Perancangan User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Sistem Informasi PT. XYZ

Prima Fithri(1*), Asmuliardi Muluk(2), Rahmad Haret Rayhanda(3)
(1) Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(2) Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(3) Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada PT. XYZ. Perancangan ini berfokus pada desain sistem informasi yang tersedia dalam website Camille Beauty, mengidentifikasi kebutuhan pengguna terkait dengan UI dan UX dalam sistem informasi perusahaan, merancang perbaikan dan pengembangan UI dan UX yang lebih baik, serta menganalisis sistem informasi untuk meningkatkan kualitas UI dan UX. Hasil penelitian yang telah didapatkan adalah perancangan UI dan UX yang baik sangat penting dalam menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan. Tata letak yang intuitif, navigasi yang mudah dipahami, penggunaan warna dan visual yang tepat, serta responsivitas terhadap perangkat mobile merupakan faktor penting untuk memastikan pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi dan produk yang ditawarkan oleh Camille Beauty dan pemodelan UML membantu dalam memahami struktur dan alur kerja sistem. Diagram use case, class, sequence, dan activity membantu menggambarkan interaksi pengguna dengan sistem, struktur data yang diperlukan, urutan tindakan, dan alur kerja yang terlibat. Pemodelan UML dapat menjadi panduan yang berguna dalam pengembangan dan pemeliharaan website Camille Beauty.


Kata Kunci


Sistem informasi, User Interface (UI), User Experience (UX), PT. XYZ, Camille Beauty, Perancangan


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] Anggraini, Y., Pasha, D., & Damayanti, D. (2020). Sistem Informasi Penjualan Sepeda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 64-70.

[2] Ardian, Niko, 2008, Pengembangan Website FKIP Unsri sebagai Media Penyampaian Informasi, Tugas Akhir PDK Unsri: Tidak diterbitkan.

[3] Hendiani, A. (2016). Pemodelan UML sistem informasi monitoring penjualan dan stok barang (studi kasus: distro zhezha pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2).

[4] Wawolumaja, J. F. (2021). Jurnal Pengaruh User Experience (Ux) Design Terhadap Kemudahan Pengguna Dalam Menggunakan Aplikasi Carsworld. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 17(1).

[5] Rosa, A. S., dan Shalahudin, M. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Informatika: Bandung.

[6] Ismanto, F. H., dan Kristinanti. (2020). Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Modelling Notation (BPMN) (Studi Kasus Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2KM) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar). Jurnal Riset Dan Konseptual. 5 (1).

[7] Yohana, N. D. dan F. Marisa. (2018). Perancangan Proses Bisnis Sistem Human Resource management (HRM) untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai.Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 3(2), 23-32.

[8] Rahmawati, D., Rokhmawati, dan Perdanakusuma, A. R. (2017). Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Bussiness Process Model And Natation (BPMN) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer. 1(11).

[9] Kurniawan, B. (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Pada Cafetaria No Caffe Di Tanjung Balai Karimun Menggunakan Bahasa Pemograman PHP Dan MYSQL. Jurnal TIKAR, 1(2).

[10] Simatupang, J., dan Sianturi, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Jurnal Intra-Tech. 3 (2).

[11] Kendall, K. E dan Kendall, J. E. (2014). System Analysis And Design Edisi 9.USA: Pearson Education

[12] Edi, D. dan Betshani, S. (2018). Analisis Data Dengan Menggunakan ERD Dan Model Konseptual Data Warehouse. Jurnal Informatika. 5 (1).

[13] Aziz, E dan Miloudi, K. E. (2018). A Multiview Formal Model Of Use Case Diagrams Using Z Notation: Towards Improving Functional Requirements Quality. Journal Of Engineering. 1 (9).

[14] Azizah, R. F. A. (2019). Analisa Usability Desain User Interface Pada Website Tokopedia Menggunakan Metode Heuristics Evaluation. Jurnal Tekno Kompak 13, no. 1 (2019):7-11.

[15] Fridayanthie, W. E dan Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika. 4 (2).


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 251 kali
PDF telah dilihat : 104 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.