Sistem Rekomendasi Tempat Kost di Sekitar Kampus ITHB Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Evasaria Magdalena Sipayung(1*), Cut Fiarni Fiarni(2), Sherly Sutopo(3)
(1) Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia
(2) Institut Teknologi Harapan Bangsa
(3) Institut Teknologi Harapan Bangsa
(*) Corresponding Author



Abstrak


Dalam memilih tempat kos terdapat beberapa kriteria yang harus diperhatikan, pada penelitian ini digunakan tujuh kriteria dalam memilih tempat kos, diantaranya adalah fasilitas kamar, ketersediaan listrik dan air, jarak tempat kos ke kampus, akses tempat kos ke jalan protokol, kebersihan tempat kos, aman dari banjir, dan reputasi tempat kos. Setiap orang tentunya memiliki perbedaan akan tingkat penilaian (preferensi) antara satu kriteria dan kriteria lainya dan setiap tempat kos pun memiliki harga dan fasilitas yang berbeda-beda. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang sulit untuk membandingkan kos yang satu dengan lainya. Pada sistem yang ada saat ini, rekomendasi yang diberikan hanya berupa list tempat kos berdasarkan pencocokan antara inputan dengan database saja dan tidak memperlihatkan urutan kos yang menjadi alternatif terbaik. Pada penelitian dilakukan penentuan preferensi terhadap kriteria untuk memilih tempat kos dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem rekomendasi tempat kos dilakukan dengan melakukan filter input harga tempat kos dan penilaian terhadap kriteria preferensi fasilitas utama, ketersediaan  listrik dan air, jarak tempat kos ke kampus, akses tempat kos ke jalan protokol, kebersihan tempat kos, lingkungan keadaan banjir dan reputasi yang telah ditentukan oleh user. Perhitungan bobot preferensi masing-masing kriteria terhadap alternatif tempat kos sehingga dihasilkan total nilai masing-masing alternatif kos. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, rekomendasi yang diberikan tergantung dari penilaian preferensi setiap kriteria. Hasil yang diberikan berupa rangking alternatif tertinggi ke rangking terendah sesuai dengan preferensi yang dipilih untuk mempermudah mahasiswa menentukan tempat kos yang sesuai dengan kebutuhannya.


Kata Kunci


Kriteria Tempat Kos, Analytical Hierarchy Process, Rangking


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] ITHB. 2019. Housing Referral. [Online] ithb.ac.id. Tersedia di http://ithb.ac.id/indekos/ [2019, Februari 28].

[2] Silvia Yolanda Sastanti, Charitas Fibriani. 2019. Analisis Tingkat Permukiman Kumuh Menggunakan Metode AHP Berbasis SIG pada Kota Magelang, Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, Vol. 05 No. 01 (2019).

[3] Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2001. Principles of Marketing. Jakarta: Erlangga.

[4] Haryadi, Wahyu. 2009. Faktor-faktor yang Menjadi Pertimbangan Perilaku Konsumen dalam Memilih Tempat Kos (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan Tahun 2006). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

[5] Saputro, Trio Hendhi. 2010. Pengaruh Pelayanan Dan Citra Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Hotel Ungaran Cantik Di Kabupaten Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

[6] Maulidah, Mustika Sari. 2011. Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Mahasiswa dalam Memilih Kos. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

[7] Nilakusmawati, Siti Hajar, Made Susilawati, D.P.E. 2012. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kos. Jurnal. Fakultas MIPA Universitas Udayana

[8] Erna Daniati. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kost di Sekitar Kampus UNP Kediri Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.

[9] Sugianto, Herik, Yulianti, Hengky Anra. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kost Khusus Mahasiswa dengan Metode AHP dan TOPSIS Berbasis Web (Studi Kasus : Kota Pontianak). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol. 1, No. 1, (2016).

[10] Putra Aditya Primanda , Edy Santoso, Tri Afirianto. 2018. Pemilihan Kost di Sekitar Universitas Brawijaya menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 2, No. 6, Juni 2018, hlm. 2094-2103.

[11] Pramudityo, Bastian. 2018. Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemiliahn Tempat Kost Menggunakan Google Map API dengan Metode Promethee. Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

[12] Saaty, T.L. 1994. Fundamental of Decision Making and Priority Theory with the Analytic Hierarchy Process. RWS Publications.

[13] N. Adi, Rational Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek, Informatika, 2005.

[14] S. Avi, Henry F. Korth, dan S. Sudarshan, Database System Concepts, 6th edition, McGraw-Hill Education, 2010.

[15] Y. Kustiyahningsih, D. Rosa, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP dan Mysql, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

[16] Mustaqbal, M.S.M., Firdaus, R.F.F., dan Rahmadi, H.R. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan (JITTER), 2015; 1(3):31-36.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 49 kali
PDF telah dilihat : 24 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.