Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web

Penulis

  • Intan Sandra Yatana Saputri Politeknik Caltex Riau - PCR http://orcid.org/0000-0002-4172-4086
  • Mardhiah Fadhli Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Caltex Riau
  • Ibnu Surya Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Caltex Riau

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.269-278

Kata Kunci:

User Experience, UCD, User Centered Design, E-Commerce

Abstrak

Pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Pertumbuhan ini didukung dengan data yang menyebutkan bahwa nilai transaksi e-commerce pada tahun 2013 mencapai angka Rp130 triliun.. Ada banyak e-commerce yang sukses mendapatkan keuntungan, ada juga yang tidak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh User Interface Engineering, Inc. diketahui 59% waktu terbuang karena orang tidak bisa menemukan informasi yang ingin didapat dan hal ini berdampak pada penurunan produktifitas dan meningkatkan frustasi. Sebuah laporan menunjukkan bahwa 39% dari pembeli tes dan gagal dalam upaya pembelian mereka karena navigasi pada situs yang sulit. Untuk membuat sebuah e-commerce yang user-friendly dengan tingkat usability yang tinggi pada e-commerce tersebut, salah satu solusinya melakukan pengembangan e-commerce menggunakan metode User Centered Design (UCD). Sistem yang telah dibangun dengan menerapkan metode UCD ini mendapatkan hasil 98.3% menyatakan akan berbelanja di e-commerce Putri Intan Shop.

Biografi Penulis

Intan Sandra Yatana Saputri, Politeknik Caltex Riau - PCR

Intan Sandra Yatana SaputriProgram Studi Sistem Informasi Politeknik Caltex Riau

Referensi

Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. (8 Mei 2017). Kemkominfo: Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Diambil 7 Juni 2017 dari https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media UX Mastery. (t.t). UX Techniques. Diambil pada 31 Mei 2016 dari http://uxmastery.com/resources/techniques Usability.gov (t.t). Usability Testing. Diambil 31 Mei 2016 dari www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/usabilitytesting.html Widhiarso, W., Jessianti., Sutini. (2007). Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Algoritma(3) Liang, C., Chou, W., Hsu, Y. (2009). A User-Centered Design Approach to Develop a Web-Based Instructional Resources System for Homeland Education. An International Journal. 71-73 Laudon, K. C., Travis, J. (2002). E-Commerce: Bussiness. Technology. Society. United States of America: Prentice Hall. Henry, S. L. (1 April 2004). Notes on User-Centered Design Process (UCD). Diakses 3 Januari 2017 dari http://www.w3.org/WAI/EO/2003/ucd. Nielson, Jacob, Usability 101:Introduction to usability. Diakses November 2016 dari http://www.useit.com/alertbox/20030825.html Pressman, Roger. S (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach, Seventh (7th) Edition. New York: McGraw-Hill. Putra, R. S. (2015). Pengembangan Personalisasi Website E-Commerce Berbasis Metode User centered design. Politeknik Caltex Riau : Pekanbaru.

Unduhan

Telah diserahkan

05-07-2017

Diterima

21-08-2017

Diterbitkan

09-09-2017

Cara Mengutip

[1]
I. S. Yatana Saputri, M. Fadhli, dan I. Surya, “Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web”, TEKNOSI, vol. 3, no. 2, hlm. 269–278, Sep 2017.

Terbitan

Bagian

Articles