Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format EPub

Rahmat Hidayat(1*), - Erwadi(2), Vitria Ratna Sari(3), Vide Rawi Purnama Ade(4)
(1) Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang
(2) Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Padang
(3) STEI, Institut Teknologi Bandung
(4) STEI, Institut Teknologi Bandung
(*) Corresponding Author



Abstrak


Memiliki koleksi buku yang berusia jutaan tahun akan membutuhkan biaya yang besar untuk merawatnya selain itu semakin banyaknya penulis menerbitkan buku-bukunya semakin banyak juga ruangan yang disediakan untuk menyimpan buku-buku tersebut. Dengan berkembangnya dunia teknologi, sekarang sudah ada buku digital atau lebih dikenal dengan elektronik book (e-book). E-book dapat dibaca dengan perangkat komputer, laptop bahkan perangkat seluler. Berbagai macam format e-book yang telah digunakan namun yang dapat menampilkan e-book sesuai dengan perangkat seluler dengan ukuran layar yang bervariasi adalah format electronic publication (epub). Jadi epub adalah standar format e-boook yang diperkenalkan oleh Intenational Digital Publishing Forum (IDPF) pada oktober 2011 dengan aplikasi editornya sigil. Sigil adalah sebuah editor Open Source yang mudah didapatkan oleh semua penulis maupun pembaca.

Kata Kunci


Electronic Book, E-Book, Epub, Sigil


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Gardiner, Eileen and Ronald G. Musto. (2010). The Electronik Book. In Suarez, Michael Felix, and H. R. Woudhuysen. The Oxford Companion to the book: Oxford University Press, 2010, hlm. 164.

Hameed, N., Cheah, Y. N., & Rafie, M. (2010). An e-book personalization architecture with digital rights and encryption procedures. Information Technology ITSim 2010 International Symposium in.

Marinai, S., Marino, E., & Soda, G. (2011). Conversion of PDF Books in ePub Format. 2011 International Conference on Document Analysis and Recognition. IEEE. Retrieved from http://ieeexplore.ieee.org/lpdocs/epic03/wrapper.htm?arnumber=6065357

Kennedy, D. (2011). EPUB 3 : the Digital Publishing Standard is Revised and Expanded. Seybold Report, 11(16), 2-6. Retrieved from http://www.seyboldpublications.com/product-p/tsr1116.htm

SEAMOLEC, [2013]. Materi Simulasi Digital, hlm. 133-160.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 4570 kali
PDF telah dilihat : 3663 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.