Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i1.2024.1-8

Penulis

  • Galih Ashari Rakhmat Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung https://orcid.org/0000-0002-2462-2555
  • Dewi Rosmala Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung https://orcid.org/0000-0001-9835-2634
  • Aulia Fathurohman Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Bayu Prastyo Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Dwiki Rahmat Fathi Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Hada Azka Rahardito Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Rayhan Alea Rafid Jurusan Informatika Institut Teknologi Nasional Bandung

Kata Kunci:

Ecommerce
Usability
System Usability Scale
Shopee
Taobao

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiah menjadi fokus utama untuk meningkatkan efektivitas dan keterlibatan siswa prasekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diusulkan pembangunan "Sistem Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Multimedia Interaktif" sebagai solusi inovatif. Pemilihan teknologi aplikasi multimedia interaktif bertujuan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik dan efektif. Multiemdia Interaktif yang digunakan dalam aplikasi ini untuk memfasilitasi penilaian kemampuan Bahasa Arab anak-anak, memproses informasi dengan cepat, dan memberikan umpan balik yang relevan. Tantangan yang dihadapi mencakup keberlanjutan teknologi, pelatihan reguler bagi guru TK Aisyiah dalam penggunaan aplikasi multimedia, dan upaya memperkenalkan multimedia kepada para siswa. Solusi yang diusulkan melibatkan pembuatan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran Bahasa Arab yang mewadahi pembelajaran dasar Bahasa arab untuk anak, pelatihan berkala untuk meningkatkan literasi teknologi guru, dan penerapan aplikasi pembelajaran yang intensif. Proyek ini bertujuan untuk mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Arab. Efisiensi dan efektivitas pembelajaran Bahasa Arab di TK Aisyiah diharapkan dapat ditingkatkan secara signifikan.
Read More

Unduhan

Telah diserahkan

06-07-2023

Diterima

30-01-2024

Diterbitkan

01-05-2024

Cara Mengutip

[1]
G. Ashari Rakhmat, “Rancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif pada TK Aisyiah”, TEKNOSI, vol. 10, no. 1, hlm. 1–8, Mei 2024.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.