Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Samsat Digital Nasional Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier

Penulis

  • Ruby Chandraa Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia
  • Evasaria Magdalena Sipayung Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Kata Kunci:

analisis sentimen, confusion matrix, naïve bayes, samsat digital nasional

Abstrak

Samsat Digital Nasional (SIGNAL) merupakan aplikasi layanan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan berbasis mobile. Aplikasi ini membuat perubahan dimana masyarakat yang biasanya harus mendatangi kantor Samsat untuk mengurus pajak kendaraan motornya, sekarang dapat dilakukan dimana saja. Semenjak diluncurkannya aplikasi ini, mucul berbagai tanggapan berupa ulasan dari para pengguna SIGNAL. Ulasan-ulasan ini memiliki informasi yang sangat berguna bagi pihak pemilik aplikasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aplikasinya. Proses perolehan informasi untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan secara manual tentunya memakan waktu lama jika ada puluhan ribu ulasan yang harus dibaca satu persatu. Dengan analisis sentimen, proses tersebut dapat dipersingkat dimana sistem dapat secara otomatis memisahkan ulasan berdasarkan informasi yang terkandung didalamnya dengan cepat dan tepat. Penelitian ini menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier untuk melakukan klasifikasi terhadap ulasan menjadi 3 kelas yaitu sentimen positif, negatif, dan netral. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 1792 data ulasan yang diambil dari kolom ulasan aplikasi SIGNAL di Google Play Store, dimana 1433 data dialokasikan sebagai data latih dan 359 data dialokasikan sebagai data uji. Data teks selanjutnya terbentuk numerik dengan menggunakan pembobotan TF-IDF. Pengujian dilakukan dengan menggunakan confusion matrix untuk mengetahui accuracy, precision, dan recall sistem. Berdasarkan hasil pengujian dengan 359 data uji menggunakan confusion matrix didapatkan nilai accuracy dari sistem adalah 91.643% dengan nilai rata-rata precision sebesar 90.41%, dan nilai rata-rata recall sebesar 74.973%.

Biografi Penulis

Ruby Chandraa, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Evasaria Magdalena Sipayung, Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi dan Desain, Universitas Bunda Mulia

Referensi

GooglePlayStore, “SIGNAL – SAMSAT DIGITAL NASIONAL,†2021. https://play.google.com/store/apps/details?id=app.signal.id&hl=en&gl=US (accessed Mar. 20, 2022).

E. P. Nirwandani, Indriati, and R. C. Wihandika, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Pengguna Aplikasi Mandiri Online Menggunakan Metode Modified Term Frequency Scheme Dan Naïve Bayes,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 3. pp. 1039–1047, 2021.

A. Z. A. M. Bajabir, “Penerapan metode naive bayes untuk prediksi menentukan karyawan tetap pada pt. ysp industries indonesia,†SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI PELITA BANGSA, 2018.

M. Irfan, W. Uriawan, O. T. Kurahman, M. A. Ramdhani, and I. A. Dahlia, “Comparison of Naive Bayes and K-Nearest Neighbor methods to predict divorce issues,†IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 434, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/434/1/012047.

I. A. Mastan and Y. Toni, “Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Sentiment Analysis Of Chicken Culinary Place From Visitor Comments Uing Naive Bayes Classifier Method,†vol. 3, no. 1, pp. 42–50, 2020.

Y. Rachmanto, “Uji Akurasi Pengkategorian Otomatis Berita Berbahasa Indonesia Dengan Algoritma Multinomial Naive Bayes Classifier ( NBC ),†pp. 32–38, 2018.

A. Rahman and A. Doewes, “Online News Classification Using Multinomial Naive Bayes,†ITSMART J. Ilm. Teknol. dan Inf., vol. 6, no. 1, pp. 32–38, 2017.

J. F. Andry, H. Hartono, and A. Chakir, “Data Set Analysis Using Rapid Miner to Predict Cost Insurance Forecast with Data Mining Methods,†2022.

L. Hermawan and M. Bellaniar Ismiati, “Pembelajaran Text Preprocessing berbasis Simulator Untuk Mata Kuliah Information Retrieval,†J. Transform., vol. 17, no. 2, p. 188, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v17i2.1705.

A. P. Thenata, “Text Mining Literature Review on Indonesian Social Media,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 7, no. 2, p. 226, 2021, doi: 10.26418/jp.v7i2.47975.

Nofenky and D. B. Rarasati, “Recommendation for Classification of News Categories Using Support Vector Machine Algorithm with SVD,†Ultim. J. Tek. Inform., vol. 13, no. 2, pp. 72–80, 2021, doi: 10.31937/ti.v13i2.1854.

Wiyanto, W. Priatna, and J. S. Hidayat, “Implementasi Term Frequency – Inverse Document Frequency (TF-IDF) Dan Vector Space Model (VSM) Untuk Pencarian Berita Bahasa Indonesia,†Pelita Teknol. J. Ilm. Inform. Arsit. dan Lingkung., vol. 14, pp. 119–133, 2019.

S. Qaiser and R. Ali, “Text Mining: Use of TF-IDF to Examine the Relevance of Words to Documents,†Int. J. Comput. Appl., vol. 181, no. 1, pp. 25–29, 2018, doi: 10.5120/ijca2018917395.

Z. Karimi, “Confusion Matrix,†Confusion Matrix, no. October, pp. 260–260, 2021, doi: 10.1007/978-1-4899-7687-1_50.

A. Ridwan, “Penerapan Teknik Bagging Pada Algoritma Naive Bayes Dan Algoritma C4.5 Untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Kelas,†J. Bisnis Digit. dan Sist. Inf., vol. 1, pp. 63–70, 2020.

V. Armando, “Sistem Rekomendasi Pembelian Telepon Genggam dengan Metode Conntent-Based Filtering,†UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA, 2017.

Unduhan

Telah diserahkan

15-07-2024

Diterima

30-08-2024

Diterbitkan

31-12-2024

Cara Mengutip

[1]
R. Chandraa dan E. M. Sipayung, “Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Samsat Digital Nasional Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier”, TEKNOSI, vol. 10, no. 3, Des 2024.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

> >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.