Sistem Informasi Evaluasi Kualitas Layanan Website Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Kano Model
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i1.2016.11-22Kata Kunci:
Pengembangan Aplikasi, Kualitas Layanan, Fuzzy Kano Model, Website Perguruan TinggiAbstrak
Intisari— Kualitas layanan website merupakan salah satu kunci keberhasilan dari sebuah website perguruan tinggi. Hal ini dapat diukur dari tingkat kualitas layanan website dan indeks kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan pengembangan aplikasi untuk evaluasi kualitas layanan website di perguruan tinggi untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Dimensi pertanyaan mengacu pada model Servqual. Alat analisis yang digunakan adalah Fuzzy Kano Model. Data dari jawaban responden analisis menggunakan Fuzzy Kano Model yaitu kategori : Must Be Requirements, One Dimensional Requirements, Attractive requirements. Sedangkan pendekatan fuzzy pada kuisioner dapat mengurangi tingkat kesubyektifan. Penelitian ini menghasilkan aplikasi kuesioner evaluasi berbasis web dinamis secara online dan menyajikan informasi kualitas layanan website dan indeks kepuasan pengguna berdasarkan dimensi Serqual pada website perguruan tinggi. Analisis Fuzzy Kano Model, dari 5 dimensi Servqual menghasilkan kepuasan pengguna terhadap masing-masing dimensi: Tangibles (0.3866), Reliability (0.3939), Responsiveness (0.3485), Assurance (0.4249) dan Empathy (0.4632). Hasil tersebut jika dibandingkan dengan kriteria tingkat kepuasan bahwa pengguna kurang puas terhadap layanan website www.polbeng.ac.id terutama pada dimensi Responsiveness yang mempunyai nilai ketidakpuasan paling rendahReferensi
Abdurahman, M. Muhidin, A.S. dan Somantri, A. 2011. Dasar-dasar Metode Statistika Untuk Penelitian, Pustaka Setia.
Chiew, K.T. dan Salim, S.S. 2003. WEBUSE: Website Usability Evaluation Tool. Malaysian Journal of Computer Science. 16 (1) : 47-57.
Islam, A. dan Tjusi, K. 2011. Evaluation of Usage of University Websites in Bangladesh. Journal of Library & Information Technology. 31 (6) : 469-479.
Kano, N. N. Seraku, F. Takahashi, dan S. Tsuji, 1984. Attractive Quality and Must-be Quality, Hinshitsu. The Journal of the Japanese Society for Quality Control, pp. 39-48.
Nielsen, J. 2012. Webiste Usability. http://www.nngroup.com/topic/webusability. Diakses tanggal 27 Januari 2013.
Pressman, S.R. 2005. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. International. Edition 2005. McGraw-Hill. New York-USA
Parasuraman, A. V. A. Zeithaml, dan Berry, L. L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing. 49 : 41-50.
Lopez, R. F. dan Jeronimo, J.R. 2012. Managing Logistics Customer Service Under Uncertainty : An Integrative Fuzzy Kano Framework. Journal Information Sciences. 202 : 41-57
Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Â
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
   Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
   Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Â
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.