Usulan Customer Knowledge Management (CKM) Di Fitur Aplikasi Logistik di PT. X
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v7i1.2021.27-34Kata Kunci:
Customer Knowledge Management (CKM), Knowledge Management (KM)Abstrak
Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak kemudahan pada berbagai lini kegiatan bisnis. secara umum permasalahan yang dialami perusahaan adalah tinggi nya biaya logistik. Proses logistik yang hanya melakukan satu perjalanan dalam transportasi barang mengakibatkan biaya logistik yang tidak efisien. Aplikasi Logistik “Xâ€adalah solusi digital logistik terintegrasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. kondisi aplikasi X saat ini masih belum mampu mendukung pelayanan kepada pengguna secara optimal khususnya fitur transaksi pembayaran otomatis. Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut adalah usulan dilakukannya pengembangan fitur aplikasi logistik X untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model conceptual Customer Knowledge Management (CKM) berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). penelitian ini menghasilkan perbandingan fitur hasil pemetaan berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). Hasil perbandingan fitur yang telah dirumuskan dengan fitur yang tersedia pada aplikasi X tersebut kemudian menjadi acuan untuk menentukan usulan fitur-fitur yang disarankan kepada PT X untuk diterapkan pada aplikasi logistik X. Sehingga nantinya dapat memudahkan dalam pengembangan fitur-fitur aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna aplikasi logistik X.Referensi
[1] D. Nurhayati, “Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Global Dibidang Ekonomi,†pp. 33–48, 2020. [2] J. M. Müller and K. I. Voigt, “Industry 4.0 - Integration strategies for small and medium-sized enterprises,†in 26th International Association for Management of Technology Conference, IAMOT 2017, 2020. [3] J. S. Kim, S. K. Lee, D. H. Ko, J. Hyun, and H. S. Kim, “Performance evaluation of the automated fluorescent immunoassay system rotavirus assay in clinical samples,†Ann. Lab. Med., 2018, doi: 10.3343/alm.2019.39.1.50. [4] P. Zhao, Z. Ding, M. Wang, and R. Cao, “Behavior analysis for electronic commerce trading systems: A survey,†IEEE Access, vol. 7. 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2933247. [5] M. Bogataj and R. W. Grubbström, “Transportation delays in reverse logistics,†in International Journal of Production Economics, 2013, vol. 143, no. 2, doi: 10.1016/j.ijpe.2011.12.007. [6] I. Kurnia, D. W. Pamungkas, and P. Fithri, “Perbaikan Sistem Transportasi Dengan Simulasi Promodel Untuk Meningkatkan Ritasi Pengiriman Barang Di Pt. Xxx,†J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 20, no. 1, p. 102, 2020, doi: 10.36275/stsp.v20i1.231. [7] R. Martono, Manajemen logistik Terintegrasi, no. 1. 2015. [8] A. H. De Souza Miake, R. B. De Carvalho, M. De Rezende Pinto, and A. R. Graeml, “Customer knowledge management (CKM): Model proposal and evaluation in a large Brazilian higher education private group,†Brazilian Bus. Rev., vol. 15, no. 2, 2018, doi: 10.15728/bbr.2018.15.2.3. [9] P. Fidel, W. Schlesinger, and A. Cervera, “Collaborating to innovate: Effects on customer knowledge management and performance,†J. Bus. Res., vol. 68, no. 7, 2015, doi: 10.1016/j.jbusres.2015.01.026. [10] J. MejÃa Trejo, J. Sánchez Gutiérrez, and G. Maldonado Guzman, “The customer knowledge management and innovation,†Contaduria y Adm., vol. 61, no. 3, 2016, doi: 10.1016/j.cya.2015.11.011. [11] F. Castagna, P. Centobelli, R. Cerchione, E. Esposito, E. Oropallo, and R. Passaro, “Customer knowledge management in SMEs facing digital transformation,†Sustain., vol. 12, no. 9, 2020, doi: 10.3390/su12093899. [12] M. S. Zanjani, R. Rouzbehani, and H. Dabbagh, “Proposing a Conceptual Model of Customer Knowledge Management: A Study of CKM Tools in British Dotcoms,†Int. J. Soc. Behav. Educ. Econ. Bus. Ind. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 277–281, 2008, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=31847923&site=ehost-live. [13] A. Lacej and E. H. Kalaj, “The effect of consumer relationship management on satisfaction and loyalty: A focus on albanian tour operator business,†Mediterr. J. Soc. Sci., vol. 6, no. 2S1, 2015, doi: 10.5901/mjss.2015.v6n2s1p635. [14] P. Talón-Ballestero, L. González-Serrano, C. Soguero-Ruiz, S. Muñoz-Romero, and J. L. Rojo-Ãlvarez, “Using big data from Customer Relationship Management information systems to determine the client profile in the hotel sector,†Tour. Manag., vol. 68, 2018, doi: 10.1016/j.tourman.2018.03.017. [15] B. Aghamirian, B. Dorri, and B. Aghamirian, “Customer knowledge management application in gaining organization’s competitive advantage in electronic commerce,†J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., vol. 10, no. 1, 2015, doi: 10.4067/S0718-18762015000100006. [16] S. Wahyu, S. Wijaya, E. Utami, and M. R. Arief, “Analisis Fitur E-Commerce Berdasarkan Conceptual Model Of Customer Knowledge Management (CKM),†E-Commerce, vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.