Penerapan Metode Technique For Others Preference By Similary To Ideal Solution (TOPSIS) Untuk Rekomendasi Pemilihan TV Layar Datar

Dyna Marisa Khairina(1*), Budi Santoso(2), Septya Maharani(3)
(1) Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Mulawarman
(2) Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Mulawarman
(3) Jurusan Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author



Abstrak


Beragam merek, jenis dan tipe Televisi (TV) layar datar tersebar dipasaran saat ini sangat menguntungkan bagi calon konsumen dalam memilih televisi layar datar yang akan dibeli karena konsumen dapat memilih televisi dengan keinginannya tanpa terpacu pada satu merek tertentu. Masyarakat sebagai konsumen diharapkan untuk memiliki pengetahuan dalam memilih jenis televisi tersebut seperti merek, jenis, harga, ukuran, resolusi, audio hingga fitur yang mampu dijangkau. Demi membantu konsumen dalam memutuskan pemilihan pembelian televisi, maka diperlukan sistem pendukung keputusan yang bertujuan sebagai rekomendasi dari berbagai alternatif. Penelitian ini menerapkan metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemilihan pembelian TV layar datar. TOPSIS adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria dengan ide dasarnya adalah bahwa alternatif yang dipilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Adapun variabel kriteria yang digunakan adalah merek, jenis, harga, ukuran, resolusi serta fitur. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan dalam pemilihan pembelian TV layar datar untuk memberikan rekomendasi televisi dari berbagai alternatif yang akan dibeli.


Kata Kunci


Televisi, TOPSIS, Sistem Pendukung Keputusan


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Turban, E, dkk, Decision Support System and Intelligent Systems, Jilid 1, Edisi 7, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.

Turban, E & Aronson, Jay E, Decision Support System and Intelligent Systems, 6th edition. Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ, 2001.

Amsyah, Z, Manajemen Sistem Informasi 2, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Sachdeva, A., Kumar, D., Kumar, P, “Multi-Factor Mode Critically Analysis Using TOPSIS”, International Journal of Industrial Enggineering, Vol. 5, No. 8, pp. 1-9, 2009.

Rachman, A, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Sumber Daya Manusia di Perusahaan”, Prosiding Seminar Nasional Teknoin, ISBN: 978-979-3980-15-7. Yogyakarta, 2008.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Yogyakarta: Graha Ilmu,2006


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 561 kali
PDF telah dilihat : 414 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.