Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i3.2019.121-129Kata Kunci:
Live Chat, E-WOM, Perilaku penjual, Kelompok rujukan, SEM dengan PLSAbstrak
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli sebuah barang secara online adalah merupakan hal yang sangat krusial bagi pelaku usaha untuk mampu memenangkan persaingan antar pelaku usaha di situs e-commerce. Pada artikel ini, pengaruh live chat terhadap keputusan pembelian dipelajari dengan menggunakan perilaku penjual dan E-WOM dengan kelompok rujukan sebagai variabel mediasi. Teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengolah data. Hasil studi menunjukkan bahwa live chat yang diharapkan mampu menjadi penghubung antar penjual dan pembeli ternyata belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi review dari pembeli sebelumnya dengan memanfaatkan rekomendasi dari kelompok rujukan (selebriti) sebagai variabel mediasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian calon pembeli.Referensi
[1] Admin, “Lazada, e-Commerce Paling Banyak Pengunjung TW I 2018†, Internet: https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2018/04/18/Lazada-E-Commerce-Paling-Banyak-Pengunjung-Tw-I-2018, 18 Apr. 2018 [7 Sept. 2018] [2] A. Librianty, “5 Prediksi Tren E-Commerce Di Indonesia Pada 2018â€, Internet: https://www.Liputan6.Com/Tekno/%20Read/3230715/5-Prediksi-Tren-E-Commerce-Di-Indonesia-Pada-2018, 19 Jan. 2018[7 Sept. 2018] [3] F. Rahman†Strategi UMKM Dalam Membangun Brand Toko Online Di Marketplace “Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 53,no. 1, 2017 [4] Lv. Zhepeng, “How Do Sellers Use Live Chat To Influence Consumer Purchase Decision In China?â€Electronic Commerce Research And Application, vol 28, pp. 102 – 113, 2018 [5] Tan, X., Wang, Y., Tan, Y., “The value of live chat on online purchase.â€in:Proceedings of the 37th International Conference on Information Systems, 2016. [6] L.Kang, X. Wang, C-h. Tan & J. L. Zhao,“Understanding the Antecedents and Consequences of Live Chat Use in Electronic Marketsâ€, Journal of Organizational Computing and Electronic Commerce,vol. 25, no. 2, pp.117-139, 2015. [7] J. Mero (Järvinen), "The effects of two-way communication and chat service usage on consumer attitudes in the e-commerce retailing sector", Electronic Markets, vol. 28 no. 2. pp 205 - 217, 2018. [8] G.McLean and K. Osei-Frimpong, “Examining satisfaction with the experience during a live chat service encounter-implications for website providers.â€Computers in Human Behavior, vol. 76, pp.494-508.2017. [9] K. Philip dan K. Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Gramedia. [10] J.J. Wang, “Understanding the effects of eWOM social ties on purchase intentions: A moderated mediation investigationâ€, Electronic Commerce Research And Application, Vol. 28, pp. 54 – 62, 2018. [11] H. Zhang, L. Zhao, and S. Gupta, “The role of online product recommendations on customer decision making and loyalty in social shopping communities.â€International Journal of Information Management, vol. 38 no. 1, pp.150-166.2017. [12] T. Hennig-Thurau, K.P. Gwinner, G. Walsh, and D.D. Gremler, “Electronic wordof-mouth via consumer-opinion platforms: what motivates consumers to articulate themselves on the Internet.â€J. Interact. Mark.vol. 18 no. 1, pp. 38–52.2017. [13] D.J. Bosman, B. Christo, and G. J. van Rooyen. "The review credibility of electronic word-of-mouth communication on e-commerce platforms." Management Dynamics: Journal of the Southern African Institute for Management Scientists, vol. 22. no. 3, pp. 29-44, 2013 [14] A. Larasati, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Tablet Pc Di Kota Denpasar “, E-Jurnal Manajemen, vol. 2, 2012 [15] D. Farela, G. S. Darma “Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Brand Awareness Dan Brand Attitude†Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 35 – 47, 2014 [16] J. Henseler, C. M.Ringland R.R. Sinkovics,†The Use of Partial Least Squares Path Modeling in International Marketing, in Sinkovics, R. R., Ghauri, P. N. (ed.) New Challenges to International Marketingâ€, Advances in International Marketing,vol. 20pp.277 – 319, 2009
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.