Diagram Proses Penerbitan Artikel

 

  1. Penulis membaca etika publikasi.
  2. Penulis mengirim artikel.
  3. Editor memeriksa apakah artikel layak atau tidak. Jika artikel belum layak maka editor memberi komentar. Terdapat dua jenis keputusan editor pada artikel yang tidak layak, yaitu artikel dikirim ulang atau artikel ditolak. Artikel yang dikirim ulang artinya penulis harus memperbaiki artikel bedasar komentar dari editor, kemudian dikirimkan ulang melalui sistem. Artikel yang ditolak berarti artikel tersebut tidak layak untuk dikirimkan kembali ke TEKNOSI.
  4. Artikel yang layak selanjutnya Editor dapat memilih reviewer dan mengirimkan artikel tersebut ke reviewer.
  5. Reviewer (mitra bestari) yang telah ditugaskan menelaah karya tulis dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor.
  6. Editor mempertimbangkan apakah artikel diterima atau tidak berdasarkan komentar reviewer. Jika artikel diterima maka akan terdapat kondisi diterima dengan revisi atau tidak. Jika artikel diterima dengan revisi maka artikel dikembalikan ke penulis bersamaan dengan komentar revisinya dan penulis harus segera memperbaiki dan mengirimkan kembali hasil perbaikan berdasarkan batas waktu yang diberikan.
  7. Jika artikel diterima tanpa revisi maka penulis akan mendapatkan pemberitahuan kalau artikel tersebut diterima dan penulis diharuskan untuk mengirim pernyataan hak cipta dan orisinalitas.
  8. Editor men-copy artikel.
  9. Editor memeriksa penulisan artikel sebelum nantinya di publikasikan.
  10. Editor melakukan publikasi