Penerapan Algoritma Decision Tree untuk Ulasan Aplikasi Vidio di Google Play
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i2.2023.218-226Kata Kunci:
Siaran Langsung, Analisa Sentimen, Pohon Keputusan, Matriks Kebingungan, StreamlitAbstrak
Aplikasi berbasis video streaming atau siaran langsung menjadi jenis aplikasi paling banyak digunakan di dunia. Video On Demand merupakan sistem interaktif yang memungkinkan kita memilih konten video yang akan ditonton. Vidio adalah portal online atau situs web streaming video yang didirikan pada tahun 2014. Situs web ini memungkinkan pengguna untuk menonton dan menikmati berbagai video dan layanan lain. Namun, berdasarkan ulasan di Google Play, Vidio mendapatkan rating rata-rata hanya sebesar 3.7 dari 623.000 lebih total ulasan. Hal tersebut yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Data yang dikumpulkan adalah sebanyak 1000 data pada rentang waktu 2 Februari 2023 – 19 Februari 2023. Data tersebut diklasifikasikan ke dalam sentimen positif dan negatif menggunakan algoritma Decision Tree atau Pohon Keputusan. Berdasarkan 3 skenario pembagian data, didapatkan akurasi terbesar diperoleh dari pembagian data 80% data latih dan 20% data uji yaitu sebesar 97.3%. sedangkan pada skenario pembagian data 70:30, akurasinya 96.8%, dan pembagian data 90:10 akurasinya sebesar 96.8%. Dari akurasi yang telah diperoleh, untuk evaluasi pengujian model, penelitian ini menggunakan Confusion Matrix atau Matriks Kebingungan. Agar prediksi dari model yang telah dilatih agar tersedia untuk orang lain, penelitian ini melakukan model deployment menggunakan Streamlit.Referensi
[1] Sandvine, “The Mobile Internet Phenomena Report,†2021. Accessed: Jan. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.sandvine.com/hubfs/Sandvine_Redesign_2019/Downloads/2021/Phenomena/MIPR%20Q1%202021%2020210510.pdf [2] data.ai, “STATE OF MOBILE ,†2022. Accessed: Feb. 27, 2023. [Online]. Available: https://www.data.ai/en/go/state-of-mobile-2022/ [3] N. A. Yusuf and Indrawati, “Analisis Faktor yang Memengaruhi Pembentukan Minat Berlangganan di Industri Video-On-Demand di Indonesia.,†vol. 3, pp. 161–173, 2019. [4] Populix, “Indonesian Video Entertainment on Demand Comsumption,†Jul. 2022. Accessed: Feb. 03, 2023. [Online]. Available: https://info.populix.co/report/indonesian-video-entertainment-on-demand-consumption/ [5] Media Partner Asia, “Southeast Asia Online Consumer Insights and Analytics.†pp. 1–2, Nov. 22, 2022. [Online]. Available: https://media-partners-asia.com/AMPD/Q1_2022/SEA/PR.pdf [6] S. A. Saputra, D. Rosiyadi, W. Gata, and S. M. Husain, “Analisis Sentimen E-Wallet Pada Google Play Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization,†RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 3, pp. 377–382, 2019. [7] M. Aufar, R. Andreswari, and D. Pramesti, “Sentiment Analysis on Youtube Social Media Using Decision Tree and Random Forest Algorithm: A Case Study,†2020 IEEE International Conference on Data Science and Its Applications (ICoDSA), pp. 1–7, Oct. 2020, doi: 10.1109/ICoDSA50139.2020.9213078. [8] T. W. Putra, A. Triayudi, and Andrianingsih, “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring menggunakan Metode Naïve Bayes, KNN, dan Decision Tree,†JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), pp. 20–26, Jan. 2022. [9] P. D. Batlayeri and W. Gatta, “ANALISIS SENTIMEN PEJUALAN JAFRA DALAM PANDEMI COVID-19 DENGAN ALGORITMA KLASIFIKASI,†JIRE (Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), vol. 5, pp. 11–18, Apr. 2022. [10] M. T. Waluyan and K. D. Hartomo, “Analisis Sentimen Kebutuhan Fast Track Pada Originals Vidio Menggunakan Support Vector Machine,†JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 2153–2162, Sep. 2022, [Online]. Available: https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/jatisi/article/view/2348 [11] Ibnu Daqiqil ID, Machine Learning: Teori, Studi Kasus dan Implementasi Menggunakan Python, 1st ed. Riau: UR Press, 2021. [12] B. T. Jijo