Usulan Customer Knowledge Management (CKM) Di Fitur Aplikasi Logistik di PT. X

Alizar Hasan(1*), Fifi Nadhroh(2), Prima Fithri(3)
(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(3) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas
(*) Corresponding Author



Abstrak


Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan banyak kemudahan pada berbagai lini kegiatan bisnis. secara umum permasalahan yang dialami perusahaan adalah tinggi nya biaya logistik. Proses logistik yang hanya melakukan satu perjalanan dalam transportasi barang mengakibatkan biaya logistik yang tidak efisien. Aplikasi Logistik “X”adalah solusi digital logistik terintegrasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan. kondisi aplikasi X saat ini masih belum mampu mendukung pelayanan kepada pengguna secara optimal khususnya fitur transaksi pembayaran otomatis. Solusi untuk mengatasi permasalah tersebut adalah usulan dilakukannya pengembangan fitur aplikasi logistik X untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model conceptual Customer Knowledge Management (CKM) berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). penelitian ini menghasilkan perbandingan fitur hasil pemetaan berdasarkan fase Customer Relationship Management (CRM) dan proses Knowledge Management (KM). Hasil perbandingan fitur yang telah dirumuskan dengan fitur yang tersedia pada aplikasi X tersebut kemudian menjadi acuan untuk menentukan usulan fitur-fitur yang disarankan kepada PT X untuk diterapkan pada aplikasi logistik X. Sehingga nantinya dapat memudahkan dalam pengembangan fitur-fitur aplikasi berdasarkan kebutuhan pengguna aplikasi logistik X.

Kata Kunci


Customer Knowledge Management (CKM);Knowledge Management (KM)


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


[1] D. Nurhayati, “Strategi Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Global Dibidang Ekonomi,” pp. 33–48, 2020.

[2] J. M. Müller and K. I. Voigt, “Industry 4.0 - Integration strategies for small and medium-sized enterprises,” in 26th International Association for Management of Technology Conference, IAMOT 2017, 2020.

[3] J. S. Kim, S. K. Lee, D. H. Ko, J. Hyun, and H. S. Kim, “Performance evaluation of the automated fluorescent immunoassay system rotavirus assay in clinical samples,” Ann. Lab. Med., 2018, doi: 10.3343/alm.2019.39.1.50.

[4] P. Zhao, Z. Ding, M. Wang, and R. Cao, “Behavior analysis for electronic commerce trading systems: A survey,” IEEE Access, vol. 7. 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2933247.

[5] M. Bogataj and R. W. Grubbström, “Transportation delays in reverse logistics,” in International Journal of Production Economics, 2013, vol. 143, no. 2, doi: 10.1016/j.ijpe.2011.12.007.

[6] I. Kurnia, D. W. Pamungkas, and P. Fithri, “Perbaikan Sistem Transportasi Dengan Simulasi Promodel Untuk Meningkatkan Ritasi Pengiriman Barang Di Pt. Xxx,” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 20, no. 1, p. 102, 2020, doi: 10.36275/stsp.v20i1.231.

[7] R. Martono, Manajemen logistik Terintegrasi, no. 1. 2015.

[8] A. H. De Souza Miake, R. B. De Carvalho, M. De Rezende Pinto, and A. R. Graeml, “Customer knowledge management (CKM): Model proposal and evaluation in a large Brazilian higher education private group,” Brazilian Bus. Rev., vol. 15, no. 2, 2018, doi: 10.15728/bbr.2018.15.2.3.

[9] P. Fidel, W. Schlesinger, and A. Cervera, “Collaborating to innovate: Effects on customer knowledge management and performance,” J. Bus. Res., vol. 68, no. 7, 2015, doi: 10.1016/j.jbusres.2015.01.026.

[10] J. Mejía Trejo, J. Sánchez Gutiérrez, and G. Maldonado Guzman, “The customer knowledge management and innovation,” Contaduria y Adm., vol. 61, no. 3, 2016, doi: 10.1016/j.cya.2015.11.011.

[11] F. Castagna, P. Centobelli, R. Cerchione, E. Esposito, E. Oropallo, and R. Passaro, “Customer knowledge management in SMEs facing digital transformation,” Sustain., vol. 12, no. 9, 2020, doi: 10.3390/su12093899.

[12] M. S. Zanjani, R. Rouzbehani, and H. Dabbagh, “Proposing a Conceptual Model of Customer Knowledge Management: A Study of CKM Tools in British Dotcoms,” Int. J. Soc. Behav. Educ. Econ. Bus. Ind. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 277–281, 2008, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=a9h&AN=31847923&site=ehost-live.

[13] A. Lacej and E. H. Kalaj, “The effect of consumer relationship management on satisfaction and loyalty: A focus on albanian tour operator business,” Mediterr. J. Soc. Sci., vol. 6, no. 2S1, 2015, doi: 10.5901/mjss.2015.v6n2s1p635.

[14] P. Talón-Ballestero, L. González-Serrano, C. Soguero-Ruiz, S. Muñoz-Romero, and J. L. Rojo-Álvarez, “Using big data from Customer Relationship Management information systems to determine the client profile in the hotel sector,” Tour. Manag., vol. 68, 2018, doi: 10.1016/j.tourman.2018.03.017.

[15] B. Aghamirian, B. Dorri, and B. Aghamirian, “Customer knowledge management application in gaining organization’s competitive advantage in electronic commerce,” J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., vol. 10, no. 1, 2015, doi: 10.4067/S0718-18762015000100006.

[16] S. Wahyu, S. Wijaya, E. Utami, and M. R. Arief, “Analisis Fitur E-Commerce Berdasarkan Conceptual Model Of Customer Knowledge Management (CKM),” E-Commerce, vol. 2012, no. Snati, pp. 15–16, 2012.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 1309 kali
PDF telah dilihat : 570 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.