Penerapan Metode Clustering Pada Penjualan Makanan Dan Minuman Dalam Menentukan Strategi Marketing

Penulis

  • Evasaria Magdalena Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia https://orcid.org/0000-0002-6427-4380
  • Eufrasia Paskasius Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v11i01.2025.48-56

Kata Kunci:

Clustering, Data Mining, Data Penjualan, K-Means, Basis Data, Strategi Marketing

Abstrak

Persaingan bisnis termasuk bisnis restoran semakin ketat dengan adanya perubahan cara berbisnis dari konvensional menjadi online (digital). Hal yang menjadi permasalahan ialah menu yang terjual tidak selalu sebanding dengan pengeluaran bahan baku yang dibeli restoran untuk membuat menu makanan dan minuman mereka. Oleh sebab itu, diperlukan strategi marketing yang sesuai untuk dapat diterapkan. Restoran yang dijadikan bahan penelitian adalah restoran “Ben’s Haus Bistro”. Atribut yang digunakan terdiri dari Item Name, Category Name, dan Item Sold. Pada penelitian ini akan menerapkan salah satu metode data mining, yaitu metode clustering menggunakan algoritma K-Means untuk menentukan strategi marketing.  Selain itu juga akan dilihat berapa tingkat akurasi yang didapatkan dari hasil proses clustering yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil tingkat akurasi dari proses clustering yang telah dilakukan, didapatkan nilai sebesar 0,6595. Sedangkan hasil penerapan metode clustering menggunakan algoritma K-Means untuk data penjualan secara keseluruhan menghasilkan 4 cluster, karena hasil perhitungan metode elbow untuk menentukan nilai K optimal mendapatkan hasil K=4. Cluster 1 memperoleh hasil sebanyak 6 item, Cluster 2 memperoleh hasil sebanyak 10 item, Cluster 3 memperoleh hasil sebanyak 43 item, dan Cluster 4 memperoleh hasil sebanyak 52 item. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode clustering menggunakan algoritma K-Means dapat diterapkan pada data penjualan makanan dan minuman untuk membantu dalam menentukan strategi marketing.

Biografi Penulis

Evasaria Magdalena, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Referensi

O. Nurdiawan and N. Salim, “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Barang Menggunakan Metode Metode Naive Bayes Classifier Untuk Optimasi Strategi Pemasaran,” J. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 84–95, 2018.

N. Agustina and Prihandoko, “Perbandingan Algoritma K-Means dengan Fuzzy C-Means Untuk Clustering Tingkat Kedisiplinan Kinerja Karyawan,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 621–626, 2018.

Z. Nabila, A. R. Isnain, Permata, and Z. Abidin, “Analisis Data Mining Untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 100–108, 2021.

L. A. W. S, “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus: PT. Sinar Jagad Indonesia),” JUISI, vol. 06, no. 01, pp. 11–22, 2020.

E. Elisa, “Market Basket Analysis Pada Mini Market Ayu Dengan Algoritma Apriori,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 472–478, 2018.

Gustientiedina, M. H. Adiya, and Y. Desnelita, “Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan Pada RSUD Pekanbaru,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 17–24, 2019.

D. Udariansyah and D. R. Ibrahim, “Klasifikasi Data Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Universitas Bina Darma Menggunakan Algoritma K-Means Clustering,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 2692–2701, 2022.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput., vol. 4, pp. 156–161, 2018.

J. T. Jabat and Murdani, “Penerapan Data Mining Pada Penjualan Produk Retail Menggunakan Metode Clustering,” J. Pelita Inform., vol. 8, no. 2, pp. 26–32, 2019.

Normah, S. Nurajizah, and A. Salbinda, “Penerapan Data Mining Metode K-Means Clustering Untuk Analisa Penjualan Pada Toko Fashion Hijab Banten,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. 7, no. 2, pp. 158–163, 2021.

S. Gantina, A. H. Nasyuha, and Suharsil, “Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Data Transaksi Penjualan Kosmetik di WN Kosmetik Dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering,” J. CyberTech, pp. 1–11, 2020.

S. Rizal and R. Q. Khotimah, “Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Yang Terdampak Covid-19 Menggunakan Algoritma K-Means,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 2781–2792, 2022.

I. Vhallah, Sumijan, and J. Santony, “Pengelompokan Mahasiswa Potensial Drop Out Menggunakan Metode Clustering K-Means,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 572–577, 2018.

Feryanto, F. T. Kesuma, and S. P. Tamba, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Penjualan Sparepart Toyota Dengan Metode K-Means Clustering,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima (JUSIKOM PRIMA), vol. 2, no. 2, pp. 67–72, 2019.

Sagaino, T. M. S. Mulyana, I. G. N. Suryantara, J. A. Ginting, and F. Adikara, “Pemetaan Kejadian Bencana Alam Di Jawa Barat Menggunakan Algoritma K-Means,” vol. 5, pp. 471–478, 2022.

Unduhan

Telah diserahkan

15-03-2025

Diterima

01-04-2025

Diterbitkan

30-04-2025

Cara Mengutip

[1]
Evasaria Magdalena dan E. Paskasius, “Penerapan Metode Clustering Pada Penjualan Makanan Dan Minuman Dalam Menentukan Strategi Marketing”, TEKNOSI, vol. 11, no. 01, hlm. 48–56, Apr 2025.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.