Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau)

Mhd Arief Hasan(1*), Supriadi Supriadi(2), Zamzami Zamzami(3)
(1) Universitas Lancang Kuning
(2) Universitas Lancang Kuning
(3) Universitas Lancang Kuning
(*) Corresponding Author



Abstrak


Ujian merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hasil yang berguna untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan mengukur taraf pencapaian suatu tujuan pengajaran. Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru menggunakan CBT (Computer Based Test) dalam penerimaan mahasiswa baru. Dalam proses pelaksanaan ujian diperlukan sebuah algoritma yang memiliki metode yang menghasilkan permutasi acak sehingga dapat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh peserta ujian CBT.  Algoritma Fisher-Yates Shuffle adalah sebuah algoritma yang menghasilkan permutasi acak dari suatu himpunan terhingga, dengan kata lain untuk mengacak suatu himpunan tersebut. Jika di implementasikan dengan benar maka hasil dari algoritma ini tidak akan berat sebelah sehingga setiap permutasi memiliki kemungkinan yang sama. Proses yang dilakukan algoritma adalah memasukkan atribut soal kedalam scratch (daftar soal yang belum terpilih), lalu membuat  range (jumlah soal yang belum terpilih) kemudian dilakukan proses pengacakan, selanjutnya membentuk roll (untuk sebuah soal yang terpilih dari semua jumlah soal yang ada) kemudian hasil soal yang sudah terpilih dimasukkan kedalam result (hasil dari seluruh soal yang telah dilakukan pengacakan). Dari proses algoritma yang dilakukan mendapatkan hasil perubahan posisi atau urutan soal sehingga didapatkan bahwa setiap peserta ujian yang melakukan ujian pada saat waktu yang bersamaan mendapatkan bentuk soal yang berbeda.

Kata Kunci


Computer Based Test, Fisher-Yates Shuffle Algorithm, Random Permutations


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Ade Ibijola dan Abejila (2012). “A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games Using Domain-Specific Data Structures”. Dept Of Computer Science, Nigeria.

Ahmaddul Hadi (2014). “Pengembangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web Dengan Pengacakan Soal Mengunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle”. Dept Teknologi Informasi dan Pendidikan, UNP, ISSN : 2086 – 4981..

Amalo, et all 2014. “ Aplikasi Pengolahan Data Nilai Siswa di SMA Negeri 1 Anamuban Selatan Menggunakan Visual Basic 6.0”, Dept Teknologi Informatika, Institut Sain dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta, ISSN : 2338 – 6304.

Alhamidi, (2015). “Mengukur Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Dengan Menggunakan Aplikasi Computer Based Testing (CBT)”, Dept STMIK Jayanusa Padang, ISSN : 2338-2724.

Bagus, et al (2015) , “Game Edukasi Rambu Lalu Lintas Berbasis Android”, Dept Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bali ISSN: 2252 - 3006.

Hasibuan, (2013). “Perancangan Simulasi Pengacakan Soal Tryout Untuk Membentuk Paket Soal Ujian Nasional Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm )” Dept Teknik Informatika, STMIK Budi Darma Medan, ISSN : 2301 – 9425.

Hastanti, et all (2010). “Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Berbasis Web ( E-Commerce ).” ISSN : 1979 – 9330.FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Meta Amelia, et all (2014). “Sistem Ujian Online Calon Mahasiswa Baru Berbasis Ilerning Education Marketing Pada Perguruan Tinggi”. Dept Teknik Informasi, STMIK Raharja, Tangerang ISSN: 1978-8282.

Manurung (2013) “Perancangan Perangkat Lunak Simulasi Air Conditioner (AC) Dengan Menggunakan Algoritma Logika Fuzzy”,Dept Teknik Informatika, STMIK Budi Darma, Medan ISSN : 2301 – 9425.

Musheer Ahmad, et all (2014) , “A Simple and Efficient Key-Dependent S-Box Design Using Fisher-Yates Shuffle Technique”, Dept Of Computer Engineering, India.

Novita et all (2015). “Rancang Bangun E-Journal Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Riau.” Dept Sain dan Teknologi,UIN Sultan Syarif Kasim Riau ISSN : 1693 – 2390..

Rice Novita (2015). “Sistem Informasi Penjualan Pupuk Berbasis E-Commerce.” Dept Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, ISSN : 2338 – 2724.

Ramadhani, et all (2013). “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL.” Dept Teknik Informatika, Universitas Islam Lamongan, ISSN : 2085 – 0859.

Tapan Kumar, et all (2015) , “File Encryption Using Fisher-Yates Shuffle”, Dept Of Information Technology, India


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 10419 kali
PDF telah dilihat : 6819 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Departemen Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by JSI-Unand and licensed under a CC BY-SA 4.0 International License.