Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i3.2019.121-129

Penulis

  • Dira Fatrina Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia
  • Insannul Kamil Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia
  • Alizar Hasan Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Kata Kunci:

Live Chat
E-WOM
Perilaku penjual
Kelompok rujukan
SEM dengan PLS

Abstrak

Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli sebuah barang secara online adalah merupakan hal yang sangat krusial bagi pelaku usaha untuk mampu memenangkan persaingan antar pelaku usaha di situs e-commerce. Pada artikel ini, pengaruh live chat terhadap keputusan pembelian dipelajari dengan menggunakan perilaku penjual dan E-WOM dengan kelompok rujukan sebagai variabel mediasi. Teknik Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) digunakan untuk mengolah data. Hasil studi menunjukkan bahwa live chat yang diharapkan mampu menjadi penghubung antar penjual dan pembeli ternyata belum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi review dari pembeli sebelumnya dengan memanfaatkan rekomendasi dari kelompok rujukan (selebriti) sebagai variabel mediasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian calon pembeli.

Biografi Penulis

Dira Fatrina, Program Magister Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Mahasiswa magister Teknik IndustriUniversitas Andalas

Insannul Kamil, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Lektor kepala

Alizar Hasan, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas, Kampus Limau Manis, Pauh, Padang 25163, Indonesia

Jurusan Teknik Industri, Profesor
Read More

Unduhan

Telah diserahkan

15-07-2019

Diterima

11-10-2019

Diterbitkan

12-01-2020

Cara Mengutip

[1]
D. Fatrina, I. Kamil, dan A. Hasan, “Pengaruh Live-Chat dan E-WOM Terhadap Pengambilan Keputusan Transaksi Online Pada Matketplace E-Commerce”, TEKNOSI, vol. 5, no. 3, hlm. 121–129, Jan 2020.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.