Pembangunan Game Memory Training terhadap Peningkatan Short Term Memory (STM) pada Anak SMP Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: SMP Dharma Loka Pekanbaru)

Raymond Raymond, Rahmat Suhatman, Meilany Dewi



Abstrak


Fase remaja awal merupakan fase dimana manusia telah menginjak usia 12 sampai dengan 15 tahun dan telah duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Saat seseorang telah memasuki fase ini, maka akan terjadi ketidakstabilan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik, keinginan untuk bereksplorasi, dan timbul perasaan tidak ingin diatur oleh orang lain. Jika hal tersebut tidak dapat diatasi dengan baik, maka dapat menimbulkan penurunan sistem atau fungsi kerja pada otak manusia, hal ini dapat ditandai dengan penurunan Short Term Memory (STM) yang berhubungan dengan sistem kerja saraf sensorik, membuat para siswa lebih sukar untuk mengingat materi yang disampaikan oleh bapak/ibu guru di sekolah, kemampuan untuk mengingat materi pelajaran, dan isi percakapan yang belum lama dibicarakan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka resiko para siswa terkena masalah kepikunan semakin besar yang dampaknya akan dirasakan dihari tua siswa tersebut secara perlahan-lahan karena otak tidak aktif bekerja dan diberi latihan untuk pembaruan memori. Pembangunan Game Memory Training ini menggunakan speech recognition yang telah diuji pada peserta didik SMP Dharma Loka Pekanbaru. Game Memory Training yang dibangun dapat membantu meningkatkan kemampuan Short Term Memory siswa sebesar 93,9% untuk Memory Test yang mengacu pada form IST dan 69,7% untuk Concentration Test yang mengacu pada form Wechsler.


Kata Kunci


Game Memory Training; Short Term Memory; Speech Recognition


Teks Lengkap:

PDF


Referensi


Atkinson, R., & Shiffrin, R. (1998). Jenis-Jenis Memori Manusia. Dipetik 11 Juni 2017, dari Kompasiana Website: http://www.kompasiana.com/ali_91/apa-itu-memori-manusia_54f94aaba33311ba078b49f2

Form Wechsler. (2016). Sekilas Mengenai WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale). Dipetik 12 Juni 2017, dari Psikologi Mania Website: http://www.psikoma.com/sekilas-mengenai-wais-wechsler-adult-intelligence-scale/

Jones, A. (2010). Music and the cognitive process – student perceptions. Polyglossia. 19. 143-150.

Kartono. (1990). Batasan Usia Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/batasan-usia-remaja/

Kuswardayan, I., Ericksoon, H. A., & Suciati, E. N. (2016). Rancang bangun game berhitung spaceship dengan pengendali suara menggunakan speech recognition plugin pada unity. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Kartono. (1990). Batasan Usia Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/batasan-usia-remaja/

Miller, G.A. (1956). The Magical Number Seven, Plus or Minus Two Some Limits on Our Capacity for Processing Information. 63 (2), pp. 81-97.

Permadi, T. (2008). Pemanfaatan microsoft speech application programming interface pada pembuatan aplikasi perintah suara. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Pope, Kelsey. (2017). The effects of jazz and classical music on recall. Journal of Health Education Reseach & Development. 5(2). 1-3.

Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Perkembangan Psikologi Remaja. Dipetik 11 Juni 2017, dari Belajar Psikologi Website: http://belajarpsikologi.com/perkembangan-psikologis-remaja/

Safaat H., N. (2011). Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet PC berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika.

Sasmita, N. O. (2010). Pengujian validitas konstruk dari Intelligenz Structure Test (IST) yang telah direvisi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Trisnadoli, A. (2015). Analisis kebutuhan kualitas perangkat lunak pada software game berbasis mobile. Pekanbaru: Politeknik Caltex Riau. Dipetik 11 Juni 2017 Website: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/20


Artikel Statistik

Abstrak telah dilihat : 39 kali
PDF telah dilihat : 24 kali

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Alamat Redaksi :
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang 25163, Sumatera Barat

email: teknosi@fti.unand.ac.id

  Jumlah Pengunjung :

 

Creative Commons License
This work by si.fti.unand.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.