Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce

Penulis

  • Dira Fatrina Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia
  • Insannul Kamil Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia
  • Alizar Hasan Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i3.2019.121-129

Kata Kunci:

Live Chat, E-WOM, Perilaku penjual, Kelompok rujukan, SEM dengan PLS

Abstrak

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli sebuah barang secara online adalah merupakan hal yang sangat krusial bagi pelaku usaha untuk mampu memenangkan persaingan antar pelaku usaha di situs e-commerce. Pada artikel ini, pengaruh live chat terhadap keputusan pembelian dipelajari dengan menggunakan perilaku penjual dan E-WOM dengan kelompok rujukan sebagai variabel mediasi. Teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengolah data. Hasil studi menunjukkan bahwa live chat yang diharapkan mampu menjadi penghubung antar penjual dan pembeli ternyata belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi review dari pembeli sebelumnya dengan memanfaatkan rekomendasi dari kelompok rujukan (selebriti) sebagai variabel mediasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian calon pembeli.

Biografi Penulis

Dira Fatrina, Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Mahasiswa magister Teknik IndustriUniversitas Andalas

Insannul Kamil, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Lektor kepala

Alizar Hasan, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Profesor

Referensi

[1] Admin, “Lazada, e-Commerce Paling Banyak Pengunjung TW I 2018†, Internet: https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2018/04/18/Lazada-E-Commerce-Paling-Banyak-Pengunjung-Tw-I-2018, 18 Apr. 2018 [7 Sept. 2018] [2] A. Librianty, “5 Prediksi Tren E-Commerce Di Indonesia Pada 2018â€, Internet: https://www.Liputan6.Com/Tekno/%20Read/3230715/5-Prediksi-Tren-E-Commerce-Di-Indonesia-Pada-2018, 19 Jan. 2018[7 Sept. 2018] [3] F. Rahman†Strategi UMKM Dalam Membangun Brand Toko Online Di Marketplace “Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 53,no. 1, 2017 [4] Lv. Zhepeng, “How Do Sellers Use Live Chat To Influence Consumer Purchase Decision In China?â€Electronic Commerce Research And Application, vol 28, pp. 102 – 113, 2018 [5] Tan, X., Wang, Y., Tan, Y., “The value of live chat on online purchase.â€in:Proceedings of the 37th International Conference on Information Systems, 2016. [6] L.Kang, X. Wang, C-h. Tan & J. L. Zhao,“Understanding the Antecedents and Consequences of Live Chat Use in Electronic Marketsâ€, Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce,vol. 25, no. 2, pp.117-139, 2015. [7] J. Mero (Järvinen), "The effects of two-way communication and chat service usage on consumer attitudes in the e-commerce retailing sector", Electronic Markets, vol. 28 no. 2. pp 205 - 217, 2018. [8] G.McLean and K. Osei-Frimpong, “Examining satisfaction with the experience during a live chat service encounter-implications for website providers.â€Computers in Human Behavior, vol. 76, pp.494-508.2017. [9] K. Philip dan K. Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Gramedia. [10] J.J. Wang, “Understanding the effects of eWOM social ties on purchase intentions: A moderated mediation investigationâ€, Electronic Commerce Research And Application, Vol. 28, pp. 54 – 62, 2018. [11] H. Zhang, L. Zhao, and S. Gupta, “The role of online product recommendations on customer decision making and loyalty in social shopping communities.â€International Journal of Information Management, vol. 38 no. 1, pp.150-166.2017. [12] T. Hennig-Thurau, K.P. Gwinner, G. Walsh, and D.D. Gremler, “Electronic wordof-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet.â€J. Interact. Mark.vol. 18 no. 1, pp. 38–52.2017. [13] D.J. Bosman, B. Christo, and G. J. van Rooyen. "The review credibility of electronic word-of-mouth communication on e-commerce platforms." Management Dynamics: Journal of the Southern African Institute for Management Scientists, vol. 22. no. 3, pp. 29-44, 2013 [14] A. Larasati, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Tablet Pc Di Kota Denpasar “, E-Jurnal Manajemen, vol. 2, 2012 [15] D. Farela, G. S. Darma “Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Brand Awareness Dan Brand Attitude†Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 35 – 47, 2014 [16] J. Henseler, C. M.Ringland R.R. Sinkovics,†The Use of Partial Least Squares Path Modeling in International Marketing, in Sinkovics, R. R., Ghauri, P. N. (ed.) New Challenges to International Marketingâ€, Advances in International Marketing,vol. 20pp.277 – 319, 2009

Unduhan

Diterbitkan

2020-01-12

Cara Mengutip

Fatrina, D., Kamil, I., & Hasan, A. (2020). Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 5(3), 121–129. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i3.2019.121-129

Terbitan

Bagian

Articles