Perancangan Sistem Informasi Manajemen Proyek Pengaksessan Dokumen Perakitan PCBA Di PT Surya Teknologi Batam Berbasis Web

. Tukino(1*)
(1) Universitas Putera Batam
(*) Corresponding Author



Abstrak


Intisari— PT. Surya Teknologi Batam sebagai perusahaan yang peduli lingkungan juga berupaya mengurangi konsumsi kertas dan toner printer, dengan memindahkan dokumen – dokumen yang berhubungan dengan perintah kerja perakitan PCB yang sebelumnya diberikan kepada line produksi dalam bentuk kertas, menjadi sistem online dengan menggunakan pemanfaatan layar komputer. Untuk itu pemanfaatan teknologi informasi memegang peranan penting dalam mewujudkan perubahan ini. Sistem informasi pengelolaan dokumen ini dibangun dengan menggunakan metode waterfall. Pembangunan sistem informasi pengelolaan dokumen ini diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, perancangan sistem, serta implementasi dan pengujian sistem. Analisis kebutuhan dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam membangun sistem. Perancangan sistem meliputi perancangan arsitektur, basis data, dan perancangan user interface. Implementasi sistem menggunakan basis data MySQL dengan bahasa pemrograman PHP dan Javascript. Pengujian sistem dilakukan dengan metode black-box yang berfokus pada fungsional sistem. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi pengelolaan dokumen di PT. Surya Teknologi Batam berbasis web telah sesuai dengan kebutuhan fungsional sistem.



Kata Kunci


Sistem Informasi, Pengelolaan Dokumen


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Al Fatta, Hanif. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Ali, Hapzi dan Wangdra, Tonny. (2010). Sistem Informasi Bisnis “Si-Bis”. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Baduose Media.

Husda, Elfi, Nur. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Cetakan Pertama. Penerbit Boduose. Jakarta.

Jogiyanto, Hartono. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

McLeod, Raymond Jr dan Schell, George P. (2008). Management Information System: Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10/ Jr. Raymond McLeod dan George P. Schell; Diterjemahkan Oleh: Ali Akbar Yulianto Dan Afia R. Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.

Sutabri, Tata. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Turban, Efraim & Volonino, Linda. (2010). Information Technology for Management. Edisi Ketujuh.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 3528 kali
PDF telah dilihat : 8015 kali

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.