Pola Pembelian Konsumen Dengan Metode Market Basket Analysis pada Perishable Product di Toko Roti Ikobana Bakery

Penulis

  • Ardhian Agung Yulianto Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Andalas
  • Yesi Elsandra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharma Andalas

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i1.2024.82-91

Kata Kunci:

Market Basket Analysis, Apriori, Perilaku Konsumen, Bakery

Abstrak

Industri makanan dan minuman berperan besar dalam ekonomi Indonesia. Roti sebagai salah satu produk makanan termasuk kategori fast mover consumer goods dan perishable product yang dijual cepat, harga relatif murah, namun cepat kadaluarsa dengan siklus hidup yang Terkhusus bagi Ikobana Bakery, yang memproduksi roti Jepang dengan tekstur lembut berbahan premium dan varian banyak perlu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembelian konsumen yang dibeli secara bersamaan baik saat promosi maupun penjualan reguler, sehingga diketahui produk yang paling sering dibeli dan akhirnya dapat memberikan strategi pemasaran berdasarkan perilaku pembelian konsumen. Metode yang digunakan adalah market basket analysis algoritma apriori menggunakan data transaksi dari Januari 2022 sampai dengan Agustus 2023, sejumlah 1000 data penjualan promosi dan 4593 data penjualan reguler. Bahasa pemrograman Python digunakan untuk mengolah dan menganalisis data. Dari penelitian ini dihasilkan 17 aturan asosiasi untuk penjualan promosi dengan minimum support 40% dan minimum confidence 60%, serta 11 aturan untuk penjualan reguler dengan minimum support 20% dan minimum confidence 55%. Roti sosis mayonaise menonjol sebagai produk penting dengan nilai consequent support tinggi yaitu sebesar 36,2% pada penjualan promosi dan 29,3% pada penjualan reguler. Pada produk rekomendasi yaitu roti melon pan terdapat perilaku konsumen yang menginginkan produk ini pada saat penjualan promosi 2 kali lipat lebih besar aturan yang terbentuk dibandingkan pada saat penjualan regular. Rekomendasi pemasaran termasuk strategi product bundling dan price bundling untuk meningkatkan penjualan.

