Implementasi Load Balancing Web Server menggunakan Haproxy dan Sinkronisasi File pada Sistem Informasi Akademik Universitas Siliwangi

Alam Rahmatulloh(1*), Firmansyah MSN(2)
(1) Teknik Informatika - Universitas Siliwangi
(2) Teknik Informatika - Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author



Abstrak


Saat ini Universitas Siliwangi memiliki populasi pengguna Sistem Informasi Akademik sebesar 12829 orang yang terdiri dari mahasiswa, karyawan dan dosen. Dengan arsitektur server tunggal saat ini, sering terjadi overload jika banyak request user secara bersamaan seperti pada kegiatan pengisian kartu rencana studi mahasiswa. Hal ini menimbulkan kondisi server down karena matinya aplikasi web server dan database server sehingga banyak user yang tidak dapat dilayani dengan kondisi server tunggal. Arsitektur multi server dengan memanfaatkan load balancing web server merupakan salah satu solusi yang dianggap efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan tersebut. Konsep load balancing web server dengan high availability memungkinkan proses request pada Sistem Informasi Akademik dibagi secara merata ke beberapa server. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu load balancing dapat bekerja dengan baik ketika request datang dari client telah berhasil didistribusikan balancer secara merata kepada setiap node cluster. Sehingga server tidak mengalami overload dan kemampuan web server bisa melayani 10.000 request dengan tidak mengalami error request. Selain itu, penerapan sinkronisasi file bekerja dengan baik dimana file yang diupload pada node 1 akan disinkron ke setiap node 2 dan node 3 pada cluster, begitu juga sebaliknya karena sinkronisasi file ini bersifat dua arah.

Kata Kunci


load balancing, web server


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


G. H. Megan., Design and Implementation of Server Virtualization in Thiess Contractors Indonesia, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2010.

[Online]. Available: www.httpd.apache.org.

A. B. M. Moniruzzaman, M. Waliullah dan M. S. Rahman, “A High Availability Clusters Model Combined with Load Balancing and Shared Storage Technologies for Web Servers,” dalam International Journal of Grid Distribution Computing, 2015.

K. Kaur dan A. K. Rai, “A Comparative Analysis: Grid, Cluster and Cloud Computing,” dalam International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering, 2014.

M. Rosalia, R. Munadi dan R. Mayasari, “IMPLEMENTASI HIGH AVAILABILITY SERVER MENGGUNAKAN METODE LOAD BALANCING DAN FAILOVER PADA VIRTUAL WEB SERVER CLUSTER,” dalam e-Proceeding of Engineering, 2016.

Sirajuddin, A. Affandi dan E. Setijadi, “Rancang Bangun Server Learning Management System Menggunakan Load Balancer dan Reverse Proxy,” JURNAL TEKNIK ITS, pp. 50-52, 2012.

I. Sofana, Membangun Jaringan Komputer, Bandung: Informatika, 2008.

Apache, “Apache,” [Online]. Available: www.httpd.apache.org/docs/2.2/misc/perf-tuning.html. [Diakses 5 March 2017].

S. Eludiora, O. Abiona, G. Aderounmu, A. Oluwatope, C. Onime dan L. Kehinde, “A Load Balancing Policy for Distributed Web Service,” dalam International Journal of Sciences, Vol. 3 No. 8, Hal. 645-654., 2010.

H. Kameda, J. Li, C. Kim dan Y. Zhang, “Optimal Load Balancing in Distributed Computer Systems,” Springer, 2012.

HaProxy, “HaProxy,” [Online]. Available: https://haproxy.org/#docs/. [Diakses 20 March 2017].

R. Froom, B. Sivasubramanian dan E. Frahim, “Implementing Cisco IP Switched Networks (SWITCH) Foundation Learning Guide: Foundation learning for SWITCH 642-813,” Cisco Press, 2010.

cisco, “ciscozine.com,” 29 January 2009. [Online]. Available: http://www.ciscozine.com/the-ppdioo-network-lifecycle/. [Diakses 30 March 2017].

C. Networking, “Cisco Networking,” [Online]. Available: http://www.dummies.com/programming/networking/cisco/cisco-networking-design-and-layout-methodology-overview. [Diakses 20 March 2017].


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 7150 kali
PDF telah dilihat : 7090 kali

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.