Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Anak Penyandang Autism Spectrum Disorder (ASD) berbasis Website

Addin Aditya(1*), Victoria Luna Terang Lotussa(2), Dian Sudiono Putri(3)
(1) Program Studi Teknik Informatika, STIKI Malang
(2) Program Studi Teknik Informatika, STIKI Malang
(3) Biro Psikologi Lentera
(*) Corresponding Author



Abstrak


Model pendidikan anak autisme terbagi menjadi dua, layanan pendidikan awal yang terdiri dari program terapi intervensi dan program terapi penunjang dan layanan pendidikan lanjutan yang terdiri dari kelas transisi dan program pendidikan inklusi. Dari hasil survey yang didapat, orang tua mengalami kesulitan memahami perkembangan anak autisme secara terperinci dan signifikan. Pengajar juga mengalami kesulitan dalam memonitoring kegiatan bina diri anak autisme di rumah bersama orang tua dikarenakan anak autisme masih memerlukan perhatian khusus dari kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi berbasis website guna mendukung proses monitoring perkembangan anak-anak penyandang ASD. Model waterfall digunakan pada penelitian ini untuk membantu dalam mengembangkan aplikasi. Dimulai dari analisis kebutuhan, desain dan perancangan, implementasi program hingga pengujian. Berdasarkan hasil uji materi dan bahan ajar, aplikasi mendapatkan presentase kelayakan sebesar 80.79% yang menandakan bahwa aplikasi layak untuk dikembangkan dan diimplementasikan.

Kata Kunci


Monitoring; Autism Spectrum Disorder; Waterfall


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] L. Milyawati and D. Hastuti, “Dukungan Keluarga, Pengetahuan, dan Persepsi Ibu serta Hubungannya dengan Strategi Koping Ibu pada Anak dengan Gangguan Autism Spectrum Disorder (ASD),” J. Ilmu Kel. dan Konsum., vol. 2, no. 2, pp. 137–142, 2009.

[2] K. P. P. dan P. A. RI, “Hari Peduli Autisme Sedunia: Kenali Gejalanya, Pahami Keadaannya,” Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 2018. [Online]. Available: https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/31/1682/hari-peduli-autisme-sedunia-kenali-gejalanya-pahami-keadaannya.

[3] the assistance of the European Union, “Sustainable Development Goals,” 2017. [Online]. Available: https://www.sdg2030indonesia.org/.

[4] K. Huda and Maslihah, “Aplikasi monitoring perkembangan level terapi untuk anak gangguan autis usia dini 1,2,” Melek IT Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2016.

[5] S. TATANG SUPRIYATNA, “Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Abdi Pratama,” J. Teknol. Inf. Vol. 5, No. 2, Desember 2017, vol. 9, no. 3, pp. 304–312, 2017.

[6] E. B. Afif Bimantara, Mohammad Suyanto, “Implementasi Aplikasi Game Autisme ‘Ahada’ Di Slb Bina Anggita Yogyakarta,” J. Ilm. DASI Vol., vol. 16, no. 02, pp. 1–11, 2015.

[7] R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th Edition. New York : McGraw-Hill., 7th ed. New Yorl: McGraw Hill, 2010.

[8] I. Sommerville, Software Engineering (9th ed.; Boston, Ed.). Massachusetts: Pearson Education. 2011.

[9] O. M. Group, “UML: Unified Modeling Language,” OMG Unified Modeling Language (UML), no. Version 1.5.1. 2017.

[10] R. Yunis, K. Surendro, and K. Telaumbanua, “Arsitektur Bisnis: Pemodelan Proses Bisnis dengan Object Oriented,” in Seminar Nasional Informatika (SemnasIF), 2010, pp. 167–173.

[11] N. D. Khoeriah, “Individualized Educational Program ,” Incl. J. Spec. Educ., vol. III, no. 01, pp. 41–49, 2017.

[12] W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 206–210, 2018.

[13] S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2006.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 615 kali
PDF telah dilihat : 510 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.