Penerapan K-Means Clustering Pada Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Untuk Mendukung Keputusan Strategi Pemasaran
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i2.2023.141-149Kata Kunci:
Pariwisata, Data Mining, K-Means ClusteringAbstrak
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro merupakan lembaga pemerintahan yang berfokus pada pariwisata yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Pada dinas ini terdapat beberapa bidang dalam menjalankan pengelolaan pariwisata salah satunya bidang pariwisata yang mana bertujuan untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata di Kabupaten Bojonegoro. Bidang pariwisata dalam mencapai tujuannya, tentu harus memiliki strategi dalam meningkatkan kontribusi sektor wisatanya. Salah satu dari strategi tersebut adalah membuat strategi pemasaran. Pemasaran yang tengah dijalankan oleh Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro melalui pemanfaatan digital marketing serta melakukan direct marketing dengan memberi brosur pada masyarakat ketika mengunjungi obyek wisata atau event pariwisata. Bersumber dari wawancara yang dilakukan, didapatkan bahwa strategi tersebut terus menerus dilakukan karena belum adanya gambaran lebih jelas mengenai strategi yang efektif dan efisien. Pengukuran kegiatan marketing yang dijalankan saat ini dapat dilihat dari realisasi jumlah kunjungan yang mana tidak adanya kestabilan jumlah pengunjung dimana grafik menunjukan naik turun terutama pada tahun 2021 jumlah pengunjung turun drastis. Maka dari itu, untuk menentukan strategi pemasaran perlu  dilaksanakan pengelompokan tempat wisata sesuai dengan kondisi dari data yang ada. Pengelompokan wisata dilakukan menggunakan teknik Data Mining menerapkan algoritma K-Means. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dan perhitungan menggunakan K-Means menghasilkan 3 cluster.Sehingga, dengan adanya pengelompokan tempat wisata sesuai dengan kondisi dari data yang ada dapat menentukan strategi pemasaran perlu dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.Referensi
P. Wiraloka dan M. D. Mukzam, “Peran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata (Studi Pada Pengembangan Objek Wisata Kayangan Api Oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro),†Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. XXXXXII, no. 1, pp. 206-213, 2017. [2] A. V. P. Noveliadi, “Strategi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Kontribusi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Bojonegoro,†Jurnal Untag, pp. 783-789, 2023. [3] I. &. N. N. H. I. Rahmawati, “Analisis Experiential Marketing, Perceived Quality dan Advertising Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kopi Good Day Cappuccino,†Jurnal Inovasi Penelitian, 2021. [4] Sukmayadi, “Kebijakan Penetapan Harga Pada PT. Atrindo Asia Global Bandung,†Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. X, no. 2, pp. 103-108, 2019. [5] Jasri, N. Arfan, Hasanuddin dan H. A. Hasan, “Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah,†Iltizam Journal of Shariah Economic Research, vol. VI, no. 2, pp. 212-224, 2022. [6] A. K. Wardhani dan A. N. Roma, “Analisis Strategi Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19,†Journal of Research in Business and Economics, vol. IV, no. 1, pp. 29-54, 2021. [7] J. Suntoro, “Data Mining Algoritma dan Implementasi dengan Pemrograman PHP,†Elex Media Komputindo., 2019. [8] A. K. Wahyudi, N. Azizah dan H. Saputro, “Data Mining Klasifikasi Kepribadian Siswa Smp Negeri 5 Jepara Menggunakan Metode Decision Tree Algoritma C4.5,†Journal of Information System and Computer, vol. II, no. 2, pp. 8-13, 2022. [9] Rosmini, A. Fadlil dan Sunardi, “Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah,†IT Journal Research and Development, vol. III, no. 1, pp. 22-31, 2018. [10]L. Anggraini dan P. R. Arum, “Analisis Cluster Menggunakan Algoritma K-Means Pada Provinsi Sumatera Barat Berdasarkan Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2021,†Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, vol. V, pp. 636-646, 2022. [11]A. P. P. Prasetyo, M. Irfansyah, K. Exaudi, T. W. Septia dan Rendyansyah, “Sistem Pemilah Sampah Organik Berbasis Raspberry Pi Menggunakan Klasifikasi CNN,†JURNAL SISFOTENIKA, vol. XIII, no. 1, pp. 76-90, 2023. [12]E. Luthfi dan A. W. Wijayanto, “Analisis perbandingan metode hirearchical, k-means, dan k-medoids clustering dalam pengelompokkan indeks pembangunan manusia Indonesia,†INOVASI, vol. XVII, no. 4, pp. 761-773, 2021. [13]Defrianto dan F. David, “Visualisasi Data Dalam Bentuk 3 Dimensi Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Python,†Seminar Nasional Peranan Iptek Menuju Industri Masa Depan (PIMIMD-5), pp. 1-6, 2019. [14]F. Rismawati, S. Wahyuni dan J. Widodo, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Larissa Aesthetic Center Cabang Jember,†Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol. XIII, no. 2, pp. 68-72, 2018. [15]H. Wijaya dan H. Sirine, “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap,†AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, vol. I, no. 3, pp. 175-191, 2016. [16]S. A. Sani dan N. Aslami, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Dan Positioning) Pada Produk Kecantikan House Of Beauty Cabang Kota Pematangsiantar,†MAMEN (Jurnal Manajemen), vol. I, no. 1, pp. 18-26, 2022. [17]Napisah, “Analisa Stp (Segmentasi, Tertarget Dan Posisi) Pada Pengembangan Unit Usaha Mandiri Pesantren,†Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, vol. VIII, no. 1, pp. 23-30, 2022. [18]B. Manggu dan S. Ben, “Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang,†Sebatik, vol. XXV, no. 1, pp. 27-34, 2021. [19]Tumini, J. Hendra dan S. Ranjanis, “Pengaruh Strategi STP (Segmenting, Targeting, Positiong) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Sepeda Motor Matic di Kota Probolinggo),†Ecobuss, vol. IX, no. 2, pp. 87-94, 2021. [20]M. Nurhayaty, “Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7p Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis,†Jurnal Media Teknologi, vol. VII, no. 2, pp. 119-127, 2022. [21]I. G. N. A. B. Putr, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan Pada Ud. Kacang Sari Di Desa Tamblang,†Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, vol. IX, no. 2, pp. 397-407, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Â
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
   Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
   Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Â
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.