Analisis Daya Saing untuk Meningkatkan Kualitas Layanan terhadap Pelanggan dengan Pendekatan CRM di CV. BLITZSPOT
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i1.2017.61-72Keywords:
CRM, berlian porter, lrfm, pengelompokkan pelanggan, daya saingAbstract
CV. Blitzspot adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan layanan internet (internet service provider), yang berkantor pusat di Komplek Padasuka Indah Ruko Blok A-1, Cimahi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi pada data transaksi CV. Blitzspot, konsumen CV. Blitzspot yang melakukan transaksi tiap tahunnya selalu berkurang, hal ini dikarenakan konsumen sering membandingkan layanan-layanan yang ditawarkan oleh para pesaing CV. Blitzspot. Bila permasalahan tersebut belum teratasi, konsumen CV. Blitzspot akan menurun tiap tahunnya dan akan selalu berpindah ke pesaing CV. Blitzspot. Direktur Utama CV. Blitzspot ingin menganalisis daya saing untuk menentukan layanan-layanan yang akan diberikan kepada pelanggan CV. Blitzspot dan penentuan strategi untuk mempertahankan konsumen CV. Blitzspot. Metode Analisis daya saing yang digunakan adalah Model Analisis Berlian Porter dan Metode Pengelompokkan Pelanggan yang digunakan adalah Metode LRFM. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan yang telah dibuat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Direktur Utama dapat menganalisis daya saing CV. Blitzspot dengan menggunakan Berlian Porter untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan CV. Blitzspot.References
Jogiyanto,. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI, 2010.
Payne, Adrian, Handbook of CRM : Achieving Exellence in Customer Management, Burlington: Butterworth-Heinemann, 2005.
Budiardjo, Eko K. dan Prasetyo, Ari, “KESAMAAN ANTARA FRONT-CRM DENGAN DYNAMIC-CRM SEBAGAI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) FRAMEWORKâ€, SESINDO2008-ITS, 17(12)2008, 2008
Buttle, Francis, “Customer Relationship Management: Concepts and Technologies,†Elsevier: Butterworth-Heinemann, 2009.
S.Winer, Russell, “A Framework For Customer Relationship Management,†Jurnal California Management Review, volume 43, 89-105, 2001.
Greenberg, Paul, CRM at The Speed Of Light: Social CRM 2.0 Strategies, Tools, and Techniques for Engaging Your Customers, New York: McGraw Hill, 2010.
Sumihardjo, Tumar, Daya Saing Berbasis Potensi Daerah, Bandung: Fokusmedia, 2008.
Djafri, Novianty, MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH: (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi), Yogyakarta: Deepublish, 2016.
Suhartini dan Yuliawati, Evi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANALISIS DAYA SAING INDUSTRI BATIK BERBASIS DIAMOND PORTER MODELLING,†Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank, 2015.
Briyant, Derya, “Data Mining Using RFM Analysis, KnowledgeOriented Applications in Data Mining,†Prof. Kimito Funatsu (Ed.), 2011.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.