, 2016 Sadeghein, R., Khoshalhan, F., & Homayoun. “A website evaluation of travel agencies in Iran: An adoption level and value creation approachâ€, International Journal of Advanced Information Technology, vol. 2(6), pp. 1-11, 2012. Chiou, W. C. “A strategic website evaluation of online travel agenciesâ€, Tourism Management. DOI:10.1016/j.tourman.2010.12.007. Nurhadi., Nimran, U., Idrus, M. S., Utami, H. N. “Antecedents of e-commerce use in the hospitality industry: An empirical study in Indonesiaâ€, European Journal of Business and Management, vol. 7(11), pp. 1-10, 2015. Rahayu, Rita and Day, John. “Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesiaâ€, Social and Behavioral Sciences 195, pp. 142 – 150, 2015. Molla, A., Heeks, R., & Balcells, I. “Adding clicks to bricks: a case study of e-commerce adoption by a Catalan small retailerâ€, European Journal of Information Systems, vol. 15(4), pp. 424-438, 2006. Senarathna, I., Warren, M., Yeoh, W., & Salzman, S. “The influence of organisation culture on E-commerce adoptionâ€, Industrial Management & Data Systems, vol. 114(7), pp. 1007-1021, 2014. Teo, T. S. H., & Pian, Y. “A model for web adoptionâ€, Information & Management, vol. 41(4), pp. 457-468, 2004. Rogers, E. M. “Diffusion of Innovationsâ€. Fifth ed, The Free Press, New York. 2003. Tornatzky, L.G. & Fleischer, M. “The processes of technological Innovationâ€. M.A.: Lexington Books, Lexington, 1990. Halawani, F., Abdullah, M. M. B., Rahman, M. S., & Halawani, Y. “A Proposed Framework for E-Commerce Usage and Competitive Advantage on Small and Medium Tourism Enterprises (SMTES) in Lebanonâ€, Journal of Social and Development Sciences, vol. 4(6), pp. 258, 2013. Buhalis, D., & Jun, S. H. “E-tourism. contemporary tourism reviews†[Online]. Available on http://www.goodfellowpublishers.com/free_files/fileEtourism.pdf (accessed on August 06, 2016), 2011. Karanasios, S. “An e-commerce framework for small tourism enterprises in developing countriesâ€, Doctoral dissertation. Victoria University. Dapat diakses di http://vuir.vu.edu.au/1515/1/Karanasios.pdf (diakses pada 20 Agustus 2016), 2008. Sekaran, Uma. “Research Method for Businessâ€. Jakarta: Salemba Empat, 2006. Murphy, H. C. & Kielgast, C. D. “Do small and medium-sized hotels exploit search engine marketing?â€, International Journal of Contemporary Hospitality Management, vol. 20(1), pp.90-97, 2008. Abebe, Michael. “Electronic commerce adoption, entrepreneurial orientation, and small- and medium–sized enterprise (SME) performanceâ€, Journal of Small Business and Enterprise Development, vol. 21(1), pp. 100-116, 2014. Ramdani, B., Chevers, D., & Williams, D. A. “SMEs’ adoption of enterprise applications, a technology-organisation-environment modelâ€, Journal of Small Business and Enterprise Development, vol. 20(4), pp. 735-753, 2013. Duan, X., Deng, H., & Corbitt B. “Evaluating the critical determinants for adopting e-market in Australian small-and-medium sized enterprisesâ€, Management Research Review, vol. 35(3/4), pp. 289-308, 2012. Kannabiran, G., & Dharmalingam, P. “Enablers and inhibitors of advanced information technologies adoption by SMEs: An empirical study of auto ancillaries in Indiaâ€. Journal of Enterprise Information Management, vol. 25 (2), pp. 186 – 209, 2012. Machroenian, H. “A study on the effect of different factors on E-Commerce adoption among SMEs of Malaysiaâ€, Management Science Letters, vol. 2(7), pp. 2679–2688, 2012. Kenneth, W., Rebecca, M. N., & Eunice M. A. A. “Factors affecting adoption of electronic commerce among small and medium enterprises in Kenya: survey of Tour and travel firms in Nairobiâ€, International Journal of Business, Humanities and Technology, vol. 2(4), pp. 76-91, 2012. Oliveira, T., & Martins, M.F. “Understanding e-business adoption a cross industries in European countriesâ€, Industrial Management & Data Systems, vol. 110(9), pp. 1337-1354, 2010. Al-Qirim, N. “The adoption of eCommerce communications and applications technologies in small business in New Zealandâ€, Electronic Commerce Research and Applications, vol. 6, pp. 462-473, 2007. Huy, L.V., Rowe, F., Truex D., & Huynh, M.Q. “An empirical Study of Determinants of E-Commerce Adoption in SMEs in Vietnam an economy in transitionâ€, Journal of Global Information Management, vol. 20(3), pp. 23-54, 2012. Ghobakhloo, M., & Tang, S.H. “The role of owner/manager in adoption of electronic commerce in small businesses: The case of developing countriesâ€, Journal of Small Business and Enterprise Development, vol. 20(4), pp. 754-787, 2013. Teo, T. S. H., Srivastava, S. C., & Jiang, L. “Trust and Electronic Government Success: An Empirical Studyâ€, Journal of Management Information Systems. vol. 25(3), pp. 99-131, 2009. Awa, H. O., Ojiabo, O. U., & Emecheta, B. C. “Integrating TAM, TPB and TOE frameworks and expanding their characteristic constructs for e-commerce adoption by SMEsâ€, Journal of Science & Technology Policy Management, vol. 6(1), pp. 76 – 94, 2015.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.