Analisis Perbandingan Metode MOORA dan Metode WASPAS Dalam Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Utama Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v5i3.2019.130-137

Authors

  • Chandra Lukita Sistem Informasi, Universitas Catur Insan Cendekia
  • Chairun Nas Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon http://orcid.org/0000-0001-8428-5952
  • Wanda Ilham Teknik Infomatika, Universitas Catur Insan Cendekia

Keywords:

Kualitas Mata Pelajaran
WASPAS
MOORA

Abstract

Siswa dituntut untuk dapat memahami setiap materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Namun akibat keterbatasan guru dan murid, seringkali materi yang disampaikan tidak dapat dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak sekolah dalam menganalisa materi pelajaran yang perlu diperbaiki dan dikembangkan cara penyampainnya kepada siswa, sehingga siswa dapat memahami pelajaran tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data kriteria penilaian dan data alternatif  sebanyak 6 jenis mata pelajaran pada siswa kelas XII. Data akan diuji menggunakan metode Multi-Objective Optimization On The Basic Of Ratio Analysist (MOORA) dan metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Hasil pengujian dari kedua metode tersebut, dilakukan pembandingan untuk menentukan keputusan terbaik. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan hasil keputusan pada metode MOORA dengan 3 jenis mata pelajaran yang harus diperbaiki dan pada Metode WASPAS dengan 1 jenis mata pelajaran yang harus diperbaiki. Maka kedua metode ini dapat digunakan dalam menganalisa mata pelajaran yang perlu diperbaiki oleh pihak sekolah.

Author Biography

Chairun Nas, Universitas Catur Insan Cendekia Cirebon

D3 Manajemen Informatika
Read More

Submitted

2019-09-10

Accepted

2019-12-22

Published

2020-01-12

How to Cite

[1]
C. Lukita, C. Nas, and W. Ilham, “Analisis Perbandingan Metode MOORA dan Metode WASPAS Dalam Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Utama Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran”, TEKNOSI, vol. 5, no. 3, pp. 130–137, Jan. 2020.

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.