Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i1.2024.1-8Kata Kunci:
Ecommerce, Usability, System Usability Scale, Shopee, TaobaoAbstrak
Pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiah menjadi fokus utama untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa prasekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diusulkan pembangunan "Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Multimedia Interaktif" sebagai solusi inovatif. Pemilihan teknologi aplikasi multimedia interaktif bertujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan efektif. Multiemdia Interaktif yang digunakan dalam aplikasi ini untuk memfasilitasi penilaian kemampuan Bahasa Arab anak-anak, memproses informasi dengan cepat, dan memberikan umpan balik yang relevan. Tantangan yang dihadapi mencakup keberlanjutan teknologi, pelatihan reguler bagi guru TK Aisyiah dalam penggunaan aplikasi multimedia, dan upaya memperkenalkan multimedia kepada para siswa. Solusi yang diusulkan melibatkan pembuatan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran Bahasa Arab yang mewadahi pembelajaran dasar Bahasa arab untuk anak, pelatihan berkala untuk meningkatkan literasi teknologi guru, dan penerapan aplikasi pembelajaran yang intensif. Proyek ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Arab. Efisiensi dan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di TK Aisyiah diharapkan dapat ditingkatkan secara signifikan.Referensi
[1] T. Nurseto and M. Pd, “MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK.†[2] C. H. M. Versteegh and Mushira. Eid, Encyclopedia of Arabic language and linguistics. Brill, 2009. [3] M. Syahroni, “Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh,†International Journal of Community Service Learning, vol. 4, no. 3, Sep. 2020, doi: 10.23887/ijcsl.v4i3.28847. [4] A. Athena, E. Laelasari, and T. Puspita, “PELAKSANAAN DISINFEKSI DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DAN POTENSI RISIKO TERHADAP KESEHATAN DI INDONESIA,†JURNAL EKOLOGI KESEHATAN, vol. 19, no. 1, pp. 1–20, Jun. 2020, doi: 10.22435/jek.v19i1.3146. [5] S. L. Schneider and M. L. Council, “Distance learning in the era of COVID-19,†Arch Dermatol Res, vol. 313, no. 5, pp. 389–390, Jul. 2021, doi: 10.1007/s00403-020-02088-9. [6] I. Islami Kartini, E. Eti Rohaeti, S. Fatimah, and P. Studi Bimbingan dan Konseling, “GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SAAT PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Arjasari yang sedang Belajar dari Rumah karena Pandemi Covid 19),†vol. 3, no. 4, 2020. [7] P. Menggunakan Metode, “PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA.†[8] Mimin Ninawati, F. C. A. Burhendi, and W. Wulandari, “Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9,†Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 7, no. 1, pp. 47–54, Mar. 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i1.830. [9] I. Gd Gunarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA,†JP2, vol. 1, no. 2, 2018. [10] I. Gd Gunarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA,†JP2, vol. 1, no. 2, 2018. [11] P. : Jurnal and P. Pendidikan, “Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Implementation Of I-Spring Multimedia With Powerpoint To Improve Learning Outcomes In Praying Learning For Islamic Religious Education Learning,†vol. 7, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi [12] N. Syavira, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd.†[13] I. A. Budiman, Y. D. Haryanti, and A. Azzahrah, “PENTINGNYA MEDIA APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.†[14] E. Jerika and D. E. Lestari, “The Use of Interactive PowerPoints to Increase Elementary School Student’s Learning Outcomes and Motivation in Mathematics during the Pandemic,†vol. 06, no. 02, pp. 1403–1418, 2022. [15] Rukimin and Koderi, “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.â€
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Â
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
   Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
   Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Â
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.