Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Fitri Yani



Abstrak


Pemilihan dan penetapan mahasiswa berprestasi menjadi suatu proses yang lama dan rumit. Proses pemilihan tersebut banyak terdapat peluang untuk membuat keputusan yang salah apalagi hanya melihat satu kriteria seperti yang pernah dilakukan sampai sekarang. Sebuah perguruan tinggi harus mengambil keputusan yang tepat, bila hal ini dilakukan dengan baik dan benar akan menjamin hasil pemilihan mahasiswa berprestasi tersebut, maka dapat menggunakan metode pengambilan keputusan yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk pembobotan kriteria dan alternatif. Dalam penelitian ini, untuk mendapatkan solusi pengambilan keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi perlu disusun beberapa kriteria dan alternatif. Untuk membantu proses pemilihan mahasiswa berprestasi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sehingga akan membantu proses komputasi AHP, selain itu Sistem Pendukung Keputusan berguna untuk mengolah data-data pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi (Akademik).



Kata Kunci


Analytical Hierarchy Process (AHP), Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Sistem Pendukung Keputusan


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Expert Choice inc Pennsyil Vania, 1992, Version 8.0 User Manual.

Saaty, T.L., 1993, Fundamental of Decision Making and Priority Theory with the Analytical Hierarchy Process, RWS Puclications, Pittsburgh PA.

Turban, E; Jay E.A, 1998, Decision Support System and Intelligent System, Fifth Edition, Prentice Hall International, Inev.New Jersey

https://ahmadnasikun.wordpress.com diakses tanggal 24 Mei 2016


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 235 kali
PDF telah dilihat : 488 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.