Efektifitas Electronic Word of Mouth (e-wom) melalui Media Sosial pada Ekowisata Bahari di Sumatera Barat
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i1.2017.101-108Kata Kunci:
Electronic Word of Mouth (e-wom), kepuasan destinasi, Pro-environmental behavioral intention, smartPLS 2.0 M3, first-order constructAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektifitas electronic word of mouth (e-wom) melalui media sosial dan kepuasan pengunjung pada destinasi wisata terhadap keinginan untuk peduli terhadap lingkungan (pro-environmental behavioral intention). Pro-environmental behavioral intention wisatawan yang dipengaruhi oleh e-wom dan kepuasan destinasi diidentifikasi dalam penelitian ini melalui teknik analisa kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan menetapkan kriteria responden yaitu wisatawan lokal dan nasional yang pernah mengunjungi destinasi wisata bahari di Sumatera Barat. 146 orang responden terkumpul sebagai sampel dalam penelitian ini. Kuisioner online melalui googledocs digunakan sebagai media untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan software smartPLS 2.0 M3 untuk menguji pengaruh antar variabel yang dianalisa pada level first-order construct. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pengunjung terhadap destinasi dan electronic word of mouth (e-wom) menjadi variabel determinan konstruk pro-environmental behavioral intention. Kepusan pengunjung telah menjadi anteseden munculnya perilaku berbagi informasi dari mulut ke mulut di media sosial melalui minat kesediaan pengunjung untuk menampilkan keindahan objek ekowisata bahari melalui gambar maupun teks.Kata kunci: Electronic Word of Mouth (e-wom), kepuasan destinasi, Pro-environmental behavioral intention, smartPLS 2.0 M3, first-order construct.ÂReferensi
Food and Agriculture Organization. (2012). The State of World Fisheries and Aquaculture. Dapat diakses di http://www.fao.org/docrep/016/i2727e/i2727e00.htm, diakses pada 15 Maret 2017
Kusumastanto, Tridoyo. (2014). Kebijakan Ekonomi dalam Pembangunan Negara Maritim. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Travel.detik.com. (2015). Wisata Bahari di Sumatera Barat, ini tempatnya. Dapat diakses pada http://travel.detik.com/read/2015/11/12/154100/3067560/1025/3/wisata-bahari-di-sumatera-barat-ini-tempatnya, (diakses pada 15 Maret 2016).
Infojakarta.net. (2014). Pulau Pasumpahan, Potensi Wisata Bahari di Sumatera Barat. Dapat di akses di http://infojakarta.net/pulau-pasumpahan-potensi-wisata-bahari-di-sumatera-barat/, (diakses pada 15 Maret 2016).
Weiss, M., Mattern, F., Graml, T., Staake, T., Fleisch, E. (2012). Evaluating Mobile Phones as Energy Consumption Feedback Devices, Mobile and Ubiquitous Systems: Computing, Networking, and Services, eds. P. Senac, M. Ott, A. Senevirante, Springer, Berlin; 63-77.
Marcus, A., Jean, J. (2009). Going Green at Home: The Green Machine. Information Design Journal, 17(3), 235-45.
Fogg, B., Eckles, D., eds. (2007) Mobile Persuasion: 20 Perspectives on the Future of Behavior Change, Stanford Captology Media, Standford.
Baksi, Arup. K. (2016). Destination Bonding: Hybrid Cognition Using Instaagram. Management Science Letters, 6: 31-46.
Ramkissoon, H., Smith, L. D. G. & Weiler, B. (2013). Testing the dimensionality of place attachment and its relationships with place satisfaction and pro-environmental behaviours: a structural equation modelling approach. Tourism management, 36, 552-566.
Raymond, C.M., Brown, G. & Weber, D. (2011). The measurement of place attachment: Personal, community and environmental connections. Journal of Environmental Psychology, 30, 422-434
Duan, W., Gu, B. & Whinston, A. (2008). Do Online Reviews Matter? An Empirical Investigation of Panel Data. Decision Support Systems, 45(4), 1007.
Dellarocas, C., Zhang, X. & Awad, N. (2007). Exploring the Value of Online Product Reviews in Forecasting Sales: The Case of Motion Pictures. Journal of Interactive Marketing, 21(4), 23.
Murphy, L., Mascardo, G., & Benckendorff, P. (2007). Exploring Word-of-mouth Influences on Travel Decisions: Friends and Relatives vs Other Travellers, 31, 517-527.
Kjeldskov, J., Skov, M. B., Paay, J., Pathmanathan, R. (2012). Using Mobile Phones to Support Sustainability: A Field Study of Residential Electricity Consumption, Proceedings of the 2012 ACM Annual Conference on Human Factors in Computing Systems (5-10 May 2012) eds. J. A. Konstan, E. H. Chi, K. Höök, ACM Press, Austin; 2347-2356.