Referensi

[1] Badan Pusat Statistik. Jakarta: BPS, 2023. [2] W. Kenton. “Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Industry: Definition, Types, and Profitabilityâ€, internet: https://www.investopedia.com/terms/f/fastmoving-consumer-goods-fmcg.asp, Oct. 31, 2023 [Jan. 22, 2024]. [3] I. Y. Lintin. “Data Penjualan FMCG: Compas.co.id Ungkap Market FMCG di E-commerce Mencapai Rp57,6 Triliun Sepanjang 2023!â€. Internet: https://compas.co.id/article/data-penjualan-fmcg-e-commerce-2023/, Jan 8, 2024 [Jan. 16, 2024]. [4] Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. Provinsi Sumatera Barat Dalam Angka 2021. [5] N. P. D. Arwini, “Roti, Pemilihan Bahan dan Proses Pembuatan,†Vastuwidya, vol 4(1), pp.33-40, 2021. doi: 10.47532/jiv.v4i1.249. [6] S. Transchel, O. Hansen, “Supply Planning and Inventory Control of Perishable Products Under Lead Time Uncertainty and Service Level Constraintsâ€. Procedia Manufacturing, Vol 39, pp.1666-1672, 2019. doi: 10.1016/j.promfg.2020.01.274. [7] S.S. Gan, I.N. Pujawan, Suparno, and B. Widodo, “Pricing decisions for short life-cycle product in a closed-loop supply chain with random yield and random demandsâ€, Operations Research Perspectives, vol. 5, pp. 174-190, 2018. doi: 10.1016/j.orp.2018.07.002. [8] C.A. Sandri, “Strategi Pengembangan IKM Roti Ohayo dengan Pendekatan Business Model Canvasâ€, Skripsi Teknik Industri, Universitas Andalas, Padang, Indonesia, 2020. [9] R. Burhani. “Ini rahasia roti manis ala Jepangâ€, internet: https://www.antaranews.com/berita/528017/ini-rahasia-roti-manis-ala-jepang, Nov, 7, 2015 [Jan. 15, 2024]. [10] J. Riesta.†Roti Khas Jepang: Melon Panâ€, internet: https://japanese.binus.ac.id/2019/01/08/roti-khas-jepang-melon-pan, Jan, 8, 2019 [Jan. 15, 2024]. [11] H. Assael, Perilaku Konsumen. Jakarta: Binapura Aksara, 2014. [12] P. Kotler, K. L. Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks, 2016. [13] U. G. Cicekli and I. Kabasakal. “Market Basket Analysis of Basket Data with Demographics: A Case Study in E-Retailingâ€. Alphanumeric Journal, 9(1), 1-12, 2021. doi: 10.17093/alphanumeric.752505. [14] F. Kurniawan, et.al, “Market Basket Analysis to Identify Customer Behaviors by Way of Transaction Dataâ€. Knowledge Engineering and Data Science, vol 1(1), pp 21-25, 2018. doi: 10.17977/um017v1i12018p20-25. [15] Yusuf Kurnia et al, “Study of application of data mining market basket analysis for knowing sales pattern (association of items) at the O! Fish restaurant using apriori algorithmâ€. Journal of Physics, 1-6, 2019. [16] N. Riyadi, M.F. Mulki, and R. Susanto, “Analysis of Customers Purchase Patterns on E-Commerce Transactions Using Apriori Algorithm and Sales Forecasting Analysis with Weighted Moviang Average (WMA) Methodâ€. Scientific Research Journal, July vol 7(7), 2019. [17] F. Sulianta, L.B.P. Sari, “Aturan asosiasi menggunakan algoritma Apriori sebagai Dasar Membuat Aksi Bisnis pada Toko Online Retailâ€. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol 12, No 1, 2024. [18] M.S.I. Adnyana, R.S. Hartati, and M. Sudarma, "Market Basket Analysis For Procurement Of Food Stock Using Apriori Algorithm And Economic Order Quantity". International Journal of Engineering and Emerging Technology, vol. 5(2), pp 149-153, 2020. [19] Y. Alhillah, W, Priatna, and A. Fitriyani, “Implementation of Apriori Algorithm for Determining Spare Parts Product Recommendation Packagesâ€, Journal of Applied Informatics and Computing, vol 7(2), pp. 212-217, 2023. doi: 10.30871/jaic.v7i2.5589. [20] S. T. C. Indah, “Analisis Pembelian Sayuran Menggunakan Metode Association Rule – Market Basket Analysis (AR-MBA) (Studi Kasus pada Toko Sayur Keluarga),†Skripsi Teknik Industri, Universitas Islam Indonesia, Indonesia, 2020. [21] F. R. Arrafi, “Analisis Pola Perilaku Pembelian Konsumen Menggunakan Metode Association Rule (MBA) Pada Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) Di Masa Pandemi Covid-19,†Skripsi, Universitas Islam Indonesia, Indonesia, 2021. [22] S. Suyani, and S.P. Utami, "Analisis Layout Produk dengan Metode Market Basket Analysis (MBA) pada Swalayan CG Mart Pasir Putih Kabupaten Kampar". Jurnal Ekonomi Kiat, vol 32(1), pp 122-132, 2021. [23] Geeksforgeeks.†Implementing Apriori algorithm in Pythonâ€,internet: https://www.geeksforgeeks.org/implementing-apriori-algorithm-in-python, Jan. 11, 2023 [Jan. 22, 2024]. [24] J. Han, M. Kamber and J. Pei, Data Mining. Concepts and Techniques, Third Edition. Morgan Kaufmann, 2012. [25] R. Sharda, D.Delen, E. Turban. Business Intelligence and Analytics - System for Decision Support, Tenth Edition. New Jersey: Pearson, 2015. [26] Myskill.id.â€â€,internet: https://blog.myskill.id/istilah-penting/algoritma-apriori-strategi-dan-manfaat-dalam-identifikasi-pola-data, NA [Feb. 2, 2024].

Unduhan

Telah diserahkan

06-02-2024

Diterima

16-05-2024

Diterbitkan

24-05-2024

Cara Mengutip

[1]
A. Agung Yulianto dan Y. Elsandra, “Pola Pembelian Konsumen Dengan Metode Market Basket Analysis pada Perishable Product di Toko Roti Ikobana Bakery”, TEKNOSI, vol. 10, no. 1, hlm. 82–91, Mei 2024.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

> >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.