Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS

Penulis

  • Dwi Rosa Indah Laboratorium Struktur Data dan Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ilmu Komputer UNSRI
  • Nadya Nurfadillah Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v8i2.2022.89-97

Kata Kunci:

Metode End User Computing Satisfaction

Abstrak

Website PalTV merupakan media informasi dan promosi yang berguna untuk menunjang finansial dari PT. Sumeks Paltv. Namun karena kekurangan sumber daya manusia, website ini mengalami penghentian operasi konten yang mengakibatkan terjadi penurunan viewers. Maka dilakukannya evaluasi secara keseluruhan berdasarkan pengalaman pengguna, pentingnya evaluasi ini untuk mengembalikan eksistensi website PalTV sekaligus menambah pemasukan finansial perusahaan. Adapun metode yang cocok yang dipakai adalah metode End User Computing Satisfaction (EUCS), dimana metode ini dapat mengukur kepuasan pengguna dengan lima variabel yang meliputi content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. Penelitian ini juga menggunakan 220 responden yang pernah mengakses website PalTV dan berdomisili Palembang, dan disebarkan melalui google form. Adapun hasil jawaban dari responden menunjukan kategori tinggi dalam kepuasan pengguna meliputi variabel accuracy, dan untuk variabel content, format, ease of use dan timeliness berada di kategori kurang puas.

Biografi Penulis

Dwi Rosa Indah, Laboratorium Struktur Data dan Sistem Informasi Akuntansi Fakultas Ilmu Komputer UNSRI

Departemen Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya

Referensi

[1] D. Ar-rasyid, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website Beasiswa Universitas Brawijaya Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),†vol. 5, no. 6, pp. 2308–2317, 2021. [2] M. Fatima, Y. T. Mursityo, and N. H. Wardani, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Akhir Terhadap Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),†Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu K Omputer, Vol. 3, No. 7, Pp. 6464–6472, 2019. [3] Wahyuni And S. H. Pratiwi, “Student’s Statisfaction Towards Online Learning During The Covid-19 Pandemic Through End-User Computing Statisfaction (EUCS),†J. PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), Vol. 5, Pp. 391–402, 2021, [Online]. Available: tttps://pajar.ejournal.unri.ac.Id/Index.php/PJR/article/View/8165. [4] D. P. Rini, “End User Computing Satisfaction (EUCS ),†Vol. 13, No. 3, Pp. 189–207, 2019. [5] M. B. Suryawan And P. Prihandoko, “Evaluasi Penerapan SIAKAD Politeknik Negeri Madiun Menggunakan Pendekatan TAM Dan EUCS,†Creat. Inf. Technol. J., Vol. 4, No. 3, P. 233, 2018, Doi: 10.24076/Citec.2017v4i3.113. [6] A. S. Damayanti, Y. T. Mursityo, And A. D. Herlambang, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),†J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komputer., Vol. 2, No. 11, Pp. 4833–4839, 2018. [7] M. Anwar And M. Azisan, “Analisis Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Pencatatan Dan Penagihan Biaya Rekening Air Pelanggan Pdam Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS),†J. Teknol. Inf. Dan Pendidik., Vol. 12, No. 1, Pp. 19–24, 2019, Doi: 10.24036/Tip.V12i1.172. [8] Z. A. G. Subinarto And E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS ) Di Puskesmas Analysis Of User Satisfaction Level Of Primary Care Information System Using End User Computing Satisfaction ( EUCS ) Me,†Vol. 4, No. 1, Pp. 52–56, 2021. [9] N. L. Suryani, “Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia,†Vol. 2, No. 3, Pp. 419–435, 2019. [10] A. S. Damayanti, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer,†J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komputer., Vol. 2, No. 11, Pp. 4833–4839, 2018. [11] E. Yulianti, “Implementasi End User Computing Satisfaction ( EUCS) Method Pada Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Pembelajaran E …,†Pros. Appl. Innov. Eng. …, No. November, Pp. 18–19, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.ft.unsri.ac.Id/Index.php/Avoer/Article/View/881. [12] L. A. Putri, M. W. Santi, And R. A. Wijayanti, “J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan Evaluasi Pendaftaran Online Dengan Technology Acceptance J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan,†J-REMI J. Rekam Med. Dan Inf. Kesehat., Vol. 1, No. 3, Pp. 255–263, 2020. [13] H. I. Al Husna And S. Nafisah, “Analisis Elemen Kunci Website Berdasar Konsep Shedroff Pada Website Perpustakaan Universitas Islam Indonesia,†UNILIB J. Perpust., Vol. 10, No. 1, Pp. 1–10, 2019, Doi: 10.20885/Unilib.Vol10.Iss1.Art1. [14] S. T. Satyawati, “Student Satisfaction Towards The Use Of F-Learn Services In Online Learning,†J. Pendidik. Dan Pengajaran, Vol. 53, No. 3, P. 295, 2020, Doi: 10.23887/Jpp.V53i3.27849. [15] M. G. Faustina, T. Herawaty, And C. S. Barkah, “Pengaruh Web Design Terhadap Intensi Pembelian Produk Fesyen (Survei Pada Pengunjung Website Zalora Indonesia Di Kota Bandung),†Image J. Ris. Manaj., Vol. 8, No. 1, Pp. 9–20, 2019, Doi: 10.17509/Image.V8i1.23118. [16] J. Juliana, T. Noval, I. B. Hubner, And I. Bernarto, “Ease Of Use Dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia,†J. Ecodemica J. Ekon. Manajemen, Dan Bisnis, Vol. 4, No. 2, Pp. 217–229, 2020, Doi: 10.31294/Jeco.V4i2.6909. [17] M. Azwar, I. Surandari, And H. I. Djohar, “Evaluating The Library Website Of The Indonesian Ministry Of Education And Culture Through The End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model,†Libr. Philos. Pract., Vol. 2020, Pp. 1–19, 2020. [18] U. R. D. Ade Ria Nirmala, “Analisis Kualitas Data Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index,†2020.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-04

Cara Mengutip

Indah, D. R., & Nurfadillah, N. (2022). Evaluasi Kepuasan Pengguna Pada Website PalTV Dengan Metode EUCS. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 8(2), 89–97. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v8i2.2022.89-97

Terbitan

Bagian

Articles