Kajian Implementasi Graph Database pada Rute Bus Rapid Transit
DOI:
https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i3.2017.313-319Keywords:
Bus Rapid Transit, Graph Database, AlgoritmaAbstract
Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu sarana transportasi publik yang memiliki rute perjalanan tertentu atau disebut sebagai koridor. Satu koridor BRT dengan koridor yang lain bukanlah koridor yang terpisah, melainkan saling terhubung. Dalam melakukan perjalanan, penumpang BRT boleh jadi melakukan perpindahan koridor melalui shelter. Informasi tersebut perlu didapatkan seorang calon penumpang sebelum melakukan perjalanan supaya tidak terjadi perpindahan koridor yang salah. Teknologi informasi memungkinkan representasi informasi pencarian koridor yang tepat ketika penumpang akan melakukan sebuah perjalanan, terlebih dengan hadirnya graph database. Graph Database memungkinkan representasi BRT yang baik karena sifat graph yang secara standar telah menunjukkan node dan relationship. Artikel ini mengkaji penerapan graph database untuk data pada BRT. Selain itu, artikel ini mendesain sebuah algoritma pencarian koridor BRT. Harapannya, algoritma tersebut dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang memanfaatkan data pada graph database. Hasil kajian menunjukkan bahwa graph database dapat diterapkan untuk data BRT dan algoritma yang dibangun dapat digunakan untuk menyajikan informasi rute sekaligus menyampaikan informasi perpindahan koridor.References
R. Ferdiansyah, “KEMUNGKINAN PERALIHAN PENGGUNAAN MODA ANGKUTAN PRIBADI KE MODA ANGKUTAN UMUM PERJALANAN DEPOK – JAKARTA,†J. Perenc. Wil. dan Kota, vol. 20, no. 3, pp. 183–198, 2009. L. Wright and W. Hook, Bus Rapid Transit Planning Guide, 3rd ed. Institute for Transportation & Development Policy, 2007. J. Celko, “NoSQL and Transaction Processing,†in Joe Celko’s Complete Guide to NoSQL, Elsevier, 2014, pp. 1–14.J. Cheng, Y. Ke, and W. Ng, “Efficient query processing on graph databases,†ACM Trans. Database Syst., vol. 34, no. 1, pp. 1–48, Apr. 2009. L. Libkin, W. Martens, and D. VrgoÄ, “Querying Graphs with Data,†J. ACM, vol. 63, no. 2, pp. 1–53, Mar. 2016. R. De Virgilio, A. Maccioni, and R. Torlone, “Model-Driven Design of Graph Databases,†2014, pp. 172–185. R. Angles and C. Gutierrez, “Survey of graph database models,†ACM Comput. Surv., vol. 40, no. 1, pp. 1–39, Feb. 2008. J. Booth, P. Sistla, O. Wolfson, and I. F. Cruz, “A data model for trip planning in multimodal transportation systems,†in Proceedings of the 12th International Conference on Extending Database Technology Advances in Database Technology - EDBT ’09, 2009, p. 994. P. W. Wirawan, D. E. Riyanto, and K. Khadijah, “PEMODELAN GRAPH DATABASE UNTUK MODA TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT,†J. Inform., vol. 10, no. 2, Jul. 2016. Z. yan, Z. Liang, and Z. Ling-xiang, “Public Transportation Guidance Model and Algorithm,†in 2006 International Conference on Communication Technology, 2006, pp. 1–4. Z. Zhang, W. Jigang, and X. Duan, “Practical algorithm for shortest path on transportation network,†in 2010 International Conference on Computer and Information Application, 2010, pp. 48–51. A. Olczyk and A. Galuszka, “Finding routes in a public transport network. A case study,†in 2014 19th International Conference on Methods and Models in Automation and Robotics (MMAR), 2014, pp. 800–803.
Downloads
Submitted
Accepted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Hak cipta untuk artikel ini ditransfer ke Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (TEKNOSI) jika dan ketika artikel diterima untuk publikasi. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini mentransfer setiap dan semua hak di dalam dan ke kertas termasuk tanpa batasan semua hak cipta untuk TEKNOSI. Yang bertanda tangan di bawah ini dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa makalah tersebut asli dan bahwa ia adalah pembuat makalah, kecuali untuk bahan yang secara jelas diidentifikasi sebagai sumber aslinya, dengan pemberitahuan izin dari pemilik hak cipta jika diperlukan. Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan dan wewenang untuk membuat dan melaksanakan penugasan ini.
Kami menyatakan bahwa:
- Makalah ini belum diterbitkan dalam bentuk yang sama di tempat lain.
- Makalah ini tidak akan dikirimkan di tempat lain untuk publikasi sebelum penerimaan/penolakan oleh Jurnal ini
- Izin hak cipta diperoleh untuk materi yang diterbitkan di tempat lain dan yang memerlukan izin ini untuk reproduksi.
Selanjutnya, Saya/kami dengan ini mentransfer hak publikasi yang tidak terbatas dari makalah yang disebutkan di atas secara keseluruhan kepada TEKNOSI. Transfer hak cipta mencakup hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel, termasuk cetak ulang, terjemahan, reproduksi foto, mikroform, bentuk elektronik (offline, online) atau reproduksi lain yang serupa.
Penulis yang sesuai menandatangani dan menerima tanggung jawab untuk merilis materi ini atas nama setiap dan semua penulis bersama. Perjanjian ini harus ditandatangani oleh setidaknya salah satu penulis yang telah memperoleh persetujuan dari rekan penulis jika berlaku. Setelah pengajuan perjanjian ini ditandatangani oleh penulis yang sesuai, perubahan kepengarangan atau dalam urutan penulis yang tercantum tidak akan diterima.
Hak / Syarat dan Ketentuan yang dipertahankan :
- Penulis memiliki semua hak kepemilikan dalam setiap proses, prosedur, atau artikel manufaktur yang dijelaskan dalam Karya ini.
- Penulis dapat mereproduksi atau mengotorisasi orang lain untuk mereproduksi karya ini atau karya turunannya untuk penggunaan pribadi penulis atau untuk penggunaan perusahaan, dengan ketentuan bahwa sumber dan menyatakan hak cipta dimiliki TEKNOSI, salinan tidak digunakan dengan cara apa pun yang menyiratkan pengesahan TEKNOSI atas suatu produk atau layanan dari pihak mana pun, dan salinannya sendiri tidak ditawarkan untuk dijual.
- Meskipun penulis diizinkan untuk menggunakan kembali semua atau sebagian dari karya ini dalam karya lain, ini tidak termasuk mengabulkan permintaan pihak ketiga untuk mencetak ulang, menerbitkan ulang, atau jenis penggunaan ulang lainnya.