Pembangunan Game Memory Training terhadap Peningkatan Short Term Memory (STM) pada Anak SMP Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: SMP Dharma Loka Pekanbaru)
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v4i2.2018.61-72Keywords:
Game Memory Training, Short Term Memory, Speech RecognitionAbstract
Fase remaja awal merupakan fase dimana manusia telah menginjak usia 12 sampai dengan 15 tahun dan telah duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Saat seseorang telah memasuki fase ini, maka akan terjadi ketidakstabilan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik, keinginan untuk bereksplorasi, dan timbul perasaan tidak ingin diatur oleh orang lain. Jika hal tersebut tidak dapat diatasi dengan baik, maka dapat menimbulkan penurunan sistem atau fungsi kerja pada otak manusia, hal ini dapat ditandai dengan penurunan Short Term Memory (STM) yang berhubungan dengan sistem kerja saraf sensorik, membuat para siswa lebih sukar untuk mengingat materi yang disampaikan oleh bapak/ibu guru di sekolah, kemampuan untuk mengingat materi pelajaran, dan isi percakapan yang belum lama dibicarakan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka resiko para siswa terkena masalah kepikunan semakin besar yang dampaknya akan dirasakan dihari tua siswa tersebut secara perlahan-lahan karena otak tidak aktif bekerja dan diberi latihan untuk pembaruan memori. Pembangunan Game Memory Training ini menggunakan speech recognition yang telah diuji pada peserta didik SMP Dharma Loka Pekanbaru. Game Memory Training yang dibangun dapat membantu meningkatkan kemampuan Short Term Memory siswa sebesar 93,9% untuk Memory Test yang mengacu pada form IST dan 69,7% untuk Concentration Test yang mengacu pada form Wechsler.References
Atkinson, R., & Shiffrin, R. (1998). Jenis-Jenis Memori Manusia. Dipetik 11 Juni 2017, dari Kompasiana Website: http://www.kompasiana.com/ali_91/apa-itu-memori-manusia_54f94aaba33311ba078b49f2 Form Wechsler. (2016). Sekilas Mengenai WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale). Dipetik 12 Juni 2017, dari Psikologi Mania Website: http://www.psikoma.com/sekilas-mengenai-wais-wechsler-adult-intelligence-scale/ Jones, A. (2010). Music and the cognitive process – student perceptions. Polyglossia. 19. 143-150. Kartono. (1990). Batasan Usia Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/batasan-usia-remaja/ Kuswardayan, I., Ericksoon, H. A., & Suciati, E. N. (2016). Rancang bangun game berhitung spaceship dengan pengendali suara menggunakan speech recognition plugin pada unity. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kartono. (1990). Batasan Usia Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/batasan-usia-remaja/ Miller, G.A. (1956). The Magical Number Seven, Plus or Minus Two Some Limits on Our Capacity for Processing Information. 63 (2), pp. 81-97. Permadi, T. (2008). Pemanfaatan microsoft speech application programming interface pada pembuatan aplikasi perintah suara. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Pope, Kelsey. (2017). The effects of jazz and classical music on recall. Journal of Health Education Reseach & Development. 5(2). 1-3. Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Psikologi Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/perkembangan-psikologis-remaja/ Safaat H., N. (2011). Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika. Sasmita, N. O. (2010). Pengujian validitas konstruk dari Intelligenz Structure Test (IST) yang telah direvisi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Trisnadoli, A. (2015). Analisis kebutuhan kualitas perangkat lunak pada software game berbasis mobile. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau. Dipetik 11 Juni 2017 Website: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/20
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.