and A. M. Abdulazeez, “Classification Based on Decision Tree Algorithm for Machine Learning,†JOURNAL OF APPLIED SCIENCE AND TECHNOLOGY TRENDS, vol. 02, no. 01, pp. 20–28, 2021. [13] M. I. Aditama, R. I. Pratama, K. H. U. Wiwaha, and N. A. Rakhmawati, “Analisis Klasifikasi Sentimen Pengguna Media Sosial Twitter Terhadap Pengadaan Vaksin COVID-19,†JIEET (Journal Information Engineering and Educational Technology), vol. 04, no. 02, pp. 90–92, 2020, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/11018 [14] H. Nguyen, A. Veluchamy, M. Diop, and R. Iqbal, “Comparative Study of Sentiment Analysis with Product Reviews Using Machine Learning and Lexicon-Based Approaches ,†SMU Data Science Review, vol. 1, no. 4, 2018. [15] B. A. Adli, “Analisis Sentimen Customer Review Produk Tokopedia Menggunakan Algoritma Decision Tree,†2022. [16] N. K. Widyasanti, I. K. G. D. Putra, and N. K. D. Rusjayanthi, “Seleksi Fitur Bobot Kata dengan Metode TFIDF untuk Ringkasan Bahasa Indonesia,†MERPATI, vol. 6, no. 7, pp. 119–126, Aug. 2018. [17] E. Undamayanti, T. I. Hermanto, and I. Kaniawulan, “Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization Terhadap Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,†Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), vol. 6, no. 2, pp. 916–930, Sep. 2022. [18] D. A. N. Krisna and U. Salamah, “Perbandingan Algoritma Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Berita Hoax Kesehatan Di Media Sosial Twitter,†Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 6, no. 2, pp. 836–845, Jul. 2022. [19] D. P. Santoso and W. Wibowo, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Buzzbreak Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier pada Situs Google Play Store,†JURNAL SAINS DAN SENI ITS, vol. 11, no. 2, pp. 190–196, 2022. [20] S. Khairunnisa, Adiwijaya, and S. Al Faraby, “Pengaruh Text Preprocessing terhadap Analisis Sentimen Komentar Masyarakat pada Media Sosial Twitter (Studi Kasus Pandemi COVID-19),†JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 5, no. 2, pp. 406–414, Apr. 2021. [21] C. Cahyaningtyas, Y. Nataliani, and I. R. Widiasari, “Analisis sentimen pada rating aplikasi Shopee menggunakan metode Decision Tree berbasis SMOTE,†AITI: Jurnal Teknologi Informasi, vol. 18, no. 2, pp. 174–185, Aug. 2021. [22] I. Mahayani, A. D. R, and M. E. Supriyadi, “Analisis Sentimen Twitter Terhadap Pembayaran ShopeePayLater Pada Aplikasi Belanja Online (Shopee) Menggunakan Metode Lexicon Based dan Naïve Bayes Classifier,†Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, vol. 19, no. 4, pp. 545–558, Dec. 2020. [23] R. Kosasih and A. Alberto, “Analisis Sentimen Produk Permainan Menggunakan Metode TF-IDF Dan Algoritma K-Nearest Neighbor,†InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 6, no. 1, pp. 134–139, 2021. [24] S. W. Iriananda, R. P. Putra, and K. S. Nugroho, “Analisis Sentimen Dan Analisis Data Eksploratif Ulasan Aplikasi Marketplace Google Playstore ,†The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), pp. 473–482, Dec. 2021. [25] D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,†Jurnal Sains Komputer dan Informatika (J-SAKTI), vol. 5, no. 2, pp. 697–711, Sep. 2021. [26] I. W. Saputro and B. W. Sari, “Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa,†Citec Journal, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, Jan. 2019. [27] Terence Shin, “What Does it Mean to Deploy A Machine Learning Model?,†Towards Data Science, Apr. 23, 2020. https://towardsdatascience.com/what-does-it-mean-to-deploy-a-machine-learning-model-dddb983ac416#:~:text=Deploying%20a%20machine%20learning%20model,input%20and%20return%20an%20output. (accessed May 21, 2023). [28] A. B. Prasetyo and T. G. Laksana, “Optimasi Algoritma K-Nearest Neighbors dengan Teknik Cross Validation Dengan Streamlit (Studi Data: Penyakit Diabetes),†Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 6, no. 2, pp. 194–204, Dec. 2022.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.