Sistem Perencanaan Penambahan Stok Barang menggunakan Metode Fuzzy C-Means dan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus di Distributor Alfamart Semarang)

Tono Puryanto, Sutikno .



Abstrak


Gudang barang suatu perusahaan merupakan tempat penyimpanan barang yang akan dijual kepada pelanggan. Permasalahan utama pada gudang barang suatu perusahaan adalah terjadinya penumpukan barang atau barang keluar lebih banyak daripada barang masuk yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Penambahan stok barang pada gudang dilakukan berdasarkan permintaan pelanggan dan stok barang saat itu. Banyak permintaan pelanggan setiap waktu selalu berubah yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan barang atau kekurangan barang. Hal ini menyebabkan sulit dalam pengambilan keputusan jumlah barang yang akan dikirim. Salah satu cara untuk membantu pengambilan keputusan tersebut yaitu dengan pembangunan aplikasi perencanaan penambahan stok barang yang menggunakan konsep logika fuzzy. Fuzzy merupakan suatu cara untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian. Pada aplikasi perencanaan penambahan stok barang, proses penentuan penambahan stok barang dilakukan dengan menggunakan metode fuzzy C-Means dan mekanisme inferensi fuzzy Tsukamoto. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa jumlah barang yang akan dikirim. Hasil tersebut menjadi saran yang dapat dipertimbangkan oleh admin bagian pengiriman barang. Pengujian dilakukan menggunakan data Coca-Cola pada bulan September 2014 sampai Oktober 2014. Pada pengujian sistem dilakukan 11 kali pengujian dengan memasukkan stok dan permintaan data asli menghasilkan tingkat keakuratan sistem sebesar 80,22 %. Tingkat keakuratan sistem dapat berubah tergantung pada data pelatihan yang digunakan pada proses pelatihan fuzzy C-Means.

Kata Kunci


Stock Addition Planning, fuzzy Tsukamoto, fuzzy C-Means


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


W. Katon, Program Bantu Prediksi Penjualan Barang Menggunakan Metode Knn Studi Kasus: U.D. Anang, Jurnal Eksplorasi Karya Sistem Informasi dan Sains Vol 8, pp. 83-93, Nov. 2015.

N. L.. N. M. Wedasari, Perancangan Prediksi Persediaan Barang Pada Andis Griya Kebaya, Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015, Okt. 2015, Bali, pp. 1021-1026.

L. H. Simanjuntak, Prediksi Jumlah Permintaan Barang Musiman menggunakan metode Holt-Winters, Skripsi Program Studi Sistem Informasi Universitas Sumatra Utara, 2014.

M. F. D. Prasetya, Perancangan Sistem Informasi Untuk Memprediksi Penjualan Produk Coca Cola Di Alfamart Menggunakan Metode Trend Moment, Skripsi Program Studi Sistem Informasi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.

A. Saputra, Sistem Informasi Stock Bahan dan Peramalan Jumlah Pembelian Bahan dengan menggunakan Metode (Single Moving Average) UD.Tadeo, Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, 2011.

M. S. B. Meliala, Sistem Aplikasi Forecasting Penjualan Elektronik pada Toko Nasional Elektronik Kabanjahe dengan Metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA), Pelita Informatika Budi Darma, Vol. 6, pp. 168-172, Mar. 2014.

Poningsih, Penggunaan Fuzzy Query Database Untuk Pengembangan Model Evaluasi Umpan Balik Terhadap Kinerja Dosen. USU Institutional Repository, 2011.

G. Abdurrahman, Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan, Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

S. Kusumadewi, Fuzzy Multy-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

F. Solikin, Aplikasi Logika Fuzzy dalam Optimisasi Produksi Barang Menggunakan Metode Mamdani Dan Metode Sugeno. Eprint@UNY, 2011.

S. Kusumadewi, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

F. Soedjianto, T. Oktavia & J. Anggawinata, Perancangan dan Pembuatan Sistem Perencanaan Produksi (Studi Kasus Pada PT. Vonita Garment). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006), 2006.

R.S. Pressman, Software engineering: a practitioner’s approach, New York: McGraw-Hill, 2011.


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 500 kali
PDF telah dilihat : 895 kali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.