Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native

Putu Dika Arta Wiguna(1*), I Putu Agus Swastika(2), I Putu Satwika(3)
(1) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Primakara
(2) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Primakara
(3) Jurusan Sistem Informasi, STMIK Primakara
(*) Corresponding Author



Abstrak


Perkembangan dunia fashion remaja selalu mengalami peningkatan dengan hadirnya berbagai jenis produk-produk baru yang selalu menarik dan inovatif. Berkembangnya fashion remaja saat ini seiring dengan bertambahnya permintaan dari konsumen. Di dalam proses bisnis distro ini, ternyata para pelaku bisnis distro ini menjalankan bisnisnya secara manual tanpa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga mereka masih kesusahan dalam melakukan pencatatan transaksi, manajemen produk dll. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu untuk membuat aplikasi point of sales untuk mempermudah pegawai distro dalam pekerjaannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah classic life cycle dan untuk pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi pada distro yang dijadikan tempat penelitian. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data, maka dibuatlah rancangan sistem, rancangan database dan rancangan antarmuka. Dari rancangan tersebut baru dituangkan kedalam coding untuk membuat aplikasi dengan menggunakan framework react native dan setelah aplikasi selesai dibuat maka dilakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut dengan metode black box testing. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga aplikasi POS ini berhasil dibuat dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pihak distro.

Kata Kunci


Distro; Point of Sale; React Native


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


B. S. Rahardjo. All About: Distro. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.

H. Susanto. "Perancangan Sistem Rekomendasi Pakaian Distro dengan Menggunakan Item Collaborative Filtering (Studi Kasus: The Jungle Distro Medan)". Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, vol. VI, no. 3, 2014.

Hendry. Membangun Aplikasi Point of Sale dengan VB 6.0, MySQL dan PHP. Jakarta: Elex Meia Komputindo, 2010.

S. McCool. Laravel Starter: The Definive Introduction to the Laravel PHP web Development Framework. Birmingham: Publishing Ltd, 2012.

A. Handojo, Y. R. Otniel P and E. Kristianto J. "Pembuatan Aplikasi Sistem Pendaftaran Praktikum Online 71 pada Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Petra dengan Menggunakan Php". Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, p. 10, 2003.

A. Hasyim, "Memulai Pengembangan Android dengan React Native di Windows." Internet: www.codepolitan.com/memulai- pengembangan-android-dengan-react-native-di- windows-57b85678b26a9-17960, Sep. 20, 2016 [Oct. 13, 2018].

B. Eisenman. Learning React Native: Building Native Mobile Apps With Javascript. California: O'Reilly Media Inc, 2015.

J. Kusnendar. "Perangkat Lunak Untuk Mentransformasikan Model Entity Relationship ke Model Relational". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), vol. 2, no. 2, 2009.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

U. Narimawati, S. D. Anggadini and L. Ismawati. Penulisan Karya Ilmiah: Panduan Awal Menyusun Skripsi dan Tugas Akhir Aplikasi pada Fakultas Ekonomi UNIKOM. Bekasi: Genesis, 2010.

A. Nugroho. Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010.

D. Edi and S. Betshani. "Analisis Data dengan Menggunakan ERD dan Model Konseptual Data Warehouse". Jurnah Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 75-76, 2009.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 54 kali
PDF telah dilihat : 26 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.