Rekayasa Perangkat Lunak Sistem e-KTP Terintegrasi Birokrasi Umum Di Kota Batam

Penulis

  • Amrizal . Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putera Batam
  • Tukino . Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putera Batam
  • Abdul Latif Program Studi Sistem Informasi, Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v2i2.2016.97-108

Kata Kunci:

e-KTP, SIM, Passport

Abstrak

Untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas data kependudukan yang tersedia setelah diimplementasikan sistem e-KTP diseluruh kantor kecamatan diseluruh Indonesia, akan mempermudah berbagai kepengurusan dan birokrasi pemerintahan lainya seperti pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi), pengurusan Passport dan pengurusan lainya yang  berhubungan dengan penggunaan data kependudukan. Karena selama ini seluruh setiap pengurusan yang berhubungan dengan pelayanan publik pasti menggunakan kependudukan, hal ini akan membantu pemerintah dalam pendataan kependudukan yang lebih akurat seperti sensus penduduk, pendaftaran pemilih tetap pada saat pemilihan umum, data demografi kepadatan penduduk dan kegiatan pemerintah lainya

Referensi

Ali, Hapzi dan Wangdra, Tonny. (2010). Sistem Informasi Bisnis “Si-Bisâ€. Cetakan Pertama, Jakarta: Penerbit Baduose Media.

Batinggi, Ahmad. (2009). â€Manajemen Pelayanan Umumâ€, Universitas Terbuka Jakarta.

Edhy Sutanta, Khabib Mustofa. (2012). Strategi Pengembangan Web Service Untuk Integrasi Inter Sistem E-Government Di Pemerintah Kabupaten Bantul Yogyakarta. SISFOTENIKA – STMIK Pontianak, edisi Juli 2012.

Edhy Sutanta, Retantyo Wardoyo, Khabib Mustofa, Edi Winarko. (2012). Model Integrasi Ragam Sistem Informasi Egov Dengan Memanfaatkan Database Kependudukan Nasional. Jurnal Teknologi – FTI IST AKPRIND, edisi Juni 2012.

Halimah, Mas. (2014). â€Administrasi Perkantoran â€, Universitas Terbuka Jakarta.

Jogiyanto. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi, sistem informasi: pendekatan terstuktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kepmenpan no 63/Kep/M.Pan/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Liang, Gie The. (2009). â€Administrasi Perkantoran Modernâ€, Liberty Yogyakarta.

Laudon, Kenneth C. and Laudon, Jane P. (2010). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital, Edisi 8; Diterjemahkan Oleh: Erwin Philippus. Yogyakarta: Andi Offset.

Muslih, Elkaf R, S.S. Nurhendratno (2014). Desain Pola Struktur Mapping Schema Untuk Sinkronisasi Dan Integrasi Multidatabase Tterdistribusi Dalam Mengelola Data Epidemiologi. ISBN: 978-602-1180-04-4.

McLeod, Raymond Jr dan Schell, George P. (2008). Management Information System: Sistem Informasi Manajemen, Edisi 10/ Jr. Raymond McLeod dan George P. Schell; Diterjemahkan Oleh: Ali Akbar Yulianto Dan Afia R. Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.

Mardiana, Purwaningsih. (2009). â€Kajian Aspek Kesiapan Pemerintah Daerah dalam Implementasi e-Bussines†. KNSI 2009.

Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muluk, M.R. (2007).â€Menggugat Partisipasi Publik dalam Pemerintahan Daerahâ€, Bayu Media Malang.

Pressman, R.S. (2010). Software Engineering : a practitioner’s approach, McGraw-Hill, New York, 68.

Sutabri, Tata. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Shinta, Puspasari. (2009). â€Peranan TIK dan e-Government Untuk Mewujutkan Sumatera Selatan Sejahteraâ€. KNSI 2009.

_______. (2009). “Pengukuran Kinerja Layanan Sistem Informasi dengan Pendekatan End-user Satisfactionâ€. 2009. KNSI 2009.

Sulistyo, Basuki. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Penaku.

Unduhan

Telah diserahkan

04-08-2016

Diterima

28-08-2016

Diterbitkan

29-08-2016

Cara Mengutip

[1]
A. ., T. ., dan A. Latif, “Rekayasa Perangkat Lunak Sistem e-KTP Terintegrasi Birokrasi Umum Di Kota Batam”, TEKNOSI, vol. 2, no. 2, hlm. 97–108, Agu 2016.

Terbitan

Bagian

Articles