Pemetaan Perubahan Kondisi Jalan Kota di Kecamatan Sekupang pada Tahun 2017 dan Tahun 2021

Penulis

  • Tita Damayanti Teknik Geomatika, Politeknik Negeri Batam
  • Farouki Dinda Rassarandi Teknik Geomatika, Politeknik Negeri Batam

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.1-11

Kata Kunci:

Kondisi jalan, Overlay, Query, Pemetaan.

Abstrak

Setiap tahun Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam melakukan survey kondisi jalan pada Kecamatan Sekupang guna mengetahui kerusakan jalan yang terjadi di Kawasan tersebut. Perubahan kondisi jalan ini umumnya dilakukan tinjauan setiap lima tahun sekali untuk selanjutnya dapat diestimasi dana untuk melakukan perbaikan jalan tersebut. Belum adanya peta perubahan jalan sebagai media untuk melihat perkembangan jalan membuat kegiatan perbaikan terkendala. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian Pemetaan Perubahan Kondisi Jalan Kota di Kecamatan Sekupang Pada Tahun 2017 dan 2021. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu overlay (intersect) dan query (select by attribute), dimana kegiatan overlay yang dilakukan yaitu menggabungkan data peta tahun 2017 dan tahun 2021 sehingga mendapatkan data baru hasil overlay, yang kemudian dicari data kondisi jalan yang berubah menggunakan query select by attribute. Dari analisis tersebut didapatkan sebuah peta yang berisi tiga informasi kondisi jalan, yaitu: kondisi jalan yang tidak mengalami perubahan yaitu sebanyak 74.31%, kondisi jalan yang lebih baik sebanyak 10.91%, dan kondisi jalan yang lebih buruk sebanyak 14.78%.

Referensi

[1] Haslinda, “Prioritas Penanganan Ruas Jalan Nasional di Pulau Sumba dengan Metode Analytical Hierarchy Proses ( AHP ),†vol. 01, no. 02, p. 11, 2021. [2] H. Yunardhi, “Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci Dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus : Ruas Jalan D.I. Panjaitan),†J. Teknol. Sipil, vol. 2, no. 2, p. 10, 2018. [3] A. R. Febriana and R. D. Nasihien, “Penentuan Jenis Kerusakan Jalan Dengan Metode Visual Dan Iri (Studi Kasus:Jalan Raya Trosobo Km 22 – 36, Kecamatan Taman),†Narotama J. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, p. 12, 2018, doi: 10.31090/njts.v2i2.705. [4] D. A. Azhar, “Analisis Hubungan Pavement Condition Index ( Pci ) Dan Surface Distress Index ( Sdi ) Dengan International Roughness Index ( Iri ) ( Studi Kasus Jalan Nasional Akses Terminal Alang – Alang,†no. November, pp. 1–3, 2019. [5] D. apriyadi Widodo, “Evaluasi Kondisi Perkerasan Dan Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index, Bina Marga Dan Metode Mekanistik-Empirik Dengan Program Kenpave (Studi kasus Ruas Jalan Magelang – Yogyakarta Sta 11±000 – Sta 12±000),†Tek. Islam Indones., vol. 3, no. 2, p. 159, 2018. [6] G. E. Fitriyadi, K. Erwan, and E. T. Mukti, “Analisis Kerusakan Permukaan Jalan Batas Kota Pontianak – Sungai Kakap Berdasarkan Metode Surface Distress Index ( Sdi ),†pp. 1–10, 2021. [7] Irianto and R. Rochmawati, “Studi Penilaian Kondisi Kerusakan Jalan Dengan Metode Nilai International Roughness Index (IRI) Dan Surface Distress Index (SDI)(Studi Kasus Jalan Alternatif Waena _ Entrop),†Dintek, vol. 13, no. 02, pp. 7–15, 2020. [8] H. N. Lengkong, A. A. E. Sinsuw, and A. S. . Lumenta, “Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Yang Terintegrasi Pada Google Maps,†E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 2015, no. 2015, pp. 18–25, 2015. [9] U. F. Kurniawati et al., “Pengolahan Data Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Sukolilo,†Sewagati, vol. 4, no. 3, p. 190, 2020, doi: 10.12962/j26139960.v4i3.8048. [10] M. Ihsan and S. Ramadhani, “Sistem informasi pemetaan pembangunan kabupaten indragiri hilir,†J. Intra-Tech, vol. 5, no. 1, pp. 21–31, 2021. [11] D. Umagapi and A. Ambarita, “Sistem Informasi Geografis Wisata Bahari pada Dinas Pariwisata Kota Ternate,†J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 59–69, 2018, doi: 10.47324/ilkominfo.v1i2.8. [12] A. Ikhsan, M. Najib, F. Ulum, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 71–79, 2020. [13] D. Indraswati, N. Hanivah, mutia januar Ramadani, and Y. Priyana, “Analisis Aplikasi ArcGIS 10.3 untuk Pembuatan Daerah Aliran Sungai dan Penggunaan Lahan di DAS SAMAJID Kabupaten Sampang, Madura,†Pros. Semin. Nas. Geogr. UMS IX 2018, pp. 478–489, 2018. [14] N. Istifadah, “Analisis Kerawanan Bencana Tanah Longsor Berbantuan GIS Menggunakan Peta Overlay di Kabupaten Bondowoso,†J. Appl. Informatics Comput., no. 2, pp. 1–13, 2019. [15] Rofizar, Y. V. Jaya, and H. Irawan, “Aplikasi SIG untuk pemetaan kesesuaian kawasan budididaya ikan kerapu menggunakan keramba di perairan laut Desa Genting Pulur Kabupaten Kepulauan Anambas,†Intek Akuakultur, vol. 1, no. 1, pp. 37–50, 2017. [16] S. Sutarto, A. Novianto, and A. Prasetyo, “Pembuatan Basis Data Sistem Informasi Geografis (SIP) Untuk Mendukung Perencanaan Survei Dan Pemetaan,†J. HIDROPILAR, vol. 3, no. 2, pp. 65–68, 2017, doi: 10.37875/hidropilar.v3i2.58.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Damayanti, T., & Rassarandi, F. D. (2023). Pemetaan Perubahan Kondisi Jalan Kota di Kecamatan Sekupang pada Tahun 2017 dan Tahun 2021. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v9i1.2023.1-11

Terbitan

Bagian

Articles