Penerapan K-Means Clustering Pada Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Untuk Mendukung Keputusan Strategi Pemasaran

Barron Mahardhika Al-Fahmi(1*), Endra Rahmawati(2), Tri Sagirani(3)
(1) Sistem Informasi, Universitas Dinamika
(2) Sistem Informasi, Universitas Dinamika
(3) Sistem Informasi, Universitas Dinamika
(*) Corresponding Author



Abstrak


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro merupakan lembaga pemerintahan yang berfokus pada pariwisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Pada dinas ini terdapat beberapa bidang dalam menjalankan pengelolaan pariwisata salah satunya bidang pariwisata yang mana bertujuan untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata di Kabupaten Bojonegoro. Bidang pariwisata dalam mencapai tujuannya, tentu harus memiliki strategi dalam meningkatkan kontribusi sektor wisatanya. Salah satu dari strategi tersebut adalah membuat strategi pemasaran. Pemasaran yang tengah dijalankan oleh Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro melalui pemanfaatan digital marketing serta melakukan direct marketing dengan memberi brosur pada masyarakat ketika mengunjungi obyek wisata atau event pariwisata. Bersumber dari wawancara yang dilakukan, didapatkan bahwa strategi tersebut terus menerus dilakukan karena belum adanya gambaran lebih jelas mengenai strategi yang efektif dan efisien. Pengukuran kegiatan marketing yang dijalankan saat ini dapat dilihat dari realisasi jumlah kunjungan yang mana tidak adanya kestabilan jumlah pengunjung dimana grafik menunjukan naik turun terutama pada tahun 2021 jumlah pengunjung turun drastis. Maka dari itu, untuk menentukan strategi pemasaran perlu  dilaksanakan pengelompokan tempat wisata sesuai dengan kondisi dari data yang ada. Pengelompokan wisata dilakukan menggunakan teknik Data Mining menerapkan algoritma K-Means. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan perhitungan menggunakan K-Means menghasilkan 3 cluster.Sehingga, dengan adanya pengelompokan tempat wisata sesuai dengan kondisi dari data yang ada dapat menentukan strategi pemasaran perlu dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.


Kata Kunci


Pariwisata; Data Mining; K-Means Clustering


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


P. Wiraloka dan M. D. Mukzam, “Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata (Studi Pada Pengembangan Objek Wisata Kayangan Api Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. XXXXXII, no. 1, pp. 206-213, 2017.

[2] A. V. P. Noveliadi, “Strategi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Kontribusi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bojonegoro,” Jurnal Untag, pp. 783-789, 2023.

[3] I. &. N. N. H. I. Rahmawati, “Analisis Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kopi Good Day Cappuccino,” Jurnal Inovasi Penelitian, 2021.

[4] Sukmayadi, “Kebijakan Penetapan Harga Pada PT. Atrindo Asia Global Bandung,” Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. X, no. 2, pp. 103-108, 2019.

[5] Jasri, N. Arfan, Hasanuddin dan H. A. Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah,” Iltizam Journal of Shariah Economic Research, vol. VI, no. 2, pp. 212-224, 2022.

[6] A. K. Wardhani dan A. N. Roma, “Analisis Strategi Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19,” Journal of Research in Business and Economics, vol. IV, no. 1, pp. 29-54, 2021.

[7] J. Suntoro, “Data Mining Algoritma dan Implementasi dengan Pemrograman PHP,” Elex Media Komputindo., 2019.

[8] A. K. Wahyudi, N. Azizah dan H. Saputro, “Data Mining Klasifikasi Kepribadian Siswa Smp Negeri 5 Jepara Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5,” Journal of Information System and Computer, vol. II, no. 2, pp. 8-13, 2022.

[9] Rosmini, A. Fadlil dan Sunardi, “Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah,” IT Journal Research and Development, vol. III, no. 1, pp. 22-31, 2018.

[10]L. Anggraini dan P. R. Arum, “Analisis Cluster Menggunakan Algoritma K-Means Pada Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2021,” Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, vol. V, pp. 636-646, 2022.

[11]A. P. P. Prasetyo, M. Irfansyah, K. Exaudi, T. W. Septia dan Rendyansyah, “Sistem Pemilah Sampah Organik Berbasis Raspberry Pi Menggunakan Klasifikasi CNN,” JURNAL SISFOTENIKA, vol. XIII, no. 1, pp. 76-90, 2023.

[12]E. Luthfi dan A. W. Wijayanto, “Analisis perbandingan metode hirearchical, k-means, dan k-medoids clustering dalam pengelompokkan indeks pembangunan manusia Indonesia,” INOVASI, vol. XVII, no. 4, pp. 761-773, 2021.

[13]Defrianto dan F. David, “Visualisasi Data Dalam Bentuk 3 Dimensi Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Python,” Seminar Nasional Peranan Iptek Menuju Industri Masa Depan (PIMIMD-5), pp. 1-6, 2019.

[14]F. Rismawati, S. Wahyuni dan J. Widodo, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember,” Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol. XIII, no. 2, pp. 68-72, 2018.

[15]H. Wijaya dan H. Sirine, “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap,” AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, vol. I, no. 3, pp. 175-191, 2016.

[16]S. A. Sani dan N. Aslami, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar,” MAMEN (Jurnal Manajemen), vol. I, no. 1, pp. 18-26, 2022.

[17]Napisah, “Analisa Stp (Segmentasi, Tertarget Dan Posisi) Pada Pengembangan Unit Usaha Mandiri Pesantren,” Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, vol. VIII, no. 1, pp. 23-30, 2022.

[18]B. Manggu dan S. Ben, “Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang,” Sebatik, vol. XXV, no. 1, pp. 27-34, 2021.

[19]Tumini, J. Hendra dan S. Ranjanis, “Pengaruh Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positiong) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo),” Ecobuss, vol. IX, no. 2, pp. 87-94, 2021.

[20]M. Nurhayaty, “Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7p Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis,” Jurnal Media Teknologi, vol. VII, no. 2, pp. 119-127, 2022.

[21]I. G. N. A. B. Putr, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada Ud. Kacang Sari Di Desa Tamblang,” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, vol. IX, no. 2, pp. 397-407, 2017.



Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 707 kali
PDF telah dilihat : 390 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.