Analisis Keberhasilan Enterprise Resource Planning Menggunakan Model DeLone and McLean Tingkat Individual
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v6i1.2020.64-73Kata Kunci:
Enterprised Resource Planning SAP, Model Kesuksesan Sistem Informasi,Abstrak
Saat ini organisasi sangat bergantung pada sistem informasi untuk meningkatkan kinerja mereka dan tetap kompetitif. Begitu pula dengan perusahaan manufaktur, sebagai sebuah organisasi yang memiliki bisnis proses yang sangat besar perlu mengimplementasikan ERP (Enterprise Resource Planning) dari SAP. Pengukuran keberhasilan atau efektivitas sistem informasi (SI) sangat penting untuk menilai dan keefektifan tindakan manajemen IS dan investasi IS. Analisis keberhasilan SI dilakukan dengan DeLone dan McLean’s sistem informasi sukses model yang memiliki enam dimensi dalam kerangka kerjanya yaitu: information quality (kualitas informasi), system quality (kualitas sistem), service quality (kualitas layanan), extended use (pengembangan penggunaan), user satisfactory (kepuasan user), dan individual benefit (manfaat individu). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan survei terhadap 239 karyawan sebuah perusahaan manufaktur yang ada di Kota Padang. Data yang diperoleh diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan model penelitian yang diajukan memiliki kesesuaian yang baik dengan data. Kemudian dari delapan (8) hipotesis yang diuji, seluruh hipotesis tersebut didukung oleh data yang diteliti menunjukkan bahwa semua dimensi berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan individu.Referensi
L. Kenneth C dan . J. P, Laudon Management Information Systems Managing the Digital Firm THIRTEENTH EDITION, England: Pearson., 2014. [2] L. M. Hitt, D. Wu dan X. Zhou, “ERP Investment: Business Impact and Productivity Measures,†Research Gate, 2011. [3] G. Gable dan D. Sedera, “Reconceptualizing information system success: The IS-impact measurement model,†Journal of the Association for Information Systems, 2008. [4] C. Retting, “The trouble with Enterprise software,†MIT Sloan Management Review, pp. 20-27, 2007. [5] P.-F. Hsu , R. Y. HsiuJu dan J.-C. Chung, “Assessing ERP Post-Implementation Success at the Individual Level: Revisiting the Role of Service Quality,†National Tsing Hua University, 2015. [6] Y. Wang dan Y. Liao, “ssessing eGovernment systems success: A validation of the DeLone and McLean model of information systems success,†Government Information Quarterly, 2008. [7] J. S. Park dan H. H. Yang, “Perceived absorptive capacity of individual users in performance of Enterprise Resource Planning (ERP) usage: The case for Korean firms,†Information & Management, vol. 3, no. 44, pp. 300-312, 2007. [8] S. Lee dan J. Yuu, Success model of project management information system in construction Development of an electronic Portfolio system success model: An information systems approach, Automation in Construction, 2012, pp. 82-93.[9] C. Bossen, L. Groth dan F. Jensen, “Evaluation of a comprehensive EHR based on the DeLone and McLean model for IS success: Approach, results, and success factors,†International journal of medical informatics, vol. 82, p. 940–953, 2013. [10] H. Roky dan Y. Al Meriouh, “Evaluation by users of an industrial information system (XPPS) based on the DeLone and McLean model for IS success,†ScienceDirect, 2015. [11] P. Ifinedo, B. Rapp dan K. Sunberg, “Relationships among ERP post-implementation success constructs: An analysis at the organizational level,†Elsevier, 2010. [12] W. H. Delone dan E. R. Mclean, “The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update,†Journal of Management Information Systems, vol. 19, pp. 9-30, 2003. [13] C. V. Brown, D. W. Dehayes, J. A. Hoffer dan E. W. Martin, Managing Information Technology, Seventh Edition, New Jersey: Prentice Hall, 2015. [14] T. Wailgum, “Why ERP systems are more important than ever.,†CIO Web site, 29 January 2008. [Online]. Available: www.cio.com/article/print/177300. [Diakses 2 July 2019].[15] P. Cocca, F. Marciano, D. Rossi dan M. Alberti, “Business Software Offer for Industri 4.0: the SAP case,†Elsevier, 2018. [16] W. Holsapple, Y. Wang dan J. Wu, “Empirically testing user characteristics and fitness factors in Enterprise Resource Planning success,†International Journal of Human-Computer Interaction, pp. 325-342, 2003. [17] L. M. Given, The Sage encyclopedia of qualitative research methods, California: SAGE Publication, 2008. [18] M. Saunders, P. Lewis dan A. Thornhill, Research Methods for Business Students (6th ed.), Pearson, 2012. [19] J. F. Hair Jr., W. C. Black, B. J. Babin dan R. E. Anderson, Multivariate Data Analysis, Seventh Edition, Edinburgh Gate: Pearson, 2014. [20] P. J. Rosenberg, “What is the minimum sample size needed to conduct the SEM analysis utilizing AMOS software?,†ResearchGate, 2015. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/post/What_is_the_minimum_sample_size_needed_to_conduct_the_SEM_analysis_utilizing_AMOS_software. [Diakses 10 September 2019].[21] P. Lowry dan J. Gaskin, “Partial Least Squares (PLS) Structural Equation Modeling (SEM) for Building and Testing Behavioral Causal Theory: When to Choose It and How to Use It.,†IEEE Transactions on Professional Communication, p. 123–146, 2014. [22] U. Sekaran dan R. Bogie, Research Methods for Business 7th Edition, Chichester: John Wiley, 2016. [23] Abdillah, Willy dan J. Hartono, Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) Dalam Penelitian Bisnis, Yogyakarta, 2015. [24] A. Burton-Jones dan D. W. Straub Jr, “Reconceptualizing system usage: An approach and empirical test,†Information systems research, pp. 228-246, 2006. [25] J. Hsieh dan W. Wang, “Explaining employees' extended use of complex information systems.,†European Journal of Information Systems, pp. 216-227, 2007. [26] P. Kotler, Marketing management: Analysis, planning, implementation and control, Englewoods Cliff,New Jersey: Prentice Hall, 1997. [27] P. Seddon, “A respecification and extension of the DeLone and McLean model of IS success,†Information Systems Research, pp. 240-253, 1997. [28] C. M. Chiu, C. S. Chiu dan H. C. Chang, “Examining the integrated influence of fairness and quality on learner’s satisfaction and web-based learning continuance intention,†Information Systems Journal, pp. 271-287, 2007. [29] L. Halawi, R. McCarthy dan J. E. Aronson, “An empirical investigation of knowledge management systems’ success,†Journal of Computer Information Systems, pp. 121-135, 2007. [30] N. Gorla, T. Somers dan B. Wong, “Organizational impact of system quality, information quality, and service quality,†Journal of Strategic Information Systems, pp. 207-228, 2007. [31] E. Wang dan J. Chen, “Effects of internal support and consultant quality on the consulting process and ERP system quality,†Decision Support Systems, pp. 1029-1041, 2006. [32] S. Sharma, S. Mukherjee, A. Kumar dan W. Kumar, “A simulation study to investigate the use of cutoff values for assessing model fit in covariance structure models.,†Journal of Business Research, pp. 935-943, 2005. [33] David, “Measuring Model Fit,†davidakenny, 24 November 2015. [Online]. Available: http://davidakenny.net/cm/fit.htm. [Diakses 20 November 2019].
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Â
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
   Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
   Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Â
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.