Premono, B. T.,& Kunarso, A. (2008). Pengaruh Perilaku Pengunjung terhadap Jumlah Kunjungan di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 5(5), 423-433.
Kiper T. (2013). Role of ecotourism in sustainable development. [cited 2015 Jul 6]; INTECH Chapter 31. Dapat diakses di: http://dx.doi.org/10.5772/55749, diakses pada 08 Maret 2016.
Jing, Yang., & Fucai, Huang. (2011). Research on Management of Ecotourism Based on Economic Models,. Energy Procedia, 5, 1563-1567.
Lehman, P., & Geller, E. (2004). Behavior analysis and environmental protection. Accomplishments and potential for more. Behavior & Social Issues, 13, 13-32.
Sirgy, J. (2010). Toward a quality-of-life theory of leisure travel satisfaction. Journal of Travel Research, 49(2), 246-260.
Stedman, R. C. (2002). Toward a social psychology of place: Predicting behavior from placebased cognitions, attitudes, and identity. Environment and Behavior, 34, 561-581.
Yuksel, A., Yuksel, F. & Bilim, Y. (2010). Destination attachment: Effects on Customer satisfaction and cognitive, affective and conative loyalty. Tourism Management, 31(2), 274-84.
Hsu, Yi., & Tran, T. H. C. (2013). Social Relationship Factors Influence on EWOM Behaviors in Social Networking Sites: Empirical Study: Taiwan and Vietnam. International Journal of Business, Humanities and Technology, 3(3), 22-31.
Sotiriadis, M. D., & Cinà , V. Z. (2013). Electronic Word-of-Mouth and Online Reviews in Tourism Services: the Use of Twitter by Tourists. Electronic Commerce Research, 13:103–124, (DOI 10.1007/s10660-013-9108-1).
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic Word-of-Mouth Via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18, 38-52.
Daugherty, T., Matthew, S., Eastin, L. B (2008). Exploring Consumer Motivations for Creating User-Generated Content. Journal of Interactive Advertising, 8 (2), (http://www.jiad.org/article101), (diakses pada 10 Maret 2016).
Vaske, J., & Kobrin, K. (2001). Place Attachment and Environmentally Responsible Behavior. Journal of Environmental Education, 32(4), 16-21.
Prayag, G. & Ryan, C. (2012). Antecedents of tourists’ loyalty to Mauritius: The role and influence of destination image, place attachment, personal involvement and satisfaction. Journal of Travel Research, 51(3), 342-356.
Rolero, C., & De Picolli, N. (2010). Place attachment, identification and environment perception: An empirical study. Journal of Environmental Psychology, 30, 198-205.
Ramkissoon, H., Weiler, B. & Smith, L. D. G. (2012). Place attachment and pro-environmental behavior in national parks: the development of a conceptual framework. Journal of Sustainable Tourism, 20(2), 257-276.
Kelly, G., & Hosking, K. (2008). Nonpermanent residents, place attachment, and “sea change†communities. Environment and Behavior, 40(4), 575-594.
Bickart, B., & Schindler, R. M. (2001). Internet Forums as Influential Sources of Consumer Information. Journal of Interactive Marketing, 15 (3), 31-40.
Kiralova, A., & Pavliceka, A. 2015. Development of Social Media Strategies in Tourism Destination. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 175, 358-366.
Hair, J., Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2014). A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM). CA: Sage.
Criswell, J., & Canty, N. (2014). Deconstructing Social Media: An Analysis of Twitter and Facebook Use in the Publishing Industry. Publishing Research Quarterly, 30(4), 352-376.
Hanan, H. & Putit, N. (2014). Express marketing of tourism destination using Instagram in social media networking. Hospitality and Tourism: Synergizing Creativity and Innovation in Research, CRC Press, 471-474.
Weathon, M., Ardoin, N. M., Hunt, C., Schuh, J. S., Kresse, M., Menke, C., & Durham, W. (2015). Using web and mobile technology to motivate pro-environmental action after a nature-based tourism experience. Journal of Sustainable Tourism. Dapat diakses di http://dx.doi.org/10.1080/09669582.2015.1081600, diakses pada 10 Maret 2016.
Ghozali, Imam. (2008). Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, J., & Abdillah, W. (2009). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) Untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE.
Tumanan, M., & Lansangan, J. (2012). More than just a cuppa coffee: A multi-dimensional approach towards analysing the factors that define place attachment. International Journal of Hospitality Management, 31, 529-534.
Chu, S. C., & Kim, Y. (2011). Determinants of Consumer Engagement in Electronic Word-of-Mouth (EWOM) in Social Networking Sites. International Journal of Advertising, 30(1) , 47-75.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.