Pembangunan Sistem Informasi Geografis Penyebaran Lokasi Usaha Florist Berbasis Web di Kota Padang

Rafel Dinur(1*), Haris Suryamen(2), Fajril Akbar(3)
(1) Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas
(2) Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas
(3) Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Usaha florist merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa yang menawarkan jasa pemesanan berbagai macam produk barang karangan bunga seperti papan karangan bunga, bunga krans dan lain-lain. Dari segi pendaftaran pemesanan, masyarakat/calon pemesan masih melakukan pencarian dengan cara mencari terlebih dahulu informasi, yaitu dengan mengunjungi langsung ke usaha florist yang dituju, sehingga hal tersebut membutuhkan waktu yang lama. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang muncul tersebut adalah dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis Web GIS (Web Geographic Information System). Pengembangan yang dilakukan pada pembangunan aplikasi Sistem Informasi Geografis penyebaran lokasi usaha florist serta fitur pendaftaran_pemesanan berbasis web di Kota Padang menggunakan metode pengembangan sistem model Waterfall. Tahapan metode waterfall meliputi analysis, design, coding, dan testing. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, JSON, dan SQL. Basis data yang digunakan untuk menyimpan data adalah PostgreSQL dengan ekstensi PostGIS. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan metode blackbox testing yang dilakukan oleh 6 orang penguji. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan pada semua fungsional yang ada pada aplikasi ini diperoleh hasil bahwa 31 fungsional tersebut telah berjalan sesuai dengan yang dirancang.


Kata Kunci


Usaha Florist, Pendaftaran Pemesanan, PostgreSQL, PostGIS, webgis, waterfall


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] B. Setyono, "Prospek Pengembangan Agribisnis Bunga Potong Krisan Di Kecamatan Samigaluh Kulonprogo Di Kecamatan Samigaluh Kulonprogo," Agros, p. 2, 2016.

[2] V. H. Novianthi, "Analisis Strategi Pemasaran pada WId Florist Bogor," scientific Repository IPB, 2011.

[3] T. Lisetia, "Perancangan Program Penjualan Bunga Berbasis Web," Jurnal ABDIMAS BSI, 2016.

[4] D. K. d. U. K. P. DISKOPUKM, Interviewee, Daftar Usaha Florist di Kota Padang. [Interview]. Agustus 2019.

[5] E. Irwansyah, Sistem Informasi Geografis : Prinsip Dasar Dan Pengembangan Aplikasi, Yogyakarta: Digibooks, 2013.

[6] Masykur, "Implementasi Sistem Informasi Geografis Menggunakan Google Maps API dalam Pemetaan Asal Mahasiswa," SIMETRIS, p. 2, 2014.

[7] I. G. W. Y. Lesmana, I. K. A. Purnawan and I. M. Sukarsa, "Aplikasi Sistem Informasi Geografis Tempat Usaha di Wilayah Denpasar Berbasis Mobile Android," MERPATI VOL. 2 , p. 3, 2014.

[8] Z. R. Maharoesman, D. Suwardhi and A. Indrajaya, "Pembangunan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Kegiatan Ekskavasi Situs Warisan Budaya Indonesia (Studi Kasus: Komplek Candi Batujaya)," Jurnal Konservasi Cagar Budaya Borobudur, 7(2), vol. 7(2), pp. 35-43, 2013.

[9] Hartadi, Yudhi, Haris Suryamen, and Fajril Akbar. "Perancangan Sistem Informasi Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kota Padang." Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi 2, no. 1 (2016): 35-44.


[10] H. Setiady and Yulistia, "Sistem Informasi Pemesanan Dan Penjualan Berbasis Web Pada Dewi Florist," 2013.

[11] A. Agustian, S. Rahayu and L. Nurlani, "Aplikasi E-Futsal dengan Metode Mobile-GIS dan GPS Berbasis Android," Jurnal Teknologi Rekayasa, vol. III, pp. 115-128, Juni 2018.

[12] W. Y. P. Taroreh, "Sistem Informasi Penjualan Bunga Berbasis Web," vol. 4, p. 3, 2014.

[13] Y. Nuryamin and S. Dewi S, "Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Buket Bunga Kain Flanel Florist Menggunakan Metode Waterfall," Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. V, pp. 449-453, Oktober 2018.

[14] T. Antonio, N. Widyastuti and C. Iswahyudi, "Perancangan dan Pengembangan Sistem Infomasi pada Toko Bunga Amai," Jurnal SCRIPT, vol. II, Desember 2014.

[15] S. Nidhra and J. Dondeti, "Black box and white box testing techniques-a literature review," International Journal of Embedded Systems and Applications (IJESA), vol. 2, no. 2, pp. 29-50, 2012.


[16] R. Anggrainingsih, S. P. Yohanes and U. Salamah, "Analisis Dan Verifikasi Workflow Menggunakan Petri (Studi kasus; Proses Bisnis di Universitas Sebelas Maret)," 2014.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 904 kali
PDF telah dilihat : 575 kali

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.