Pemanfaatan Elasticsearch untuk Temu Kembali Informasi Tugas Akhir

Ardian Prima Atmaja(1*), Susilo Veri Yulianto(2)
(1) Jurusan Teknik Politeknik Negeri Madiun
(2) Jurusan Teknik Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author



Abstrak


Teknologi Informasi (TI) telah menjadi pendukung utama dalam menjalankan operasional di berbagai kebutuhan organisasi, termasuk perguruan tinggi. Bentuk dari produk teknologi informasi yang paling sering digunakan adalah sistem informasi yang dapat diakses dari perangkat-perangkat TI seperti laptop atau smartphone. Di perguruan tinggi, data-data digital yang terkumpul di pusat data dapat dimanfaatkan kembali sehingga dapat bermanfaat kembali bagi siapa saja yang membutuhkan. Salah satu data yang dapat dimanfaatkan kembali adalah Tugas Akhir mahasiswa dari tahun ke tahun. Hal ini membuka peluang untuk dilakukan Big Data Analytics di perguruan tinggi. Politeknik Negeri Madiun (PNM) merupakan perguruan tinggi negeri baru yang belum memiliki pusat data Tugas Akhir yang terintegrasi. Makalah ini dibangun sebuah pusat data Tugas Akhir yang dapat dilakukan pencarian kembali (information retrieval) oleh pengguna yang membutuhkannya sebagai referensi ilmiah, sekaligus sebagai inisiasi Big Data yang nantinya dapat dilakukan pengembangan analisis lebih lanjut. Sistem temu kembali informasi atau mesin pencari dokumen Tugas Akhir yang dikembangkan berbasis Elasticsearch dan framework PHP Laravel. Sistem ini juga akan diintegrasikan dengan Single Sign On (SSO) dan Student Portal PNM yang sudah ada, sehingga untuk mengakses informasi yang lebih lengkap seperti makalah publikasi ilmiah atau video Tugas Akhir (bila ada) hanya menggunakan otentifikasi satu akun yang dimiliki oleh civitas akademika PNM saja. Penelitian ini juga bertujuan sebagai inisiasi pengelolaan Big Data di lingkungan PNM yang dipastikan setiap tahun semakin bertambah banyak.

Kata Kunci


Information retrieval, Elasticsearch, Laravel, Mesin pencari tugas akhir, Big Data


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Asniar, “Penggunaan Big Data Analytic di Perguruan Tinggi,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI), 2015.

J. Hurwitz, A. Nugent, F. Halper, and M. Kaufman, Big Data for Dummies; A Wiley Brand. John Wiley & Sons, 2013.

W. S. Cooper, “Automatic Information Organization and Retrieval. Gerard Salton,” Libr. Q., vol. 39, no. 3, pp. 276–277, 2009.

B. Liu and B. Liu, “Information Retrieval and Web Search,” in Web Data Mining, 2011, pp. 211–268.

C. Bhadane, H. A. Mody, D. U. Shah, and P. R. Sheth, “Use of Elastic Search for Intelligent Algorithms to Ease the Healthcare Industry,” Int. J. Soft Comput. Eng., vol. 3, no. 6, pp. 222–225, 2014.

P. Kanade, A. Sadasivan, K. Dhuri, M. Muralidaran, and M. Mohan, “Search Engine For Ebook Portal,” vol. 6, no. 5, pp. 77–81, 2017.

I. Segura-Bedmar, A. Carruana, and P. Martínez, “LABDA at the 2016 BioASQ challenge task 4a: Semantic Indexing by using ElasticSearch,” in Proceedings of the Fourth BioASQ workshop, 2016, pp. 16–22.

R. Vidhya and G. Vadivu, “Research document search using Elastic search,” Indian J. Sci. Technol., vol. 9, no. 37, 2016.

S. K. Vadavalli, “Implementing Elasticsearch in a Web Application Using Ruby on Rails,” Doctoral dissertation, West Virginia University, 2014.

T. Otwell, “Laravel-the php framework for web artisans.” Internet: https://laravel.com/, [ March 23, 2018].

A. Verma, “Mvc Architecture : a Comparitive Study Between Ruby on Rails and Laravel,” Indian J. Comput. Sci. Eng., vol. 5, no. 5, pp. 196–198, 2014.

T. Otwell,” Laravel Scout.” Internet : https://laravel.com/docs/5.3/scout, [ March 23, 2018].

M. Otto. dkk, “Bootstrap.” Internet : https://getbootstrap.com, [ March 23, 2018].


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 1332 kali
PDF telah dilihat : 1696 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.