Analisis Daya Saing untuk Meningkatkan Kualitas Layanan terhadap Pelanggan dengan Pendekatan CRM di CV. BLITZSPOT

Suryadi Muhammad(1*), Dian Dharmayanti(2)
(1) Universitas Komputer Indonesia
(2) Universitas Komputer Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstrak


CV. Blitzspot adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan layanan internet (internet service provider), yang berkantor pusat di Komplek Padasuka Indah Ruko Blok A-1, Cimahi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi pada data transaksi CV. Blitzspot, konsumen CV. Blitzspot yang melakukan transaksi tiap tahunnya selalu berkurang, hal ini dikarenakan konsumen sering membandingkan layanan-layanan yang ditawarkan oleh para pesaing CV. Blitzspot. Bila permasalahan tersebut belum teratasi, konsumen CV. Blitzspot akan menurun tiap tahunnya dan akan selalu berpindah ke pesaing CV. Blitzspot. Direktur Utama CV. Blitzspot ingin menganalisis daya saing untuk menentukan layanan-layanan yang akan diberikan kepada pelanggan CV. Blitzspot dan penentuan strategi untuk mempertahankan konsumen CV. Blitzspot.  Metode Analisis daya saing yang digunakan adalah Model Analisis Berlian Porter dan Metode Pengelompokkan Pelanggan yang digunakan adalah Metode LRFM. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan yang telah dibuat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Direktur Utama dapat menganalisis daya saing CV. Blitzspot dengan menggunakan Berlian Porter untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan CV. Blitzspot.

Kata Kunci


CRM, berlian porter, lrfm, pengelompokkan pelanggan, daya saing


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Jogiyanto,. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI, 2010.

Payne, Adrian, Handbook of CRM : Achieving Exellence in Customer Management, Burlington: Butterworth-Heinemann, 2005.

Budiardjo, Eko K. dan Prasetyo, Ari, “KESAMAAN ANTARA FRONT-CRM DENGAN DYNAMIC-CRM SEBAGAI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) FRAMEWORK”, SESINDO2008-ITS, 17(12)2008, 2008

Buttle, Francis, “Customer Relationship Management: Concepts and Technologies,” Elsevier: Butterworth-Heinemann, 2009.

S.Winer, Russell, “A Framework For Customer Relationship Management,” Jurnal California Management Review, volume 43, 89-105, 2001.

Greenberg, Paul, CRM at The Speed Of Light: Social CRM 2.0 Strategies, Tools, and Techniques for Engaging Your Customers, New York: McGraw Hill, 2010.

Sumihardjo, Tumar, Daya Saing Berbasis Potensi Daerah, Bandung: Fokusmedia, 2008.

Djafri, Novianty, MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH: (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi), Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Suhartini dan Yuliawati, Evi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ANALISIS DAYA SAING INDUSTRI BATIK BERBASIS DIAMOND PORTER MODELLING,” Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank, 2015.

Briyant, Derya, “Data Mining Using RFM Analysis, KnowledgeOriented Applications in Data Mining,” Prof. Kimito Funatsu (Ed.), 2011.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 1165 kali
PDF telah dilihat : 2724 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.