Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah

Penulis

  • Galih Ashari Rakhmat Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung https://orcid.org/0000-0002-2462-2555
  • Dewi Rosmala Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung https://orcid.org/0000-0001-9835-2634
  • Aulia Fathurohman Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Bayu Prastyo Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Dwiki Rahmat Fathi Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Hada Azka Rahardito Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Rayhan Alea Rafid Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i1.2024.1-8

Kata Kunci:

Ecommerce, Usability, System Usability Scale, Shopee, Taobao

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiah menjadi fokus utama untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa prasekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diusulkan pembangunan "Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Multimedia Interaktif" sebagai solusi inovatif. Pemilihan teknologi aplikasi multimedia interaktif bertujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan efektif. Multiemdia Interaktif yang digunakan dalam aplikasi ini untuk memfasilitasi penilaian kemampuan Bahasa Arab anak-anak, memproses informasi dengan cepat, dan memberikan umpan balik yang relevan. Tantangan yang dihadapi mencakup keberlanjutan teknologi, pelatihan reguler bagi guru TK Aisyiah dalam penggunaan aplikasi multimedia, dan upaya memperkenalkan multimedia kepada para siswa. Solusi yang diusulkan melibatkan pembuatan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran Bahasa Arab yang mewadahi pembelajaran dasar Bahasa arab untuk anak, pelatihan berkala untuk meningkatkan literasi teknologi guru, dan penerapan aplikasi pembelajaran yang intensif. Proyek ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Arab. Efisiensi dan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di TK Aisyiah diharapkan dapat ditingkatkan secara signifikan.

Referensi

[1] T. Nurseto and M. Pd, “MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG MENARIK.†[2] C. H. M. Versteegh and Mushira. Eid, Encyclopedia of Arabic language and linguistics. Brill, 2009. [3] M. Syahroni, “Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh,†International Journal of Community Service Learning, vol. 4, no. 3, Sep. 2020, doi: 10.23887/ijcsl.v4i3.28847. [4] A. Athena, E. Laelasari, and T. Puspita, “PELAKSANAAN DISINFEKSI DALAM PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DAN POTENSI RISIKO TERHADAP KESEHATAN DI INDONESIA,†JURNAL EKOLOGI KESEHATAN, vol. 19, no. 1, pp. 1–20, Jun. 2020, doi: 10.22435/jek.v19i1.3146. [5] S. L. Schneider and M. L. Council, “Distance learning in the era of COVID-19,†Arch Dermatol Res, vol. 313, no. 5, pp. 389–390, Jul. 2021, doi: 10.1007/s00403-020-02088-9. [6] I. Islami Kartini, E. Eti Rohaeti, S. Fatimah, and P. Studi Bimbingan dan Konseling, “GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SAAT PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 1 Arjasari yang sedang Belajar dari Rumah karena Pandemi Covid 19),†vol. 3, no. 4, 2020. [7] P. Menggunakan Metode, “PERENCANAAN PEMBUATAN MEDIA.†[8] Mimin Ninawati, F. C. A. Burhendi, and W. Wulandari, “Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9,†Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 7, no. 1, pp. 47–54, Mar. 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i1.830. [9] I. Gd Gunarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA,†JP2, vol. 1, no. 2, 2018. [10] I. Gd Gunarta Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA,†JP2, vol. 1, no. 2, 2018. [11] P. : Jurnal and P. Pendidikan, “Implementasi Multimedia I-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Implementation Of I-Spring Multimedia With Powerpoint To Improve Learning Outcomes In Praying Learning For Islamic Religious Education Learning,†vol. 7, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi [12] N. Syavira, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd.†[13] I. A. Budiman, Y. D. Haryanti, and A. Azzahrah, “PENTINGNYA MEDIA APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 9 PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.†[14] E. Jerika and D. E. Lestari, “The Use of Interactive PowerPoints to Increase Elementary School Student’s Learning Outcomes and Motivation in Mathematics during the Pandemic,†vol. 06, no. 02, pp. 1403–1418, 2022. [15] Rukimin and Koderi, “Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.â€

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Ashari Rakhmat, G., Rosmala, D., Fathurohman, A., Prastyo, B., Fathi, D. R., Rahardito, H. A., & Rafid, R. A. (2024). Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i1.2024.1-8

Terbitan

Bagian

Articles