Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) berbasis Website
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v7i3.2021.138-146Kata Kunci:
Monitoring, Autism Spectrum Disorder, WaterfallAbstrak
Model pendidikan anak autisme terbagi menjadi dua, layanan pendidikan awal yang terdiri dari program terapi intervensi dan program terapi penunjang dan layanan pendidikan lanjutan yang terdiri dari kelas transisi dan program pendidikan inklusi. Dari hasil survey yang didapat, orang tua mengalami kesulitan memahami perkembangan anak autisme secara terperinci dan signifikan. Pengajar juga mengalami kesulitan dalam memonitoring kegiatan bina diri anak autisme di rumah bersama orang tua dikarenakan anak autisme masih memerlukan perhatian khusus dari kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi berbasis website guna mendukung proses monitoring perkembangan anak-anak penyandang ASD. Model waterfall digunakan pada penelitian ini untuk membantu dalam mengembangkan aplikasi. Dimulai dari analisis kebutuhan, desain dan perancangan, implementasi program hingga pengujian. Berdasarkan hasil uji materi dan bahan ajar, aplikasi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 80.79% yang menandakan bahwa aplikasi layak untuk dikembangkan dan diimplementasikan.Referensi
[1] L. Milyawati and D. Hastuti, “Dukungan Keluarga, Pengetahuan, dan Persepsi Ibu serta Hubungannya dengan Strategi Koping Ibu pada Anak dengan Gangguan Autism Spectrum Disorder (ASD),†J. Ilmu Kel. dan Konsum., vol. 2, no. 2, pp. 137–142, 2009. [2] K. P. P. dan P. A. RI, “Hari Peduli Autisme Sedunia: Kenali Gejalanya, Pahami Keadaannya,†Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1682/hari-peduli-autisme-sedunia-kenali-gejalanya-pahami-keadaannya. [3] the assistance of the European Union, “Sustainable Development Goals,†2017. [Online]. Available: https://www.sdg2030indonesia.org/. [4] K. Huda and Maslihah, “Aplikasi monitoring perkembangan level terapi untuk anak gangguan autis usia dini 1,2,†Melek IT Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2016. [5] S. TATANG SUPRIYATNA, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Abdi Pratama,†J. Teknol. Inf. Vol. 5, No. 2, Desember 2017, vol. 9, no. 3, pp. 304–312, 2017. [6] E. B. Afif Bimantara, Mohammad Suyanto, “Implementasi Aplikasi Game Autisme ‘Ahada’ Di Slb Bina Anggita Yogyakarta,†J. Ilm. DASI Vol., vol. 16, no. 02, pp. 1–11, 2015. [7] R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th Edition. New York : McGraw-Hill., 7th ed. New Yorl: McGraw Hill, 2010. [8] I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011. [9] O. M. Group, “UML: Unified Modeling Language,†OMG Unified Modeling Language (UML), no. Version 1.5.1. 2017. [10] R. Yunis, K. Surendro, and K. Telaumbanua, “Arsitektur Bisnis: Pemodelan Proses Bisnis dengan Object Oriented,†in Seminar Nasional Informatika (SemnasIF), 2010, pp. 167–173. [11] N. D. Khoeriah, “Individualized Educational Program ,†Incl. J. Spec. Educ., vol. III, no. 01, pp. 41–49, 2017. [12] W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,†STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018. [13] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2006.
Unduhan
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.